July
29
2022
     16:47

CIMB Niaga Syariah Raih Rekor MURI atas Transaksi Komoditas Murabahah

CIMB Niaga Syariah Raih Rekor MURI atas Transaksi Komoditas Murabahah
ILUSTRASI. Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara menunjukkan piagam penghargaan dari MURI di Jakarta. CIMB Niaga Syariah dinobatkan sebagai Bank Syariah Pertama yang Melakukan Transaksi Komoditas Murabahah di Bursa Komoditas Syariah.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) berhasil mencatatkan rekor baru di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Bank Syariah Pertama yang Melakukan Transaksi Komoditas Murabahah di Bursa Komoditas Syariah. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas kolaborasi antara CIMB Niaga Syariah dengan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) dan Indonesia Clearing House (ICH) terkait Transaksi Komoditas Syariah dalam rangka Pembiayaan Subrogasi Indirect Auto iB.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara menyampaikan terima kasih kepada MURI atas penghargaan yang diberikan untuk CIMB Niaga Syariah. “Kami merasa terhormat inisiatif yang kami lakukan untuk mengembangkan pasar komoditas Syariah di Indonesia mendapatkan sambutan baik, termasuk dari MURI. Kami akan terus berinovasi menghadirkan produk dan layanan berbasis Syariah untuk memberikan kemudahan kepada nasabah,” kata Pandji di Jakarta, Jumat (29/7/2022).

Seperti diketahui, langkah CIMB Niaga Syariah dalam menginisiasi transaksi komoditas murabahah di Bursa Komoditas Syariah dilakukan untuk memenuhi ketentuan mengenai produk baru Subrogasi Indirect Auto iB. Produk ini merupakan pembiayaan joint financing untuk pengalihan piutang pembiayaan murabahah kendaraan (mobil dan motor) milik Perusahaan Pembiayaan (Multifinance) kepada Bank berdasarkan prinsip Syariah.

Sesuai Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No.104/DSN/-MUI/X/2016 tentang subrogasi berdasarkan prinsip syariah, pengalihan piutang pembiayaan murabahah dilakukan melalui proses jual beli (ba’i) dengan alat bayar (tsaman) menggunakan barang (sil’ah). Adapun barang yang menjadi alat bayar adalah berupa komoditas yang pengadaannya dilakukan melalui Bursa Komoditas yang ditunjuk Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan, yaitu ICDX dan settlement transaksinya dilakukan oleh ICH.

Dengan telah hadirnya produk Subrogasi Indirect Auto iB, kini CIMB Niaga Syariah dapat membantu menyediakan kebutuhan dana bagi Multifinance yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip Syariah. Hal ini juga sekaligus menjadi salah satu upaya untuk mengakselerasi pertumbuhan aset pembiayaan di CIMB Niaga Syariah.

“Rekor MURI yang kami raih menjadi motivasi untuk terus melakukan pengembangan dan diversifikasi produk sehingga CIMB Niaga Syariah memiliki produk yang komprehensif dan senantiasa dapat menjawab kebutuhan pasar yang terus berkembang,” ujar Pandji.

Baca Juga: CIMB Niaga Syariah Kolaborasi dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 420 cabang. CIMB Niaga memiliki 11.666 karyawan (konsolidasi) per 30 Juni 2022.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 Juni 2022, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD11,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved