February
07
2024
     18:34

PermataBank Perkuat Komitmen Anti Penyuapan dengan Raih Sertifikat ISO 37001:2016

PermataBank Perkuat Komitmen Anti Penyuapan dengan Raih Sertifikat ISO 37001:2016
ILUSTRASI. PermataBank menerima sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan yang diwakilkamn oleh Direktur Utama PermataBank, Meliza M. Rusli dan Direktur Hukum dan Kepatuhan PermataBank, Dhien Tjahajani.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Praktik suap menjadi fenomena yang dapat menimbulkan keprihatinan sosial, moral, ekonomi, politik, merusak tata kelola yang baik, dan menghambat pembangunan. Terkait dengan hal tersebut, PT Bank Permata Tbk (“PermataBank”) sebagai lembaga jasa keuangan yang berintegritas, kembali memperkuat komitmennya terhadap kebijakan dan peraturan perundangan yang terkait dengan kasus anti-penyuapan.

Pada hari ini, PermataBank mengumumkan pencapaiannya meraih sertifikasi ISO 37001:2016 yang telah diimplementasikan secara serentak di seluruh kegiatan perbankannya. Acara penerimaan sertifikat ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan ini diwakili oleh Meliza M. Rusli – Direktur Utama PermataBank, Dhien Tjahajani – Direktur Hukum dan Kepatuhan PermataBank, dan diserahkan oleh Ibu Nolia Natalia – PT. BSI Group Indonesia sebagai lembaga sertifikasi SMAP.

Diluncurkan pada tahun 2016, ISO 37001 merupakan standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen anti penyuapan. PermataBank berupaya mempertegas konsistensinya dalam mencegah, mendeteksi, dan menyelidiki segala potensi suap dan korupsi melalui berbagai langkah yang wajib dipatuhi semua pihak baik eksternal maupun internal, serta penerapan kebijakan anti penyuapan, standarisasi perjanjian kerjasama dengan klausul anti penyuapan, dan juga penandatanganan pakta integritas oleh vendor sebelum bermitra. Sebagai sebuah standar, ISO 37001 berupaya untuk membangun bisnis global yang didasari oleh etika dan tata kelola.

Meliza M. Rusli, selaku Direktur Utama PermataBank mengatakan, “PermataBank meyakini bahwa kepercayaan dan akuntabilitas menjadi salah satu aspek yang penting bagi masyarakat dalam memilih bank atau mempercayakan investasinya. Harapan kami, dengan mengimplementasikan ISO 37001, PermataBank dapat menumbuhkan rasa aman dan rasa percaya nasabah kami.

Pencapaian ini menjadi bagian dari upaya kami menerapkan Good Corporate Governance secara konsisten, yang juga menjadi milestone penting perjalanan PermataBank. Sertifikasi ISO 37001 ini semakin memperkuat komitmen kami dalam menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan transparan, serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah dan berbagai pemangku kepentingan.”

Dalam kesempatan yang sama Dhien Tjahajani selaku Direktur Hukum dan Kepatuhan PermataBank menambahkan, bahwa penerapan SMAP di seluruh lini operasional PermataBank merupakan upaya untuk memastikan bahwa perusahaan selalu menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan berintegritas.

“Dengan penerapan SMAP, PermataBank berkomitmen untuk selalu menjalankan operasional yang bersih dari korupsi dan bebas dari penyuapan, kami optimis adanya sertifikasi ISO 37001;2016 ini PermataBank dapat meningkatkan kredibilitas yang dapat dipercaya oleh setiap stakeholder.”

Nolia Natalia - Country Manager British Standards Institution (BSI) Group Indonesia juga menyampaikan apresiasinya atas pencapaian PermataBank terhadap sertifikasi yang telah diperoleh.

“PermataBank telah membuktikan komitmennya dalam mencegah dan mengurangi risiko korupsi atau penyuapan dengan meraih sertifikasi ISO 37001:2016. Merupakan suatu kebanggaan bagi kami dapat mendukung pencapaian ini, yang juga sejalan dengan upaya kami untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk dan layanan perbankan di Indonesia. Semoga kedepannya, akan ada lebih banyak Lembaga Keuangan yang mengikuti jejak PermataBank,” tutupnya.

Tentang PermataBank           

PermataBank adalah salah satu dari 10 bank terbaik di Indonesia dari sisi aset di industri perbankan. Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Kode: BNLI) dengan pemegang saham pengendali Bangkok Bank Public Company Limited, PermataBank terdepan dalam digitalisasi dengan produk dan jasa inovatif melayani lebih dari 6,2 juta nasabah di 61 kota di Indonesia. Per 31 Desember 2023, PermataBank memiliki 216 kantor cabang & kantor kas, kantor cabang Syariah, dan cabang bergerak (Mobile Branch); 820 lokasi ATM dan lebih dari 20.000 outlet tarik tunai tanpa kartu di Indomaret, akses di lebih dari 100.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima akses di jaringan), dan jutaan ATM lainnya di seluruh dunia yang terhubung dengan jaringan Visa, Mastercard, Cirrus.

PermataBank telah meraih berbagai penghargaan service excellence di kategori Bank Umum dan Bank Unit Usaha Syariah, seperti Banking Service Excellence Award 2023 oleh majalah InfoBank bekerjasama dengan Market Research Indonesia, Silver awards dari Asia-Pacific Stevie Awards 2023, The “Best Disclosure and Transparency” & Top 50 Score Emiten dengan Kapitalisasi Market Terbesar (Big Cap) - Governansi Korporat terbaik dari IICD CG Conference and Award 2023, serta predikat “Very Good” pada dua kategori (Learning & Development and Knowledge Management serta Employer Branding and Talent Acquisition) di HR Excellence 2023 oleh SWA dan Lembaga Manajemen FEB UI.

Sebagai pionir inovasi digital di pasar Indonesia, nasabah dapat merasakan pengalaman layanan digital terlengkap seperti layanan mobile banking super app, PermataMobile X dengan lebih dari 200 fitur unggulan, internet banking PermataNet dan Permata e-Business, PermataQR Pay di lebih dari 300.000 merchants, point of sales di lebih dari 20.000 merchants, API banking dengan 200 tipe API, layanan call center dengan Interactive Voice Response dan Artificial Intelligence Voice Recognition. Nasabah juga dapat merasakan pengalaman Digital Model Branch di wilayah-wilayah pilihan di Indonesia yang menawarkan pengalaman yang simple, fast, and reliable.

Baca Juga: PermataYouthPreneur Upaya Permata Kembangkan Profesional & Wirausaha Berbasis Digital

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

Penetapan BoC dan BoD Telkomsel

10 MEI 2024 / 20:31 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved