July
30
2023
     20:11

Danamon Peduli Lakukan Konservasi Terumbu Karang, Tanam Mangrove & Donasi Kano

Danamon Peduli Lakukan Konservasi Terumbu Karang, Tanam Mangrove & Donasi Kano
ILUSTRASI. Melalui Peduli Lingkungan 2023, Danamon Region Bali Nusra melakukan konservasi lingkungan di Pantai Mertasari Sanur, Bali dengan menanam 1.200 bibit terumbu karang, 500 mangrove & 750 pohon cemara udang.Danamon juga mendonasikan 5 kano susur sampah.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sebagai bank yang berkomitmen terhadap bisnis keberlanjutan dan pelestarian lingkungan, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) secara aktif menjalankan berbagai inisiatif untuk mengurangi emisi karbon melalui program-program Danamon Peduli, salah satunya Program Peduli Lingkungan.

Melalui Peduli Lingkungan 2023, Danamon Region Bali Nusra melakukan konservasi lingkungan di Pantai Mertasari Sanur, Bali dengan menanam 1.200 bibit terumbu karang, 500 mangrove, dan 750 pohon cemara udang. Selain itu, Danamon juga mendonasikan 5 kano susur sampah untuk meningkatkan penjagaan lingkungan di area pariwisata tersebut.

Kegiatan ini menjadi kolaborasi erat antara Danamon dengan Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, Desa Adat Intaran melalui BUPDA Intaran dan Kelompok Sungai Bahari Intaran. Dalam seremoni yang diadakan pada Sabtu, 29 Juli 2023, Danamon melibatkan lebih dari 200an karyawan Danamon Region Bali Nusra dan turut serta hadir Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si.; Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana; Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, I B Putra Wirabawa, S.TP.,MM,; Regional Corporate Officer Bank Danamon Bali Nusra, I Gusti Agus Indrawan; dan Bendesa Adat Intaran, I Gusti Agung Alit Kencana serta  Koordinator Pelaksana Kelompok Sungai Bahari, Nyoman Dana Atmaja.
 
“Danamon tidak hanya berkomitmen terhadap kebutuhan nasabah, karyawan, dan masyarakat luas, tetapi juga bertumbuh bersama mitra komunitas dalam program dan pengembangan bisnis berkelanjutan. Melalui program Danamon Peduli, kami giat mengampanyekan penurunan emisi karbon dan melibatkan karyawan aktif untuk mencapai target net zero carbon emission, termasuk melalui penanaman mangrove dan konservasi terumbu karang.

Konservasi Terumbu Karang dan Mangroves di Pantai Mertasari Sanur merupakan salah satu inisiatif kami untuk terlibat aktif dalam berbagai pelestarian lingkungan dan program berkelanjutan,” ujar I Gusti Agus Indrawan - Regional Corporate Officer Bank Danamon Bali Nusra.
 
Sebagai salah satu daerah pariwisata populer di Bali, Sanur merupakan salah satu kawasan pariwisata tertua di Bali yang mulai dikunjungi wisatawan sejak tahun 1930an. Sanur tidak hanya menawarkan pantai yang indah dan air jernih, tetapi juga memiliki keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Daya tarik utama dari Sanur adalah keindahan matahari terbit dan kawasan pesisir termasuk terumbu karangnya.
 
Terumbu karang membentang dari utara sampai selatan pesisir Sanur terdiri dari: terumbu karang yang ada dipantai Semawang Sindhu 71 ha, pantai Sanur 25 ha, dan pantai Mertasari 56 ha. Kegiatan pariwisata bahari yang terus berkembang di satu sisi mendorong peningkatan ekonomi tetapi di sisi lain mengancam kelestarian lingkungan. Berdasarkan Jurnal Destinasi Pariwisata Vol. 10 No 2, 2023, ditemukan beberapa penyebab rusaknya lingkungan pesisir Pantai Sanur antara lain:

Kegiatan pariwisata bahari dan pesisir itu sendiri,

  1. Kegiatan pariwisata bahari dan pesisir itu sendiri,
  2. Kegiatan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan,
  3. Limbah padat dan cair yang mengalir dari saluran pembuangan baik got, sungai dan limbah hotel,
  4. Reklamasi Pulau Serangan dan pembangunan krib

 “Kelestarian ekosistem maritim Sanur saat ini menghadapi ancaman serius yang jika dibiarkan bukan hanya akan merusak alam tetapi juga perekonomian warga sekitar. Untuk itu, Danamon bersama dengan Pemerintah Kota Denpasar, Desa Adat Intaran Sanur , dan Kelompok Sungai Bahari berkolaborasi melaksanakan konservasi ini dengan harapan untuk melestarikan dan memulihkan keanekaragaman hayati yang rapuh di Sanur,” jelas Agus Indrawan
 
Konservasi terumbu karang merupakan langkah penting dalam pemulihan ekosistem lingkungan. Terumbu karang memiliki manfaat yang sangat penting bagi ekosistem. Terumbu karang menyediakan habitat yang sangat beragam bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan laut. Banyak ikan, moluska, krustasea, dan hewan laut lainnya bergantung pada terumbu karang sebagai tempat tinggal dan mencari makanan.

Terumbu karang juga berperan dalam menjaga kualitas air laut. Mereka menyerap karbon dioksida dan memproduksi oksigen, sehingga membantu mengurangi dampak perubahan iklim dan menghasilkan udara yang lebih bersih, serta melindungi pantai dari erosi dan badai.
 
Selain konservasi terumbu karang, Danamon juga fokus pada perlindungan mangrove dan pohon cemara udang. Mangrove adalah ekosistem pesisir yang penting, karena mereka berfungsi sebagai tempat berkembang biak bagi berbagai spesies laut dan melindungi pantai dari abrasi.

Pohon cemara udang, di sisi lain, membantu menjaga kualitas tanah dan air di sekitarnya. Selain upaya penanaman, Danamon Peduli juga menyadari pentingnya pengelolaan sampah yang baik untuk menjaga kebersihan perairan Sanur.

Untuk itu, Danamon telah menyumbangkan kapal susur sampah kepada Kelompok Sungai Bahari. Kapal ini akan dimanfaatkan untuk mengumpulkan sampah secara rutin sehingga dapat membantu mengurangi limbah plastik dan sampah lainnya yang mencemari perairan Sanur.
 
“Inisiatif-inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang Danamon dalam menjaga kelestarian ekosistem. Namun, upaya ini tidak cukup hanya dilakukan oleh satu pihak saja. Untuk mencapai keberhasilan yang berkelanjutan, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah, masyarakat, dan pelaku pariwisata. Dengan upaya kolektif dan praktik berkelanjutan, kita dapat memastikan bahwa keajaiban alam Sanur tetap dilestarikan untuk dinikmati oleh generasi mendatang,” tutup Agus Indrawan.

Tentang Danamon
PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Kode Saham: BDMN) didirikan pada tahun 1956. Per 31 Maret 2023, perusahaan mengelola aset konsolidasi sebesar Rp204 triliun dengan anak usahanya, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd. dan 7,53% lainnya oleh publik.
 
Per Maret 2023, Danamon didukung oleh jaringan 877 kantor cabang konvensional, unit Syariah, dan cabang serta jaringan bisnis anak perusahaan, dan jaringan ATM, ATM Bersama, PRIMA, dan ALTO dengan total lebih dari 60.000-unit yang tersebar di 34 provinsi. Selain layanan offline, produk dan layanan Danamon juga dapat diakses secara online melalui D-Bank PRO untuk Nasabah Perorangan dan Danamon Cash Connect untuk Nasabah Bisnis. Selain itu, Danamon juga menyediakan layanan 24 jam melalui layanan SMS Banking dan layanan call center Hello Danamon.
 
Sebagai bagian dari MUFG, grup jasa keuangan global terkemuka sekaligus bank terbesar di Jepang, Danamon didukung oleh kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG dalam melayani nasabah dan memfasilitasi pertumbuhan bisnis untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan.
 
Melalui ajakan “Grow With Us” yang didasari oleh Visi Danamon untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan, Danamon mempertegas komitmen sebagai bank yang selalu siap siaga memberikan solusi untuk segala kebutuhan finansial bagi seluruh nasabah dari berbagai segmen antara lain Konsumer, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Wholesale (Enterprise dan Komersial), baik konvensional maupun syariah, serta pembiayaan otomotif melalui Adira Finance, agar dapat tumbuh menjadi lebih sejahtera.
 
Hal ini sejalan dengan komitmen Danamon untuk menyediakan solusi keuangan yang komprehensif untuk membantu nasabah terus tumbuh dan mencapai tujuan finansialnya, sebagai organisasi yang customer-centric sebagai “Bank Pilihan Anda”. Proposisi nilai unik Danamon berfokus pada sales and service excellence, sinergi yang kuat dengan mitra dan pemangku kepentingan, dan didukung oleh teknologi kelas dunia, agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.

Baca Juga: Waspada Modus Penipuan Perubahan Biaya Transaksi atau Biaya Transfer Danamon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved