January
12
2023
     13:46

EIGER Adventure dan Lazada Indonesia Perkuat Komitmen Keberlanjutan

EIGER Adventure dan Lazada Indonesia Perkuat Komitmen Keberlanjutan
ILUSTRASI. Dalam kolaborasi Eiger Adventure dan Lazada memperkenalkan kemasan khusus bersertifikasi FSC dan rangkaian produk upcycling eksklusif di Lazada.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - EIGER Adventure (EIGER), brand penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang asal Indonesia, dan Lazada Indonesia (Lazada) memperkuat kolaborasi dalam inisiatif keberlanjutan (sustainability) untuk berkontribusi dalam mengatasi permasalahan sampah di Indonesia demi kelestarian alam dalam jangka panjang dan memastikan operasional bisnis yang berkelanjutan.

Komitmen kerja sama antara EIGER dan Lazada yang telah terjalin lama diperkuat dengan memperkenalkan kemasan kardus bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) dan lebih ramah lingkungan khusus untuk pelanggan EIGER yang berbelanja melalui platform Lazada. EIGER juga memperkenalkan EIGER Green Project dengan gerakan upcycling yang akan dijual secara eksklusif di Lazada.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia masuk urutan kedua penyumbang sampah plastik sejagat pada tahun 2019 dengan 3,21 Juta metrik ton/tahun, menjadikan persoalan sampah selayaknya menjadi prioritas untuk segera ditangani.

Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab permasalahan sampah ini. Kerja sama antara EIGER dan Lazada ditujukan diantaranya untuk mendorong dan mempromosikan perilaku lebih ramah lingkungan demi peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian bumi.

Harimula Muharam, GM Product & Sustainability Project Leader EIGER Adventure menjelaskan sejak tahun 2021, EIGER telah mengukuhkan komitmennya untuk dapat menjadi bagian dari solusi permasalahan lingkungan.

“Melihat perkembangan bisnis digital EIGER Adventure yang meningkat pesat khususnya melalui platform Lazada, kami menyadari adanya dampak yang dihasilkan terutama sampah plastik dari pengiriman barang kepada konsumen. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab kami untuk dapat memberikan pengalaman berbelanja yang berkelanjutan kepada seluruh konsumen,” ujar Harimula.

Dalam kolaborasi antara EIGER dan Lazada, keduanya berkomitmen untuk memulai rantai pasokan yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan material kardus pengiriman bersertifikasi FSC dan mengganti bubble wrap berbahan plastik menjadi honeycomb paper wrap dari hasil daur ulang limbah kardus. Dalam kemasan kardus tersebut, akan ada QR Code yang bisa dipindai dan  mengarahkan pelanggan ke laporan keberlanjutan EIGER dan Lazada untuk memahami lebih lanjut inisiatif keberlanjutan dari kedua perusahaan.

“Lazada dan EIGER memiliki kesamaan semangat dalam upaya keberlanjutan untuk kelestarian alam. Karena itu kami menyambut baik kerjasama lanjutan dengan EIGER untuk mempromosikan gaya hidup lebih ramah lingkungan.

Kami berharap inisiatif yang dijalankan bersama EIGER ini bisa memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih ‘hijau’ bagi para pelanggan Lazada dan mendorong brand lainnya di Indonesia untuk ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan,” ujar Adiputra Wiharja, SVP Logistics Lazada Indonesia.

Rangkaian produk Upcycling untuk Gaya Trendi Lebih Ramah Lingkungan

Pada kesempatan yang sama, EIGER juga memperkenalkan EIGER Green Project melalui rangkaian produk Upcycling Collection vol.1, sebuah gerakan koleksi produk daur ulang yang dirancang untuk memberikan warna baru pada industri mode sekaligus berkontribusi pada lingkungan hidup. Produk upcycling dari EIGER diciptakan dari pemanfaatan produk yang tidak memenuhi standar kualitas atau tidak layak jual dengan tujuan untuk mengurangi limbah mode.

“Melalui proses upcycling, kami memberikan kesempatan kedua kepada produk-produk yang awalnya tidak layak jual, lalu kami desain dan olah kembali menjadi produk baru dengan memberikan nilai tambah kepada produk tersebut, sehingga dapat diterima konsumen,” ujar Harimula.

Ia menambahkan, kedepannya konsumen dapat menjadi bagian dari gerakan tersebut dengan mengirimkan barang-barang mereka yang sudah tidak digunakan, untuk kemudian disortir oleh pihak EIGER dan diubah menjadi barang trendi baru.

Pada EIGER Upcycling Collection vol.1, terdapat setidaknya 35 produk yang dihasilkan dari ratusan produk tidak layak jual. Rangkaian produk upcycling kedepannya akan dijual secara terbatas mengikuti ketersediaan bahan baku dan eksklusif hanya di EIGER Adventure Official Store di platform Lazada.

Menanggapi inisiatif tersebut, Adiputra menambahkan, “Kami senang bisa menjadi bagian penting dari inisiatif EIGER ini dan yakin produk upcycling EIGER akan sangat diminati para pelanggan Lazada.

Kami berharap keberadaan produk upcycling dari EIGER ini bisa sekaligus mempromosikan gaya hidup lebih ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan pelanggan Lazada pada khususnya, sehingga semakin banyak orang berkontribusi pada upaya pelestarian alam Indonesia.”

Lazada sudah sejak lama memulai upaya keberlanjutan dalam operasional bisnisnya demi bisa mengurangi dampak lingkungan. Penggunaan teknologi canggih memungkinkan Lazada beroperasi secara lebih efektif dan efisien.

Lazada juga mengaktifkan armada pengiriman berbasis listrik dan sepeda #BlueVehicle agar bisa mengurangi dampak polusi. Kemasan kardus ramah lingkungan juga dipromosikan bagi brand dan UMKM yang bergabung dalam layanan logistik Lazada.

Siska Nirmala, seorang aktivis lingkungan hidup sekaligus brand ambassador EIGER Adventure turut mendukung gerakan yang dilakukan EIGER dan Lazada. Menurutnya, harus semakin banyak kolaborasi antar brand yang berfokus pada kelestarian lingkungan.

“Permasalahan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama. Setiap hal kecil yang dilakukan, jika dilakukan bersama-sama pasti akan berdampak besar. Mungkin hasilnya tidak akan dirasakan sekarang, namun di masa depan. Sehingga generasi mendatang tetap dapat menikmati keindahan alam Indonesia,” tutup Siska.

Tentang EIGER Adventure

EIGER Adventure merupakan brand penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang asal Indonesia di bawah naungan PT Eigerindo MPI yang sudah mendukung penggiat petualangan luar ruang sejak tahun 1989. Berfokus pada “Tropical Adventure”, EIGER Adventure menawarkan 3 kategori aktivitas utama yang mencakup berbagai kegiatan luar ruang, yaitu EIGER Mountaineering, EIGER Riding, dan EIGER 1989.

Saat ini EIGER sudah memiliki lebih dari 7 toko flagship dan 200 toko di seluruh Indonesia. EIGER juga kini hadir melalui berbagai online platform seperti marketplace dan www.eigeradventure.com.

Tentang Lazada Indonesia

Lazada Group adalah pelopor platform eCommerce di Asia Tenggara. Selama 10 tahun terakhir, Lazada telah mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem eCommerce Lazada telah berkembang dan menghubungkan sekitar 160 juta pengguna aktif ke lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulan, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui beragam fitur pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik terbesar di Asia Tenggara.

Dengan visi untuk mencapai GMV tahunan senilai USD100 miliar, Lazada bertujuan untuk melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030, dan menjadi yang terbaik dalam mendukung brand dan penjual mendigitalisasi bisnis mereka. Pada tahun 2022, Lazada Foundation didirikan untuk memberdayakan kaum muda dan perempuan untuk masa depan digital, menutup kesenjangan gender dalam ekosistem digital serta memperkuat komunitas dengan menciptakan dampak positif.

Baca Juga: Lazada Women's Fest, Inisiatif Lazada Beri Inspirasi & Aspirasi Positif Generasi Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved