August
07
2023
     15:51

Boyong UMKM Binaan, YKB Nojorono Ramaikan Festival UMKM Merdeka

Boyong UMKM Binaan, YKB Nojorono Ramaikan Festival UMKM Merdeka
ILUSTRASI. YKB Nojorono Kudus turut serta memboyong UMKM binaannyauntuk turut hadir meramaikan Festival UMKM Merdeka.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Mewujudkan harapan Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045, tak dipungkiri memerlukan intensnya hilirisasi industri yang mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Dalam mempersiapkan proses hilirisasi industri yang digadang sebagai kunci dalam mewujudkan Indonesia negara maju tahun 2024, UMKM turut serta menjadi unsur penting dalam menyokong ekonomi nasional.

Digelar secara langsung di Jakarta pada tanggal 28 Juli 2023 hingga 1 Agustus 2023. Festival yang digelar selama lima hari tersebut kerap dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), beserta jajaran Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) selaku penyelenggara acara Festival UMKM Merdeka.

Shinta Kamdani selaku Ketua Umum DPN Apindo, menyampaikan, terselenggaranya Festival UMKM Merdeka memang sejalan dengan salah satu dari empat program prioritas Apindo dalam lima tahun ke depan, yakni pemberdayaan UMKM yang menyerap 97% tenaga kerja Indonesia. "UMKM adalah salah satu dari pilar perekonomian Indonesia, yang tidak saja menyumbangkan 61,9% dari total PDB, tetapi juga menyerap 96,9% dari tenaga kerja nasional pada tahun 2022,” jelas Shinta.

T. Sugiyanto selaku CSR Department Head PT Nojorono Tobacco International menuturkan, Festival UMKM Merdeka sejalan dengan itikad Nojorono Kudus dalam mendukung hilirisasi industri menjadi kunci untuk memajukan Indonesia ke arah yang lebih baik.

“YKB Nojorono Kudus turut serta memboyong UMKM binaannya untuk turut hadir meramaikan Festival UMKM Merdeka. Kegiatan hari ini merupakan salah satu bentuk pengaplikasian salah satu visi yang ada di PT Nojorono, yaitu memiliki tanggung jawab sosial dan kesadaran pada ekonomi kreatif,” jelasnya.

Ia juga berharap Festival UMKM Merdeka senantiasa menjadi wahana kolaborasi dan inspirasi bagi UMKM binaan YKB Nojorono, seperti UMKM Parijoto dan UMKM Kelor untuk terus berkembang dan berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045.

“Dukungan dari seluruh lapisan masyarakat diharapkan dalam mencapai tujuan bersama ini. Kami juga berharap, dengan adanya festival ini, hubungan yang terjalin antara pelaku UMKM binaan dengan mitra industri yang mampu membantu mereka dalamm meningkatkan kualitas produk dan mengembangkan ekspansi bisnis,” tutup T. Sugiyanto.

PT NOJORONO TOBACCO INTERNATIONAL

Merupakan salah satu perusahaan pelopor rokok kretek di Indonesia yang diinisiasi oleh Bapak Tjoa Kang Hay yang menunjuk kedua menantunya yakni Bapak Ko Djee Siong dan Bapak Tan Djing Thay. Seiring dengan perkembangan bisnis yang maju, kemudian perusahaan dikukuhkan pada 14 Oktober 1932 dan berpusat di Kota Kudus, Jawa Tengah. Saat ini, PT Nojorono Tobacco International termasuk dalam kategori industri sigaret lima besar di Indonesia.

PT Nojorono Tobacco International dikenal sebagai pemilik merek dagang Minak Djinggo yang diluncurkan tahun 1932. Minak Djinggo merupakan pelopor inovasi sigaret kretek tangan (SKT). Minak Djinggo bertahan di industri SKT hingga saat ini, cukup dikenal di kalangan petani dan nelayan.

Terobosan berikut dari perusahaan adalah diluncurkannya Clas Mild, produk LTLN (Low Tar Low Nicotine) di tahun 2003. Dalam kurun waktu dua setengah tahun, Clas Mild mengukuhkan diri sebagai produk kretek filter rendah tar dan nikotin (Low Tar Low Nicotine – LTLN) yang disukai konsumen hingga berhasil menjadi produk kretek filter terbaik di Indonesia.

“Kita BERSATU untuk BERDOA dan BERKARYA”

Berkiprah selama hampir sembilan dekade, PT Nojorono Tobacco International memiliki warisan prinsip leluhur “Bersatu, Berdoa dan Berkarya” yang ditanamkan oleh pendiri dan diterapkan turun temurun oleh seluruh elemen perusahaan. Bersatu diartikan sebagai kebersamaan yang merupakan satu tekad dan keyakinan sebagai tumpuan dan dasar yang kokoh untuk melandasi kekuatan perusahaan.

Berdoa untuk menghadirkan kekuatan yang besar dari sang pencipta untuk senantiasa mendampingi, melindungi dan meridhoi setiap langkah yang ditempuh Nojorono. Berkarya melalui semangat berkarya yang tercipta dari kesungguhan hati akan terwujud hasil yang baik, bernilai dan berdaya guna bagi seluruh elemen di dalam Nojorono.

Berbekal warisan prinsip leluhur, Nojorono membekali core values bagi seluruh jajaran pemangku kepentingan dalam bekerja. Terdapat lima nilai utama F.A.I.T.H yang kesemuanya diadaptasi dari karakter Krishna muda. Fraternity, semangat kekeluargaan dalam menjaga keharmonisan dalam persaudaraan untuk saling bersinergi.

Accountability, bertanggung jawab melayani sepenuh hati dan integritas. Innovation, mendorong adanya inovasi dan kreativitas dengan semangat peningkatan dan penyertaan tiada henti. Trustworthy, dipercaya, saling hormat, sopan dan mempunyai motivasi yang tinggi. High Performance, terus mengejar kinerja yang tinggi demi terciptanya pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan.

Baca Juga: Nojorono Kudus Raih Penghargaan di Ajang Sustainable Marketing Excellence 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved