April
26
2024
     18:00

FIFGROUP Wujudkan Visi Keberlanjutan, Solar Panel ke-20 Terpasang di Cabang Cikarang

FIFGROUP Wujudkan Visi Keberlanjutan, Solar Panel ke-20 Terpasang di Cabang Cikarang
ILUSTRASI. Jajaran manajemen FIFGROUP di rooftop FIFGROUP Cabang Cikarang, lokasi instalasi solar panel sesaat setelah seremoni peresmian pada Jumat, 26 April 2024.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - FIFGROUP, anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, hari ini melanjutkan komitmennya terhadap keberlanjutan dengan meresmikan pemasangan solar panel ke-20 di Kantor FIFGROUP Cabang Cikarang. Pemasangan panel surya berkapasitas 10,8 KwP ini merupakan langkah penting dalam upaya FIFGROUP untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan transisi menuju energi ramah lingkungan.

FIFGROUP menargetkan penambahan instalasi solar panel di 12 titik cabang, dan hari ini menjadi yang ke-2 di tahun 2024, setelah sebelumnya sudah dilakukan pada awal April 2024 berlokasi di FIFGROUP Cabang Serang. Menurut rencana, implementasi project pemasangan solar panel FIFGROUP 2024 selanjutnya akan dilakukan di cabang Palu, Pontianak 1, Surabaya 1, Palangkaraya, Lampung, Sorong, Pangkal Pinang, Batam 1, Jatiuwung, dan Pondok Gede.

Kegiatan ini menyusul pemasangan instalasi solar panel di sepuluh kantor cabang pada tahun 2023, tujuh cabang sebelumnya pada 2022 dan satu cabang pada 2019. Sehingga total sampai dengan 26 April 2024, sudah 20 solar panel yang telah diresmikan oleh FIFGROUP yang tersebar di Indonesia.

Hadir dalam peresmian kali ini, Operation Director FIFGROUP, Setia Budi Tarigan beserta Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati.

Dalam sambutannya, Esther Sri Harjati menyampaikan harapannya kepada seluruh jajaran manajemen FIFGROUP Cikarang untuk berperan aktif dalam menjaga dan merawat keberadaan solar panel tersebut.

“Mari seluruh karyawan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya aksi keberlanjutan, dengan salah satu fokusnya adalah pengurangan jejak karbon.Tindakan nyata dimulai dari diri sendiri, seperti menghemat energi dan memilih sumber daya yang ramah lingkungan.,” ungkap Esther lebih lanjut.

Dukungan terhadap program keberlanjutan perusahaan
Cikarang menjadi salah satu yang terpilih untuk dilakukan instalasi solar panel karena tingkat sinar matahari yang tinggi di daerah tersebut. Kondisi intensitas irradiasi matahari Cikarang tercatat sebesar 1.702,9 KWh/m2, sesuai dengan data dari Global Horizontal Irradiation (GHI) yang memiliki intenstitas irradiasi tertinggi berada di wilayah Indonesia bagian Selatan (kisaran 1.600 KWh/m2 sampai dengan 2.000 KWh/m2).

Di 2023, FIFGROUP telah melakukan 10 instalasi solar panel yang berlokasi di Cabang Medan, Denpasar, Pekanbaru, Rungkut, Makassar, Palembang, Jayapura, Mataram, Karawang, dan Balikpapan. Pada tahun 2024 ini, perseroan berkomitmen untuk melakukan pemasangan instalasi solar panel sebanyak 12 titik lokasi kantor cabang.

“Pemasangan solar panel ini juga seirama dengan misi FIFGROUP dalam menjalankan program keberlanjutan yang sejalan dengan Environment, Social, and Governance (ESG). Oleh karenanya, di mana setiap individu dan pihak harus berperan aktif dalam upaya penanggulangan emisi GRK agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan lestari bagi generasi mendatang,” lanjut Esther.

Inisiatif Keberlanjutan FIFGROUP
FIFGROUP berharap melalui instalasi solar panel yang dilakukan secara berkesinambungan si beberapa titik yang tersebar di Indonesia , dapat menjadi inisiatif yang baik dalam memberikan dampak positif bagi keberlanjutan ekosistem lingkungan hidup di bumi dan kehidupan di generasi yang akan datang.

Esther juga menyampaikan terkait kompetisi bagi karyawan internal bertajuk FIFGROUP Sustainability Awards 2024 dengan mengajak seluruh karyawan FIFGROUP untuk berpartisipasi, baik melalui pencapaian sustainability index cabang dalam sub-program Sustainability Index Awards, maupun melalui ide misi keberlanjutan yang inovatif dalam sub-program Sustainability Innovation Ideas dengan inisiatif-inisiatif demi kebaikan perusahaan dan kontribusi kepada lingkungan, sosial dan keamanan.

Perusahaan yang berkantor pusat di selatan Jakarta itu, juga terus berkomitmen menjalankan program kampanye #CARE (Create Action, Rescue Earth) melalui perwujudan aksi nyata perseroan dengan berfokus pada peningkatan awareness karyawan untuk mencapai target keberlanjutan pada tahun 2030.

Pada kampanye tersebut, FIFGROUP membaginya menjadi 3 inisiatif, yaitu #CAREforWaste, #CAREforPeople, dan #CAREforGreenLiving. Untuk #CAREforWaste, FIFGROUP mendorong karyawannya berpartisipasi untuk bijak dalam penggunaan air, mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, hingga penggunaan botol plastik di area kantor.

Kemudian melalui #CAREfoPeople, FIFGROUP berinisiatif menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif melalui program rekrutmen untuk pegawai disabilitas dan juga program inspeksi safety riding yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dalam berkendara yang aman.

Dan untuk program #CAREforGreenLiving, FIFGROUP berinisiatif menciptakan kehidupan yang berkelanjutan melalui program yang mendorong karyawan dalam menghemat penggunaan listrik khususnya Air Conditioner (AC) sebagai salah satu penyebab penggunaan listrik berlebihan.

Program ini akan terus digencarkan oleh perusahaan, sehingga kedepannya aksi keberlanjutan tidak hanya dilakukan oleh perseroan tetapi dimulai dari hal kecil yang dapat dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan hingga masyarakat yang merasakan dampaknya.

Tentang PT Federal International Finance:
PT Federal International Finance merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang usaha pembiayaan ritel khusus sepeda motor Honda yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor, yang juga anak perusahaan PT Astra International Tbk.

Tepat 1 Mei 2013 Perseroan melakukan proses rebranding dengan meluncurkan new identity berupa logo baru berbentuk sidik jari dan penyebutan nama perseroan menjadi FIFGROUP yang merupakan grup manajemen dari FIFASTRA untuk pembiayaan sepeda motor, SPEKTRA untuk pembiayaan elektronik dan perabot rumah tangga, DANASTRA melayani pembiayaan multiguna, FINATRA layanan pembiayaan produktif, dan AMITRA merupakan Unit Usaha Syariah (UUS) FIFGROUP yang melayani pembiayaan syariah. FIFGROUP merupakan perusahaan pembiayaan sepeda motor dan elektronik terbesar di Indonesia dengan lebih dari 242 kantor cabang dan 404 Point of Service (POS), serta lebih dari 1.000 kios.

Baca Juga: FIFGROUP dan UNPAR Luncurkan Program SCORE FLS, Bukti Komitmen Kembangkan Bisnis UMKM

 

Selanjutnya: Bank Tabungan Negara (BBTN) Catat Transaksi BI Fast Melonjak pada Kuartal I-2024

Menarik Dibaca: Hingga Hari Ke-15, Film Badarawuhi di Desa Penari Capai 3,2 Juta Penonton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved