May
24
2022
     20:24

Berperan Aktif Dukung Kemajuan UMKM, Blibli Raih Penghargaan ICSB Presidential Award

Berperan Aktif Dukung Kemajuan UMKM, Blibli Raih Penghargaan ICSB Presidential Award
ILUSTRASI. Blibli menerima penghargaan ICSB Presidential Award 2022 dari Indonesia Council for Small Business (ICSB) sebagai apresiasi atas kinerja Blibli dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan UMKM di Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Blibli menerima penghargaan ICSB Presidential Award 2022 dari Indonesia Council for Small Business (ICSB) sebagai apresiasi atas kinerja Blibli dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. Penghargaan tersebut diterima untuk ketigakalinya oleh Blibli dan diserahkan oleh Hermawan Kartajaya selaku Chairman ICSB, pada Jumat, 20 Mei 2022, di acara Jakarta Marketing Week 2022–wadah kolaborasi dan jejaring bagi para marketing enthusiast, pemilik merek, hingga pemerintah yang diselenggarakan oleh MarkPlus, Inc.

“Blibli mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh ICSB. Seiring dengan komitmen Blibli dalam mendorong kemajuan UMKM di Indonesia melalui optimalisasi channel online dan offline secara terintegrasi, ini jadi momentum bagi segenap tim Blibli untuk terus memotivasi diri dalam mengembangkan solusi komprehensif bagi para pelaku UMKM untuk membantu mereka menumbuhkan usaha secara berkelanjutan, termasuk dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa post normal,” ujar Andreas Ardian Pramaditya, VP Galeri Indonesia Blibli.

ICSB merupakan organisasi non profit yang aktif melakukan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM dan merupakan bagian dari Asia Council for Small Business (ACSB) yang beraktivitas di 12 negara. ICSB memiliki pengurus di berbagai wilayah di Indonesia dengan latar belakang yang beragam, mulai dari pemerintah, riset, akademisi, hingga praktisi bisnis, di mana organisasi ini telah mendapat dukungan langsung dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

ICSB Presidential Award adalah satu dari sekian banyak penghargaan yang diterima Blibli atas konsistensi Blibli dalam memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan sektor UMKM. Upaya Blibli dalam mendukung pengembangan UMKM pun dilakukan secara komprehensif agar manfaatnya bisa dirasakan secara luas dan berkelanjutan, termasuk dalam melakukan pendampingan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbisnis para pelaku UMKM.

Konsisten beri kontribusi nyata untuk mendukung kemajuan UMKM secara berkelanjutan

Salah satu upaya terbaru dari Blibli ditunjukkan dengan Blibli Masterclass Festival 2022. Festival edukasi ini hadir membagikan berbagai strategi jitu dari para narasumber ternama dan kompeten di bidangnya untuk para pelaku UMKM bisa meningkatkan bisnis secara online.

Diselenggarakan pada 18–19 Mei 2022, Blibli Master Class Festival 2022 dihadiri oleh lebih dari 2.500 peserta yang terdiri dari mitra seller Blibli–dari UMKM sampai perusahaan–serta pelaku usaha secara umum. Blibli juga telah melakukan pendampingan UMKM dari waktu ke waktu melalui program seperti The Big Start, Blibli Seller Coach, Free Webinar, hingga Kakak Asuh UMKM.

“Blibli melihat, tidak sedikit dari pelaku bisnis dan pemilik merek yang masih memiliki keterbatasan informasi dan keterampilan dalam mengembangkan bisnis secara online. Maka dari itu, Blibli hadir menjawab tantangan tersebut melalui Blibli Masterclass Festival 2022 yang menghadirkan topik-topik terkini yang dibutuhkan seputar bisnis online sekaligus mengajak para pelaku UMKM untuk bersama-sama mengembangkan usahanya melalui platform Blibli.

Kami harap, inisiatif ini dapat membantu sektor UMKM untuk makin berdaya dalam menjawab kebutuhan masyarakat sekaligus menumbuhkan perekonomian negara, termasuk dari ekonomi digital,” ujar Shirley Handoko, Vice President of Seller Activation & Engagement Blibli.

Di samping itu, Blibli juga konsisten bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menjalankan inisiatif kolaboratif yang mampu memberdayakan lebih banyak UMKM. Hal tersebut salah satunya dilakukan dengan bersinergi bersama BCA dalam kegiatan Desa Binaan Bakti BCA Goes Digital.

Di sini, BCA bersama Blibli melakukan pengembangan dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM dari 12 desa binaan. Kolaborasi lainnya yang telah dilakukan Blibli di antaranya kerja sama dengan Kemenkop UKM RI dalam menjalankan KUKM Hub, sinergi bersama berbagai pemda untuk menjalankan festival belanja khusus untuk UMKM, hingga kolaborasi bersama startup Mapan dalam menjalankan program MAJU Produk Indonesia.

Selain konsisten melakukan pendampingan dan menjalankan upaya kolaboratif, Blibli juga terus mengembangkan fitur, layanan, dan solusi inovatif untuk menumbuhkan UMKM. Saat ini, Blibli memiliki fitur dan layanan seperti Digital Voucher, Digital Ads, Flash Sale, hingga Broadcast Chat yang dapat dimaksimalkan UMKM untuk menumbuhkan usahanya.

Selain itu, Blibli juga memudahkan UMKM dalam memenuhi pesanan melalui Fulfillment by Blibli, mendorong transformasi digital UMKM dan memudahkan pelanggan dalam memperoleh produk terlengkap baik secara online maupun offline lewat kolaborasi dengan Galeri Indonesia, serta menyelenggarakan berbagai festival belanja khusus untuk mitra UMKM dalam memasarkan produknya.

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Blibli dan rasakan pengalaman belanja tanpa ribet dengan aman dan nyaman dengan mengunjungi situs web Blibli atau unduh aplikasi Blibli sekarang yang tersedia secara gratis di App Store, Google Play, dan Huawei AppGallery.

Tentang Blibli  

Didirikan pada tahun 2011, Blibli, dimiliki dan dioperasikan oleh PT Global Digital Niaga (“GDN”), platform omnichannel commerce dan gaya hidup Indonesia terpercaya yang berfokus pada menghadirkan pengalaman omnichannel yang mudah dan terintegrasi. Dengan pengembangan teknologi yang solid, infrastruktur yang kuat, dan layanan pelanggan yang memenangkan penghargaan, Blibli terkenal dengan jaminan kepuasan pelanggan dan mencatat skor NPS tertinggi di industri  e-Commerce. Bisnis Blibli dimulai dengan B2C dan berkembang menjadi B2B, B2B2C, dan B2G, menawarkan berbagai produk dalam 20 kategori, dari bahan pangan, elektronik konsumen, rumah & tempat tinggal, utilitas hingga perjalanan dan gaya hidup. Blibli memperkuat kategori barang konsumsi dan gaya hidup dengan akuisisi Ranch Market oleh GDN masing-masing pada tahun 2021 dan Tiket.com pada tahun 2017.

Untuk memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan, Blibli telah membangun infrastruktur yang solid berupa pergudangan dan logistik. Saat ini Blibli memiliki 15 gudang dan 30 hub yang berlokasi di kota-kota besar di Indonesia dan didukung oleh armada pengiriman sendiri, BES, dan juga bekerja sama dengan 21 mitra logistik.

Blibli didukung oleh lebih dari 100.000 mitra bisnis merchant, dan menerima beragam metode pembayaran dari 22 mitra Bank, kartu kredit, fintech, dan menawarkan solusi Blibli PayLater yang diluncurkan melalui perusahaan asosiasinya, Cermati Fintech Group. Blibli juga merupakan satu-satunya platform e-Commerce yang terintegrasi dengan platform embedded banking-as-a-service (BaaS), Blu, yang disediakan oleh PT Bank Digital BCA, anak perusahaan PT Bank Central Asia Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved