April
26
2024
     22:21

ROTI Membukukan Rp 79,8 Miliar Laba 1Q24, Tumbuh 50,1% YoY

ROTI Membukukan Rp 79,8 Miliar Laba 1Q24, Tumbuh 50,1% YoY
ILUSTRASI. Roti tawar dengan merek dagang Sari Roti produksi dari PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) dipajang di etalase sebuah toko serba ada di Bekasi, Jawa Barat. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/25/11/2020

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (kode saham: ROTI) produsen roti massal pertama dan terbesar di Indonesia dengan merek “Sari Roti” dan “Sari Kue” berhasil membukukan Rp79,8 miliar Laba 1Q24 yang dapat diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk atau mengembang sebesar 50,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kinerja cemerlang 1Q24 merupakan hasil dari upaya peningkatan produktifitas dan strategi efisiensi operasional secara menyeluruh yang tercermin pada Marjin Laba Kotor serta Marjin EBITDA yang membaik pada kisaran 54,4% dan 16,2%.

Bahkan Perseroan tetap mampu mencatatkan Penjualan Bersih Rp951,3 miliar setara pertumbuhan 1,1% YoY walaupun lebih banyak hari puasa jatuh di 1Q24 dibandingkan 1Q23. Sebagai mana diketahui tren musiman (seasonality) konsumsi produk roti cenderung menurun saat Bulan Ramadan dan baru meningkat lagi setelah Idul Fitri yang tahun ini bertepatan pada minggu kedua bulan April.

Pencapaian tersebut tidak lepas dari kontribusi dari Wilayah Barat dan Timur yang meraih Rp445,5 miliar Penjualan Bersih atau tumbuh 8,0% YoY. Penerapan strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh Perseroan melalui penambahan kapasitas pabrik dan perluasan distribusi khususnya di luar pulau Jawa telah berhasil meningkatkan kontribusi Penjualan dari Wilayah Barat dan Timur yang telah mencakup 46,8%. Sedangkan Wilayah Tengah yang bertumpu di pulau Jawa masih menjadi kontributor terbesar dengan Penjualan Bersih 1Q24 sebesar Rp505,8 miliar.

Seluruh informasi dan data kinerja lengkap tersedia dalam Laporan Keuangan 1Q24 yang dapat diunduh dari laman Perusahaan www.sariroti.com.

“Kami tetap optimis dengan potensi pertumbuhan permintaan roti dan kue ke depannya, terutama selepas liburan Idul Fitri kemarin, masyarakat telah kembali meningkatkan aktifitasnya sehingga diharapkan mampu mendorong Penjualan di 2Q24 dan ke depannya,” pungkas Ibu Arlina Sofia, Direktur Perseroan.

Sekilas tentang Perseroan:

PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (kode saham: ROTI), adalah produsen roti massal pertama dan terbesar di Indonesia dengan merek “Sari Roti”, “Sari Kue” dan “Sari Choco” saat ini mengoperasikan 14 pabrik berlokasi strategis di Indonesia. Perseroan berkomitmen untuk menerapkan standar Sistem Manajemen Keamanan Pangan dan Sistem Manajemen Mutu. Dengan mengembangkan jaringan kanal modern dan tradisional untuk mendistribusikan beragam produk yang halal, berkualitas tinggi dan terjangkau bagi seluruh Keluarga Indonesia.

Baca Juga: Kuartal I-2024, Kontribusi Pendapatan Nippon Indosari (ROTI) dari Luar Jawa Tumbuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved