Kinerja PermataBank Tahun 2023 Tumbuh Konsisten
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Menutup tahun 2023, PT Bank Permata Tbk (“PermataBank” atau “Bank”) kembali melanjutkan pencapaian kinerja yang konsisten dengan membukukan Laba Bersih Rp2,6 triliun atau tumbuh 28,4% YoY dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan tetap menjaga prinsip kehati-hatian dalam mengelola risiko kredit serta memastikan kecukupan pencadangan kerugian kredit. Dengan dukungan sinergi ekosistem partner yang kuat dan bersama Bangkok Bank sebagai pemegang saham pengendali Bank, PermataBank mengokohkan posisi sebagai salah satu bank komersil terbesar di Indonesia.
Meliza M. Rusli, Direktur Utama PermataBank mengatakan, “Hasil pencapaian kinerja PermataBank yang positif di 2023 adalah upaya berkesinambungan untuk terus tumbuh dan memberikan nilai bermakna bagi masyarakat. Hal ini juga tidak lepas dari dukungan stakeholders kepada PermataBank dalam menjalankan rangka strategi bisnis untuk menjadi ‘Bank of Choice’ dengan mengutamakan customer-centricity guna meningkatkan layanan kepada nasabah dan masyarakat.”
Pendapatan Usaha Bank tumbuh sebesar 9,3% YoY menjadi Rp12,1 triliun, terutama dikontribusi oleh pertumbuhan Pendapatan Bunga Bersih sebesar 9,6% sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit di tahun 2023. Pendapatan Operasional sebelum Provisi (PPOP) meningkat menjadi Rp5,9 trilliun atau tumbuh sebesar 18,6% YoY dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini mencerminkan penerapan prinsip perbankan yang prudent dengan menyelaraskan antara risk appetite dan risk-based-pricing dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi nasabah Bank.
Penyaluran kredit kepada masyarakat di tahun 2023 tumbuh sebesar 4,3% YoY menjadi Rp142,2 triliun, didorong oleh pertumbuhan penyaluran kredit kepada Korporasi sebesar 6,1% YoY.
Konsisten untuk terus melakukan optimalisasi neraca, rasio Loan to Deposit (LDR) meningkat menjadi 74,8% di Desember 2023 dibandingkan 68,9% pada Desember 2022.
Pengelolaan kualitas aset dan portfolio kredit tetap terjaga dan tercermin dalam rasio Gross NPL dan Loan at Risk (LAR) PermataBank di Desember 2023 pada level masing-masing 2,9% dan 8,7%, semakin membaik dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya, masing-masing pada level 3,1% dan 10,9%. Lebih lanjut, PermataBank senantiasa menjaga kebutuhan cadangan atas potensi penurunan risiko kredit secara konservatif, tercermin dari rasio NPL coverage dan rasio LAR coverage masing-masing di level 288% dan 94%. Bank terus mengupayakan penyelesaian kredit bermasalah melalui upaya restrukturisasi, litigasi, dan penjualan aset.
Melalui penerapan manajemen biaya yang disiplin dan efisiensi operasional yang telah dilakukan secara optimal, serta adaptasi cara kerja digital yang lebih agile, Bank berhasil membukukan rasio Cost to Income (CIR) yang semakin baik menjadi 51,5% pada Desember 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 55,1%.
Dari sisi pendanaan, total dana pihak ketiga tercatat Rp188,3 triliun dengan tetap fokus untuk meningkatkan dana murah CASA, dimana rasio CASA terjaga di level 55%.
Rasio permodalan Bank adalah salah satu yang terkuat di antara bank komersial terbesar di Indonesia, dengan rasio CAR dan CET-1 masing-masing sebesar 38,7% dan 29,5%.
Fokus Kepada Nasabah dan Integritas
PermataBank semakin fokus dalam meningkatkan komitmen untuk melayani nasabah dan mitra dengan selalu berkolaborasi dan bekerjasama dengan semangat One Family, One Team melalui sinergi bersama Bangkok Bank. Dengan jaringan di 15 negara (Asia Tenggara, Jepang, Cina, Hong Kong, Taiwan, Inggris, dan Amerika Serikat), sinergi ini memberikan potensi yang lebih luas dalam mendukung pelayanan terhadap nasabah setia PermataBank. Hal ini sejalan dengan upaya PermataBank dalam meningkatkan loyalitas nasabah dan fokus untuk menjalankan budaya customer-centricity di bank.
Sebagai komitmen lembaga jasa keuangan yang konsisten memberikan rasa aman dan meningkatkan integritas di Indonesia, PermataBank telah meraih sertifikasi ISO 37001:2016 mengenai Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan ISO 27001 mengenai Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Sertifikasi-sertifikasi tersebut telah diterapkan dalam semua lini operasi di PermataBank.
TENTANG PERMATABANK
PermataBank adalah salah satu dari 10 bank terbaik di Indonesia dari sisi aset di industri perbankan. Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Kode: BNLI) dengan pemegang saham pengendali Bangkok Bank Public Company Limited, PermataBank terdepan dalam digitalisasi dengan produk dan jasa inovatif melayani lebih dari 6,2 juta nasabah di 61 kota di Indonesia. Per 31 December 2023, PermataBank memiliki 216 kantor cabang & kantor kas, kantor cabang Syariah, dan cabang bergerak (Mobile Branch); 830 lokasi ATM dan lebih dari 22.000 outlet tarik tunai tanpa kartu di Indomaret, akses di lebih dari 100.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima akses di jaringan), dan jutaan ATM lainnya di seluruh dunia yang terhubung dengan jaringan Visa, Mastercard, Cirrus.
PermataBank telah meraih berbagai penghargaan service excellence di kategori Bank Umum dan Bank Unit Usaha Syariah, seperti Banking Service Excellence Award 2023 oleh majalah InfoBank bekerjasama dengan Market Research Indonesia, Silver awards dari Asia-Pacific Stevie Awards 2023, The “Best Disclosure and Transparency” & Top 50 Score Emiten dengan Kapitalisasi Market Terbesar (Big Cap) - Governansi Korporat terbaik dari IICD CG Conference and Award 2023, serta predikat “Very Good” pada dua kategori (Learning & Development and Knowledge Management serta Employer Branding and Talent Acquisition) di HR Exellence 2023 oleh SWA dan Lembaga Manajemen FEB UI.
Sebagai pionir inovasi digital di pasar Indonesia, nasabah dapat merasakan pengalaman layanan digital terlengkap seperti layanan mobile banking super app, PermataMobile X dengan lebih dari 200 fitur unggulan , internet banking PermataNet dan Permata e-Business, PermataQR Pay di lebih dari 300.000 merchants, point of sales di lebih dari 20.000 merchants, API banking dengan 200 tipe API, layanan call center dengan Interactive Voice Response dan Artificial Intelligence Voice Recognition.
Nasabah juga dapat merasakan pengalaman Digital Reformat Branch di wilayah-wilayah pilihan di Indonesia yang menawarkan pengalaman yang simple, fast, and reliable di beberapa cabang, yaitu Jakarta (Kelapa Gading, Astra Tower, Pondok Indah, Pluit, Universitas Al-Azhar), Tangerang (RS Mandaya), Bekasi (Lippo Cikarang, Vasanta), Bogor (Padjajaran), Bandung (Kota Baru Parahyangan), Medan (Zainul Arifin, Podomoro City), Surabaya (Panglima Sudirman), Batam (Palm Spring), Semarang (Bangkong Plaza), Madiun (Cokroaminoto), Bali (Dewi Sartika, Canggu), Kudus (Ahmad Yani).
Baca Juga: PermataBank Perkuat Komitmen Anti Penyuapan dengan Raih Sertifikat ISO 37001:2016
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News