November
12
2023
     21:48

Rayakan HUT ke-8, MCI Berkolaborasi dengan Cakap Berikan Beasiswa Kelas Bahasa Asing

Rayakan HUT ke-8, MCI Berkolaborasi dengan Cakap Berikan Beasiswa Kelas Bahasa Asing
ILUSTRASI. Menandai tahun operasionalnya yang ke-8, Mandiri Capital Indonesia (MCI) Corporate Venture Capital yang berada di bawah naungan lembaga keuangan terbesar di Indonesia, PT Bank Mandiri (persero) Tbk, bersama dengan Cakap, salah satu startup portfolio-nya, memberikan beasiswa kelas bahasa asing untuk anak-anak di salah satu panti asuhan di Tebet selama tiga bulan.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menandai tahun operasionalnya yang ke-8, Mandiri Capital Indonesia (MCI) Corporate Venture Capital yang berada di bawah naungan lembaga keuangan terbesar di Indonesia, PT Bank Mandiri (persero) Tbk, bersama dengan Cakap, salah satu startup portfolio-nya, memberikan beasiswa kelas bahasa asing untuk anak-anak di salah satu panti asuhan di Tebet selama tiga bulan. Langkah ini merupakan salah satu dari serangkaian program yang diinisiasi MCI untuk menegaskan komitmennya dalam implementasi Environmental Social Governance (ESG) yang menjadi fokus utama MCI.

Pada pelaksanaannya, beasiswa ini diberikan kepada siswa dan siswi dengan tingkat pendidikan SMP sampai dengan SMA  di Panti Asuhan Muslimin Jaya, Manggarai, Tebet. Kerja sama ini merupakan sinergi strategis antara MCI dan Cakap untuk mengoptimalkan potensi individu melalui investasi di bidang pendidikan dan pengembangan keterampilan, sekaligus bentuk komitmen MCI dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip ESG ke dalam model bisnis yang bertanggung jawab.

"Dalam rangka perayaan hari jadi MCI yang ke-8, kami berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan bisnis yang bertanggung jawab dan inklusif. Kolaborasi dengan salah satu portfolio kami, yakni, Cakap untuk memberikan beasiswa bahasa asing ini menciptakan sinergi yang menggabungkan keahlian mereka dalam pendidikan, dengan visi kami untuk menciptakan dampak sosial yang positif dan berkelanjutan,” ungkap Wisnu Setiadi - CFO Mandiri Capital Indonesia.

Komitmen yang tumbuh dari kerja sama antara MCI dan Cakap merupakan bukti sinergi yang kuat antara perusahaan dengan startup portfolio MCI. Kolaborasi ini juga diharapkan akan mampu membuka jalan bagi langkah-langkah berkelanjutan yang akan terus dikembangkan oleh MCI.

Cecillia Ong, Chief Operating Officer (COO) Cakap, mengapresiasi inisiatif ini karena merupakan bentuk realisasi Cakap dalam meningkatkan kualitas SDM, salah satunya melalui keterampilan bahasa asing.

"Kerja sama yang berkelanjutan antara MCI dan Cakap secara konsisten telah memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan keterampilan anak bangsa. Dalam ajang kali ini, Cakap memberikan kelas bahasa Inggris kepada anak-anak yatim piatu mewakili komitmen kami untuk menyediakan akses yang setara bagi anak bangsa untuk terus meningkatkan keterampilan dan taraf kehidupan yang lebih baik," ujar Cecillia.

Selain pemberian beasiswa kelas bahasa asing, terdapat beberapa inisiatif lainnya yang secara konsisten dilakukan oleh MCI untuk memperkuat prinsip ESG baik di lingkup internal maupun eksternal.

Beberapa diantaranya adalah: Dari segi operasional bisnis, MCI telah menerapkan event ramah lingkungan dimana  aktivitas ini meminimalisir penggunaan barang yang berpotensi menjadi sampah/sekali pakai, meminimalisir penggunaan plastik di lingkungan kantor dan mengimplementasikan kampanye “bring your own bottle”, serta membangun waste station untuk pengelolaan sampah.

Rencana aksi lainnya, MCI juga akan merilis dana ventura baru untuk berinvestasi sekaligus memberikan dukungan kepada startup yang fokus pada sektor Climate Tech di wilayah Asia Tenggara dan Oceania.

"Tentunya, melalui rangkaian inisiatif yang dilakukan MCI di tahun ke-8 ini, kami yakin upaya ini akan terus memperkuat jejak positif dan tanggung jawab bagi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Dengan fokus kuat pada prinsip ESG, kami bertekad untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat dan lingkungan, sambil terus mendorong inovasi yang berkelanjutan di masa yang akan datang,” tutup Ronald Simorangkir - Pejabat Executive Mandiri Capital Indonesia.

Tentang Mandiri Capital Indonesia

PT Mandiri Capital Indonesia (“MCI”) adalah anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak di bidang venture capital  yang bertindak sebagai penghubung atau jembatan antara Mandiri Group dan startup untuk memfasilitasi inisiatif inovasi dan sinergi. MCI berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis guna mempercepat inovasi dalam ekosistem digital Indonesia. Selain itu, MCI juga berinvestasi pada startup yang memiliki keselarasan inovasi dan sinergi dengan Mandiri Group.

Sejak didirikan pada tahun 2015, MCI telah memfasilitasi investasi dan membina kemitraan antara portfolionya dan juga Mandiri Group. Saat ini, MCI memiliki beberapa pendanaan, yakni Balance Sheet Fund, Merah Putih Fund dan Indonesia Impact Fund. Beberapa nama perusahaan terkemuka yang menjadi bagian dari portfolio MCI saat ini meliputi: AgriAku, Amartha, Ayoconnect, Bukalapak, Cakap, Cashlez, Crowde, FitAja!, GoTo, Greenhope, Halofina, Investree, iSeller, Kecilin, Koinworks, LinkAja, Mekari, PrivyID, PTEN, Qoala, Sinbad, Yokke. Selain itu, MCI juga mendukung startup melalui beberapa program unggulan seperti Xponent untuk kolaborasi dan Zenith untuk akselerasi.

Tentang Cakap

Cakap adalah perusahaan EdTech Indonesia yang mengembangkan platform pembelajaran upskill. Cakap menghubungkan siswa dengan guru profesional dan pakar industri melalui berbagai metode pembelajaran. Cakap menyediakan interaksi pembelajaran dua arah untuk keterampilan belajar guna meningkatkan kehidupan masyarakat.

Tersedia di Google Play dan App Store untuk menjangkau segmen pengguna yang beragam. Cakap percaya setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Cakap memberikan solusi pendidikan dengan kurikulum pembelajaran berstandar internasional untuk memberikan pengalaman belajar online terbaik.

Baca Juga: Mandiri Capital Perkuat Dukungan dalam Pengembangan Startup Lewat Dua Program Ini

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved