March
27
2022
     12:59

BNI Dorong Rehabilitasi Hutan Pesisir Pantai Anyer dan Hulu DAS Citarum

BNI Dorong Rehabilitasi Hutan Pesisir Pantai Anyer dan Hulu DAS Citarum
ILUSTRASI. Kantor cabang BNI

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) mendorong program kepedulian lingkungan guna memulihkan kondisi alam.

Salah satunya, bekerja sama dengan Yayasan Kita Jaga Alam (KJA) untuk program rehabilitasi lingkungan di kawasan pesisir Pantai Anyer, Banten dan hulu Sungai DAS Citarum, Jawa Barat melalui -program pengembangan kebun bibit dengan penanaman dan perawatan pohon.  

Adapun kerja sama ini menggunakan skema tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berupa pembibitan 100.000 pohon di area Pantai Anyer, pembibitan 200.000 pohon di area hulu DAS Sungai Citarum.

Kemudian pembiayaan kegiatan penanaman dan pemeliharaan pohon. Deputi dan Direktur Pencegahan Bencana BNPB Jarwansyah, Ketua Dewan Pembina Yayasan Kita Jaga Alam Doni Monardo dan Corporate Secretary BNI Mucharom juga turut hadir di Pantai Anyer ini, Minggu (27/3).  

Doni menilai, pembibitan pohon di tepi pantai sebagai program kemanusiaan karena secara tidak langsung telah menekan dampak terburuk akibat bencana alam bagi generasi yang akan datang.

Baca Juga: BNI Bangun Ekosistem Keuangan di Universitas Udayana

"Kami harap program BNI Go Green dapat terus berlangsung guna terus memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar," kata Doni, dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Minggu (27/3).

Pada kesempatan yang sama, Mucharom menuturkan bahwa kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam terkadang sangat besar sehingga menimbulkan dampak kepada sektor ekonomi dan perubahan alam itu sendiri.   

Oleh karena itu, sebagai agen pembangunan pemerintah yang ditugaskan untuk konstruksi ekonomi berkelanjutan, BNI terus berupaya memperluas kemitraan sekaligus mendorong program-program kepedulian sosial yang berbasis lingkungan.  

"Kami berharap program hari ini dapat bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi korporasi lain untuk tak hanya fokus pada eksploitasi tetapi juga pada penjagaan serta kelestarian lingkungan," katanya.

Adapun program ini berjalan sejak Maret sampai dengan Desember 2022. Bentuk implementasi program ini berupa edukasi mengenai rehabilitasi hutan, pembibitan dan mitigasi bencana bagi para pegawai dan masyarakat.

Baca Juga: BNI Tebar Promo Kartu Kredit Selama Ramadan dan Lebaran

Ada pula program employee volunteer untuk penanaman pohon oleh pegawai BNI bersama KJA. Serta program partisipasi nasabah baru yang melakukan aktivasi mobile banking atau buka rekening.

"Mereka dapat ikut berpartisipasi mendapatkan satu pohon untuk penghijauan atau rehabilitasi lahan serta dukungan BNI atas komitmen global pada program G20,” terangnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved