August
27
2024
     19:13

Komitmen AXA Financial Indonesia Melalui AFI Berbagi

Komitmen AXA Financial Indonesia Melalui AFI Berbagi
ILUSTRASI. Niharika Yadav, President Director AXA Financial Indonesia pada sambutannya dalam Closing Ceremony Financial Literacy Program & Waste Management Training dan Kick-Off Renovasi Sarana Air Bersih.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - AXA Financial Indonesia (AFI) membuktikan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), AFI Berbagi, yang bekerjasama dengan Habitat for Humanity Indonesia untuk masyarakat di Desa Kedung Dalem, Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Berbagai program telah dilaksanakan sejak bulan Mei lalu hingga Agustus 2024 mencakup literasi keuangan usia dewasa dan anak-anak, literasi pengelolaan sampah, edukasi kesehatan serta pemeriksaan kesehatan bagi orang dewasa dan anak-anak, hingga revitalisasi sarana air bersih di area tempat tinggal masyarakat.

Niharika Yadav, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia, “AXA Financial Indonesia berkomitmen mewujudkan kontribusi yang nyata dan berkelanjutan untuk memberdayakan Masyarakat melalui, AFI Berbagi. AFI berupaya mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDG pada poin kesehatan dan kesejahteraan yang baik, pendidikan yang berkualitas, dan akses terhadap air bersih dan sanitasi.

Kegiatan yang dilakukan AFI seperti peningkatan kapasitas masyarakat, pemeriksaan kesehatan, dan perbaikan sanitasi umum, bertujuan untuk memberikan pemahaman finansial, kesadaran lingkungan sekaligus memperbaiki tingkat kesehatan masyarakat sekitar agar mampu meningkatkan kualitas kehidupan mereka.”

Pada pelaksanaan program AFI Berbagi selama beberapa bulan ini, desa yang menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan adalah Desa Kedung Dalem, Mauk, Kabupaten Tangerang. Dalam penyelenggaraannya, AFI telah memberikan literasi keuangan usia dewasa dan pengelolaan sampah rumah tangga kepada lebih dari 120 orang, pemeriksaan kesehatan lansia kepada 67 orang, dan literasi keuangan anak dan pemeriksaan kesehatan anak mencapai 137 orang.

Program yang dijalankan AXA Financial Indonesia ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan AFI untuk tidak hanya meningkatkan literasi keuangan, lingkungan dan kesehatan, tetapi juga menyediakan infrastruktur dasar yang penting bagi kualitas hidup masyarakat di wilayah yang membutuhkan perhatian khusus.

Susanto, National Director Habitat for Humanity Indonesia menyampaikan, "Habitat for Humanity Indonesia menyambut baik kerjasama dengan AXA Financial Indonesia melalui program literasi keuangan & pengelolaan sampah, edukasi dan pemeriksaan kesehatan, serta program revitalisasi sarana air bersih di Desa Kedung Dalem.

Dengan fokus pada revitalisasi sarana air bersih dan infrastruktur sanitasi, program ini tidak hanya memperbaiki fasilitas yang vital bagi kesejahteraan sehari-hari masyarakat, tetapi juga mendukung pembangunan berkelanjutan dan inklusif. Kami yakin upaya ini akan membawa dampak positif yang signifikan terhadap kesehatan dan kehidupan warga sekitar.”

Literasi keuangan diberikan kepada ibu rumah tangga dan anak-anak di Desa Kedung Dalem. Literasi keuangan dasar bagi ibu-ibu rumah tangga dilakukan dengan mengangkat topik seperti cara membedakan keinginan dan kebutuhan, pengelolaan keuangan rumah tangga, hingga bagaimana menyikapi pinjaman online dan memperkenalkan alternatif lembaga keuangan peminjaman yang resmi.

Sedangkan untuk anak-anak tingkat Sekolah Dasar, literasi keuangan mencakup pengertian akan uang hingga pentingnya menabung dengan tujuan agar mereka lebih bijak dalam menjajakan uangnya serta membangun inisiatif menabung sejak dini.

Sebagai tindakan nyata AXA Financial Indonesia dalam meningkatkan kualitas lingkungan dan kesehatan Masyarakat, AFI Berbagi juga melakukan edukasi masyarakat untuk pengelolaan sampah rumah tangga yang bekerjasama dengan Puskesmas setempat. Literasi meliputi proses awal seperti pewadahan, pengumpulan, pemilihan, penggunaan ulang hingga pemrosesan akhir sampah dengan melibatkan masyarakat.

Selain itu, AFI Berbagi melakukan kick-off revitalisasi sarana air bersih di area pemukiman Desa Kedung Dalem yang mengalami banyak kerusakan. Saat ini sarana air bersih tersebut hanya memiliki 1 toilet saja yang berfungsi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan kurang lebih 12 Kepala Keluarga. Sarana air bersih ini juga memiliki fungsi sebagai tempat mencuci, mandi, dan kebutuhan sumber air bersih lainnya bagi warga sekitar.

Dalam kegiatan AFI Berbagi, AXA Financial Indonesia bekerjasama dengan RS Hermina Periuk Tangerang  untuk menyediakan pemeriksaan kesehatan dasar seperti pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan konsultasi gratis oleh dokter.

Selain itu, dalam program ini juga diberikan penyuluhan kesehatan bagi anak-anak, dengan topik mengenai pentingnya kebersihan badan, cuci tangan yang benar, dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran anak-anak dan masyarakat akan kesehatan dirinya.

Baca Juga: AXA Mandiri&AXA Financial Indonesia Terapkan Standar Global Pemasar lewat AXA Prime

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved