December
01
2022
     20:12

Cikarang Listrindo Membentuk Program Bersatu Sigap Bencana untuk Desa Labansari

Cikarang Listrindo Membentuk Program Bersatu Sigap Bencana untuk Desa Labansari
ILUSTRASI. Kasus banjir di Desa Labansari, Cikarang Timur mencapai tinggi hingga 2,5 meter & surut dalam jangka waktu seminggu. Akibatnya akses jalan ke desa terputus, sehingga warga terisolir dan upaya evakuasi maupun bantuan logistik pun sulit untuk dilakukan.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Desa Labansari merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Letak Desa labansari berada di ujung perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang. Desa Labansari terletak di antara dua sungai besar yaitu Sungai Citarum dan Cibeet. Karena letaknya tersebut, Desa Labansari merupakan desa rawan bencana khususnya banjir yang melanda setiap tahunnya.

Kasus banjir di Desa Labansari dapat mencapai tinggi hingga 2,5 meter dan surut dalam jangka waktu seminggu. Dengan kondisi banjir tersebut maka akses jalan ke desa terputus, sehingga warga terisolir dan upaya evakuasi maupun bantuan logistik pun sulit untuk dilakukan.

Dengan gambaran situasi ini, PT Cikarang Listrindo Tbk (IDX: POWR) (“Perseroan”) melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait PUSKASI (Pusat Kajian Bencana dan Pengungsi) Polteksos Bandung, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), TAGANA (Taruna Siaga Bencana), dan Swatantra Wibawa Mukti membuat Program Bersatu Sigap Bencana (BEGANA).

BEGANA merupakan penanggulangan bencana berbasis masyarakat, memperkuat kesiapsiagaan masyarakat tentang bahaya dan risiko bencana, membentuk jejaring siaga bencana, serta mengoptimalkan potensi dan sumber daya untuk penanggulangan bencana. Terkhususnya program BEGANA ini melibatkan dan memperlengkapi masyarakat usia produktif yang memiliki kepedulian kepada lingkungan sekitar dan antusias dalam penanggulangan bencana alam.

Desain program BEGANA ini memiliki 3 fokus yang diintegrasikan yakni mitigasi kebencanaan, pelestarian lingkungan dan penguatan sosial-ekonomi. Mitigasi Kebencanaan yaitu dengan membentuk Tim Kerja Masyarakat Siaga Bencana (TKMSB), Pelestarian Lingkungan dengan membentuk Bank Sampah, dan Penguatan Sosial-Ekonomi dengan membentuk Ecovilllage. Manfaat dari program BEGANA ini yaitu dapat menimalisir dampak sosial-ekonomi jika bencana terjadi di daerah tersebut dan memperkuat mitigasi bencana sehingga dapat menjadi Kawasan Siaga Bencana yang terintegrasi dengan baik.

Perseroan bermitra dengan Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa (STTDB) dalam program bersatu sigap bencana melalui salah satu upayanya dengan membuat sistem peringatan dini bencana banjir di di Desa Labansari. Sistem peringatan ini adalah sistem sensor air dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ini akan memberikan peringatan dini untuk bersiaga melalui tanda sirine dan cahaya apabila ketinggian air dari Sungai Citarum dan Cibeet mencapai ketinggian tertentu.

Kerjasama ini merupakan kegiatan yang berkesinambungan dengan program Perseroan sebelumnya yaitu pendampingan Tanggap Kebencanaan untuk memperkuat mitigasi bencana di Desa Labansari yang notabene merupakan wilayah rawan bencana banjir.

Atas program ini, Perseroan memperoleh penghargaan kategori gold dalam acara Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2022, atas kontribusi Perseroan dalam pencapaian SDGs 11 - Kota dan pemukiman yang berkelanjutan. Cikarang Listrindo berharap dapat menjadi inspirasi perusahaan-perusahaan ataupun pihakpihak institusi lain ataupun pribadi untuk tutur serta dalam mendukung realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia, karena pencapaian SDGs dapat terjadi atas kesadaran dan kontribusi dari seluruh masyarakat Indonesia, walau sekecil apapun kontribusi yang dapat dilakukan itu akan memberikan dampak positif yang besar ke depannya.

Sekilas mengenai Cikarang Listrindo

Cikarang Listrindo merupakan perusahaan listrik swasta pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2016. Perseroan juga merupakan perusahaan listrik swasta terlama di Indonesia yang mulai melayani pelanggan sejak tahun 1993 dan sekarang melayani lebih dari 2.500 pelanggan industri di lima kawasan industri di daerah Cikarang dan juga memasok listrik kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) sejak 1996. Kapasitas Pembangkitan Perseroan sebesar 1.144 MW ditambah 9,0 MWp PLTS energi terbarukan per September 2022, membuat Perseroan sebagai salah satu perusahaan listrik berkapasitas terbesar di Indonesia.

Perseroan secara konsisten terus memberikan layanan terbaik dan berkualitas kepada para pelanggan serta menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya berbagai penghargaan selama tahun 2022 seperti penghargaan “Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Sektor Emiten Kategori Green Elite” dan “Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor Emiten Kategori Platinum Plus” dari Majalah Investor dan Bumi Global Karbon dalam acara Penghargaan Emisi Korporasi 2022, “Top 50 Mid Capitalization Public Listed Company” dan “Best Disclosure and Transparency” dari Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) dalam acara The 13th IICD Corporate Governance Conference and Award, Silver atas kontribusinya dalam percepatan pembangunan desa dalam pencapaian SDGs Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan program CSR lainnya, dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Sertifikat Sistem Manajemen Pengamanan dengan peringkat Emas dari Kepolisian Republik Indonesia, Gold Champion dalam Program Corporate Social Responsibility kategori Perusahaan Publik dari Bisnis Indonesia dan Habitat for Humanity, “Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Social and Community Development” untuk sektor energi dan pertambangan dari Warta Ekonomi, "Bangkit pada Tahun Perubahan" dari Bisnis Indonesia, serta “TOP GRC Award 2022 The Committed GRC Leader 2022” dan “TOP GRC Award 2022 #4 Stars” dari Majalah Top Business, GRC Indonesia Association, Indonesia Risk Management Professional Association, Institute Compliance Professional Indonesia, dan Indonesian Governance Professional Association (PAGI).

Baca Juga: Cikarang Listrindo (POWR) Bukukan Laba Hingga September 2022 Sebesar US$ 58,52 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved