November
29
2022
     17:51

Honeywell Siap Dukung Pembangunan IKN dengan Teknologi & Solusi Berkelanjutan

Honeywell Siap Dukung Pembangunan IKN dengan Teknologi & Solusi Berkelanjutan
ILUSTRASI. Roy Kosasih, Presiden Honeywell untuk Indonesia & Filipina menyampaikan kesiapan Honeywell mendukung pengembangan IKN melalui teknologi dan solusi tepat agar membantu OIKN mengembangkan & mengatur ibu kota baru cerdas & berkelanjutan.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Honeywell menyatakan kesiapannya dalam mendukung Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) untuk mewujudkan pembangungan dan pengelolaan ibu kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan.

Berbicara dalam forum diskusi yang digelar hari ini, Roy Kosasih, Presiden Honeywell untuk Indonesia dan Filipina menyatakan, "Kami menyampaikan kesiapan Honeywell untuk mendukung pengembangan IKN melalui teknologi dan solusi yang tepat agar membantu OIKN dalam mengembangkan dan mengatur ibu kota baru yang cerdas dan berkelanjutan."

Ditambahkan Roy, "Honeywell memiliki pengalaman yang luas dalam membantu kota-kota di penjuru dunia dalam menciptakan lingkungan perkotaan yang terhubung, aman, terlindungi, produktif, dan berkelanjutan dengan teknologi yang tepat.

Selain itu, kami juga punya pengalaman yang panjang dalam mendukung pengusaha bangunan komersil di Indonesia agar gedung-gedung yang mereka kelola bisa lebih ramah lingkungan, efisien serta menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penghuninya.

Menurut International Energy Agency, bangunan komersil saat ini mengkonsumsi lebih dari 36% energi global, dan menghasilkan 37% dari total emisi CO2 global, baik secara langsung maupun tidak langsung . Dengan biaya energi yang terus meningkat dibarengi tuntutan global untuk menurunkan emisi karbon, pengembangan kota baru harus dimulai dari bangunan yang berkelanjutan.

Honeywell Building Sustainability Manager yang didukung oleh aplikasi fitur Honeywell Forge memungkinkan pengelola bangunan untuk melacak dan mengoptimalkan kinerja energi gedung mereka sesuai target pengurangan karbon, sehingga secara terukur dapat mengurangi emisi karbon dan penggunaan energi mereka, sekaligus menjaga kesehatan dan kenyamanan penghuninya.

Dengan bangunan-bangunan yang berkelanjutan, IKN akan lebih siap untuk menjadi kota yang cerdas.

Kunci dari kota yang pintar dan berkelanjutan adalah penggunaan teknologi yang terhubung, terintegrasi dan otomatis. Di kota pintar, semua data dari beragam fungsi-fungsi perkotaan mengalir dalam sebuah jaringan yang terhubung. Jaringan yang saling terintegrasi tersebut menghasilkan informasi operasional kota yang holistik dan berbasis data sehingga memungkinkan warga dan pemerintah untuk bersama-sama mengatasi beragam tantangan sosial yang ada dalam linkungan kota.

“Penggunaan teknologi yang tepat akan mewujudkan pengelolaan kota yang tepat juga,” kata Kosasih. “Hal ini mencakup manajemen energi yang lebih baik dan lebih efisien, peningkatan keselamatan publik dengan kemampuan tanggap darurat yang lebih cepat dan akurat, manajemen lalu lintas dan transportasi yang lebih efisien dan efektif, manajemen utilitas publik, termasuk sampah, air, dan limbah, serta meningkatkan keterlibatan warga."

Perangkat lunak Honeywell City Suite - sebuah platform IoT yang mendukung kecerdasan buatan - mengintegrasikan data penting dari sistem infrastruktur kota seperti lalu lintas, lampu jalan, lingkungan, layanan darurat, keselamatan dan keamanan publik, serta utilitas ke dalam satu tampilan terpadu.

Arsitektur terbuka dari solusi "Ready Now" membantu menjembatani informasi antar departemen, memungkinkan pemanfaatan anggaran yang lebih efisien, serta menciptakan komunitas yang lebih aman dan tangguh. Honeywell City Suite telah digunakan di 75 kota di penjuru dunia hingga berdampak positif ke seratus juta jiwa lebih, dan membantu masyarakat untuk turut memantau konsumsi energi di seluruh fasilitas dan utilitas kota.

Teknologi ini salah satunya telah diterapkan di ibu kota administratif baru Mesir, di mana Honeywell bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk membangun pusat komando yang berfungsi sebagai otak jaringan digital dari kota tersebut. Honeywell juga mendukung beberapa kota di India, termasuk Rajkot dan Faridabad, untuk mengubahnya menjadi kota pintar.

Baru-baru ini, Honeywell bekerjasama dengan Accelerator for America – organisasi nirlaba Amerika Serikat yang dipimpin oleh dewan penasihat walikota, pemimpin tenaga kerja dan bisnis, serta pakar pembangunan perkotaan dan ekonomi – untuk mendorong pertumbuhan Smart City di lima kota AS agar meningkatkan ketahanan sosial yang lebih tinggi dibarengi dengan komunitas yang lebih aman dan berkelanjutan, hingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

Tentang Teknologi Bangunan Honeywell

Honeywell Building Technologies (HBT) mentransformasi cara setiap gedung beroperasi untuk membantu meningkatkan kualitas hidup. Honeywell adalah perusahaan kontrol bangunan terkemuka yang beroperasi di lebih dari 75 negara yang didukung oleh jaringan mitra saluran global. Pemilik dan operator bangunan komersial menggunakan perangkat keras, perangkat lunak, dan analitik kami untuk membantu menciptakan fasilitas yang lebih aman, berkelanjutan, dan produktif. Solusi dan layanan kami hadirkan telah digunakan di lebih dari 10 juta bangunan di seluruh dunia.

Honeywell (www.honeywell.com) memberikan solusi khusus bagi industri yang mencakup produk dan layanan kedirgantaraan; teknologi kontrol untuk bangunan dan industri; dan materi kinerja secara global. Teknologi kami membantu pesawat terbang, bangunan, pabrik, rantai pasokan, dan pekerja menjadi lebih terhubung untuk menjadikan dunia kita lebih pintar, lebih aman, dan lebih berkelanjutan.

Baca Juga: Bangun Lab di UGM, Honeywell Indonesia investasi SDM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved