May
31
2023
     21:17

Blibli Cinta Bumi Ajak Pengunjung Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023

 Blibli Cinta Bumi Ajak Pengunjung Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023
ILUSTRASI. Salah satu dari delapan keranjang sampah yang dihadirkan oleh kampanye Blibli Cinta Bumi selama penyelenggaraan Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 di JIExpo Kemayoran, 2-4 Juni 2023.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Perhelatan tahunan bergengsi, Jakarta International BNI Java Jazz Festival (JJF) 2023, kembali meramaikan kalender pertunjukan ibu kota dengan deretan musisi lokal dan internasional terbaik pada 2-4 Juni 2023 di JIExpo Kemayoran. Mendukung suksesnya pagelaran tersebut, PT Global Digital Niaga Tbk (‘Blibli’; ‘Perseroan’; kode saham BEI: ‘BELI’) kembali menjadi official E-commerce partner untuk ticketing dan official merchandise di tahun kedua keterlibatannya dalam festival jazz terbesar tersebut. Tak hanya soal menyediakan kebutuhan akan hiburan dan gaya hidup, Blibli juga mengikutinya dengan inisiatif yang berdampak positif pada lingkungan dan masyarakat lewati Blibli Cinta Bumi.

Bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2023, Blibli juga mengajak para pengunjung untuk mendukung ekonomi sirkular melalui gerakan Blibli Cinta Bumi, sebuah inisiatif berkelanjutan perseroan dengan mengumpulkan dan mengelola sampah kertas dan plastik selama acara berlangsung.

Blibli Cinta Bumi di Java Jazz 2023

Per akhir kuartal I tahun 2023, kampanye Blibli Cinta Bumi berhasil mengumpulkan lebih dari 45.000 sampah kemasan dari para pelanggan dan telah dikonversikan menjadi  4.500 bibit pohon yang ditanam di berbagai lahan kritis di Indonesia sebagai bagian dari corporate social responsibility (CSR) perseroan. Melanjutkan komitmen tersebut di penyelenggaraan Java Jazz Festival 2023, Blibli akan menempatkan 8 (delapan) titik tempat pembuangan sampah Blibli Cinta Bumi di JIExpo Kemayoran, yang bertujuan untuk mengumpulkan sampah dari berbagai acara publik yang ada keterlibatan Blibli. Selanjutnya sampah yang terkumpul akan dipilah dan didaur naik menjadi barang dengan kemanfaatan baru yang bisa ditemukan di Eco Hub Blibli Cinta Bumi.

Kegiatan ini bukan kali pertama, pada Java Jazz Festival tahun 2022 lalu kampanye Blibli Cinta Bumi bersama Greeners berhasil mengumpulkan lebih sekitar 6,3 ton sampah selama penyelenggaraan JJF 2022. Di mana sebanyak 200 kilogram sampah, meliputi botol plastik dan kardus didaur naik menjadi barang-barang fesyen oleh UMKM lokal yang mempekerjakan komunitas perempuan termarjinalkan. Bahkan inisiatif ekonomi sirkular ini, tak hanya membawa dampak positif pada lingkungan tapi juga membawa dampak ekonomi berupa peningkatan pendapatan hingga 5x pada komunitas perempuan termarjinalkan yang terlibat.

Pada tahun ini, Blibli menunjukkan semangat hijau tersebut dengan memajang produk daur naik di booth Blibli yang dapat dijumpai di area tenants. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat dan memiliki produk artisan ramah lingkungan hasil karya UMKM dan merek global pada laman khusus Eco Hub Blibli Cinta Bumi.

Untuk menambah kemeriahan dan mengundang partisipasi pengunjung, Blibli bersama Greeners, mitra dalam mengumpulkan dan memilah sampah selama Java Jazz Festival, turut menghadirkan kompetisi sosial media yang seru untuk menyuarakan pentingnya kebersihan lingkungan JJF 2023. Mau tahu caranya? Unggah foto ke Instagram saat memilah sampah di tempat sampah Blibli Cinta Bumi, gunakan tagar #LessWasteMoreJazz #BNIJavaJazz2023 #AksiCintaBumi

Tentang Blibli Cinta Bumi

Pengunjung berfoto saat membuang sampah pada waste bin Blibli Cinta Bumi

Pengunjung mention akun (Sesuai referensi di slide berikutnya)
@Bliblidotcom
@Greeners.co
Pengunjung menggunakan tagar (Sesuai referensi di slide berikutnya)
Pemenang akan diumumkan pada H+1 (3 orang per hari) di instagram Blibli
Dan menangkan hadiah total 9 pemenang dengan hadiah voucher belanja senilai Rp. 500,000 untuk 9 orang pemenang selama 3 hari di JJF untuk  berbelanja di Blibli.com

Blibli Cinta Bumi merupakan bentuk komitmen ESG Blibli dalam mewujudkan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan. Komitmen tersebut merupakan bagian dari kebijakan hijau yang dilaksanakan di lingkup internal dan eksternal perseroan, guna memperluas kepedulian terhadap isu-isu berkelanjutan yang berkaitan dengan pelestarian alam.

Beberapa aksi hijau yang telah dilakukan Blibli sejauh ini meliputi konversi 10 kardus bekas belanja online setara dengan satu bibit pohon untuk berbagai transaksi di ekosistem omnichannel Blibli yang inklusif, penanaman 3.000 bibit mangrove di kawasan pesisir Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah yang dilakukan berkolaborasi dengan Djarum Foundation Bakti Lingkungan, serta pengolahan sekitar 2,6 ton sampah plastik agar tidak berakhir menumpuk di landfill yang berhasil dikumpulkan bersama mitra usaha dari berbagai acara publik (konser, eksibisi, dan lain-lain) dan 2000+ Kg sampah plastik yang berhasil kami upcycled menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat seperti t-shirt, laptop sleeve dan pouch yang turut kami pasarkan untuk para pelanggan pada laman khusus Eco Hub Blibli Cinta Bumi.

Upaya nyata Blibli dalam melestarikan lingkungan pun telah mendapatkan berbagai apresiasi dan penghargaan bergengsi. Beberapa yang terbaru adalah MIX Marcomm & Corcomm Dream Team 2023 untuk penilaian tim yang solid pada penyelenggaraan program Langkah Membumi, serta PR Indonesia Awards 2023 untuk kategori CSR.

Tentang PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli)

Didirikan tahun 2010, PT Global Digital Niaga Tbk (“Blibli” atau “Perseroan”; BEI: “BELI”) merupakan pelopor ekosistem perdagangan dan gaya hidup omnichannel terdepan di Indonesia yang fokus melayani konsumen ritel dan institusi lewat konektivitas digital. Blibli mengintegrasikan pengalaman online dan offline melalui layanan e-commerce dan toko fisik untuk beberapa mitra merek terkemuka. Selain itu, Blibli juga berkolaborasi dengan lebih dari 27.000 toko yang melayani fitur Blibli InStore dan Click & Collect, serta didukung oleh infrastruktur rantai pasok, termasuk jaringan pergudangan dan logistik yang dikembangkan secara nasional dan meningkatkan layanan pengiriman langsung lewat layanan BES Paket, dan berbagai mitra logistik pihak ketiga.

Pada tahun 2017, Blibli mengakuisisi tiket.com untuk memperluas layanan hingga perjalanan, akomodasi, dan pengalaman gaya hidup. Pada tahun 2021, ekosistem omnichannel Blibli semakin lengkap dengan penambahan produk segar dan kebutuhan sehari-hari bagi pelanggannya melalui akuisisi PT Supra Boga Lestari Tbk (BEI: RANC) – perusahan pengelola sejumlah supermarket seperti Ranch Market dan Farmers Market. Pada tahun 2022, Blibli menempati peringkat pertama kategori consumer electronics dan makanan segar (fresh products) B2C omnichannel menurut Frost & Sullivan, serta memiliki layanan pelanggan 24/7.  Blibli merupakan salah satu emiten di Bursa Efek Indonesia. Saham Blibli diperdagangkan dengan kode saham "BELI"

Blibli memiliki unified omnichannel ecosystem yang disebut sebagai Blibli Tiket terdiri dari entitas anak, tiket.com dan Ranch Market, untuk menegaskan sinergi ekosistem yang memberikan kemudahan serta nilai tambah bagi pelanggan, dengan menyediakan layanan lebih lengkap, bermanfaat juga terintegrasi di setiap channel dan platform.

Baca Juga: Belanja Harian di Bliblimart, Dihitung-hitung Pasti Untung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved