March
28
2022
     09:48

Jalin Pembayaran Nusantara Perluas Penerimaan Kartu GPN Bertransaksi Online

Jalin Pembayaran Nusantara Perluas Penerimaan Kartu GPN Bertransaksi Online
ILUSTRASI. GNP./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/03/12/2020.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) terus berupaya memperluas penerimaan kartu debit GPN di tengah perkembangan transaksi e-commerce.  Kartu GPN kini tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi di merchant offline saja tetapi sudah bisa bertransaksi online. 

Untuk semakin memperkenalkan kartu debit GPN, Jalin menggelar webinar E-Commerce and Its Challenges in the Digital Age. Ini dilakukan untuk mendukung rencana perusahaan menjadi enabler digital payment dalam membangun digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia, khususnya transaksi e-commerce serta perluasan penerimaan kartu debet Gerbang Pembayaran Nusantara (GPN) sebagai alat pembayaran online. 

Mendorong masyarakat beralih kepada transaksi pembayaran digital diperlukan sistem yang aman dan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Salah satu sistem untuk menjamin hal tersebut adalah penggunaan 3 Domain Secure atau 3DS. 

"Fitur tersebut sejalan dengan peran Jalin untuk memberikan kenyamanan di setiap transaksi keuangan guna mendukung visi besar menjadi The National Digital Highway," kata Direktur Utama Jalin, Boyke Yurista dalam keterangannya, Senin (28/3). 

Baca Juga: Gandeng Fintech, Perbankan Geber Penyaluran Kredit Secara Digital

Sementara Joni Haryono, General Manager PT Infinitium Solutions (PTIS) menjelaskan, melalui penggunaan 3D Secure yang diimplementasikan oleh Jalin kepada seluruh member-nya, Jalin akan hadir sebagai directory server yang menghubungkan antara payment gateway dengan member bank. 

Dengan begitu, ha itu diharapkan akan memberikan keamanan bagi masyarakat secara luas ketika melakukan transaksi kartu debit GPN di e-commerce.

Dalam kesempatan yang sama, Bima Laga, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) mengungkapkan, pertumbuhan nilai transaksi e-commerce pada tahun 2021 tercatat hingga Rp 401 Triliun dan potensi masyarakat yang sudah menggunakan internet namun belum sepenuhnya melek digital adalah sebesar 20% dari nilai total penduduk Indonesia. 

Dia melihat, pertumbuhan penggunaan e-commerce ditunjang 2 hal utama yakni logistik dan sistem pembayaran digital. Oleh sebab itu, menurutnya,  penting semua pihak untuk mulai mendukung pertumbuhan UMKM karena mayoritas UMKM di Indonesia berada di sektor mikro agar secepatnya bisa beralih ke ekosistem digital.

Di saat yang sama, Jalin menggelar Jalin CX Summit 2022. Ini merupakan perhelatan pertama yang diadakan perusahaan untuk memberikan apresiasi kepada seluruh member-nya.

Baca Juga: Peluang Masih Besar, Fintech dan Bank Kembangkan Bisnis Paylater

Jalin mendorong seluruh member untuk saling memaksimalkan potensi serta mengembangkan kesinambungan kerja sama yang saling menguntungkan. “Saya mengucapkan terima kasih atas sinergi yang baik selama ini dan tidak lupa kerja sama yang sudah terbangun bisa ditingkatkan lagi agar saling memberi manfaat bagi Jalin dan seluruh member sekalian,” ujar Boyke.

Dalam ajang tersebut, Jalin mengapresiasi Bank Mandiri sebagai  The Best Partner of The Year. Sementara PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) meraih predikat The Most Active Issuer ATM Business. Lalu PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mendapatkan gelar The Most Active Acquirer ATM Business.

Selanjutnya, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dianugerahi sebagai The Most Excellence Sharia Bank, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meraih predikat The Most Responsive Bank, dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) sebagai  The Most Supportive Bank. 

BPD Lampung meraih predikat The Most Cooperative Bank, BPD Sumut  jadi The Most Excellence Growth BPD, Bank Ganesha mendapatkan apresiasi sebagai The Most Loyal Bank dan Bimasakti mendapat penghargaan sebagai The Most Active QRIS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved