July
25
2024
     20:23

BCA Usung Gerakan InsanBCABerkebaya2024 di Hari Kebaya Nasional, Lestarikan Wastra

BCA Usung Gerakan InsanBCABerkebaya2024 di Hari Kebaya Nasional, Lestarikan Wastra
ILUSTRASI. Memperingati Hari Kebaya Nasional, Insan BCA mengenakan kebaya dan wastra nusantara saat melayani nasabah. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menginisiasi gerakan #InsanBCABerkebaya2024 dalam rangka memperingati Hari Kebaya Nasional yang jatuh setiap tanggal 24 Juli. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen perseroan dalam melestarikan warisan Wastra Indonesia.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menginisiasi gerakan #InsanBCABerkebaya2024 dalam rangka memperingati Hari Kebaya Nasional yang jatuh setiap tanggal 24 Juli. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen perseroan dalam melestarikan warisan Wastra Indonesia. Melalui gerakan #InsanBCABerkebaya2024, BCA mengajak segenap insan BCA wanita untuk mengenakan kebaya dan wastra Nusantara untuk insan BCA pria. Dari mulai jajaran manajemen hingga karyawan BCA di penjuru Indonesia tercatat berpartisipasi dalam gerakan ini.

EVP Corporate Communication dan Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, “BCA melihat kebaya sebagai salah satu ‘busana’ nasional yang merupakan bagian dari identitas dan budaya bangsa Indonesia. Kebaya juga memiliki peran penting dalam sejarah perjalanan perjuangan perempuan Indonesia.

Oleh karena itu BCA tergerak untuk menjadi bagian dalam upaya mengenalkan dan melestarikan kebaya. Salah satunya melalui inisiatif sederhana dengan mengajak seluruh insan BCA mengenakan kebaya pada Hari Kebaya Nasional 2024 ini.”

Selain inisiatif #InsanBCABerkebaya2024, BCA telah melakukan berbagai inisiatif dalam upaya melestarikan budaya wastra Nusantara. Sejak 2022, melalui program Bakti BCA, perseroan bersama Perkumpulan Warna Alam Indonesia (WARLAMI) melaksanakan pembinaan pewarnaan alam kepada kelompok penenun dan pegiat wastra di Timor Tengah Selatan, Baduy, dan Sumba Timur. Dengan pembinaan ini, diharapkan komunitas tersebut dapat menghasilkan karya wastra ramah lingkungan dan bernilai jual tinggi. Pada semester I 2024, BCA telah melaksanakan pembinaan pewarnaan alam wastra dengan total peserta sebanyak 65 orang.

Bakti BCA juga telah menggelar Drama Wayang Hanoman: Ada Apa dengan Shinta yang ditonton lebih dari 1.000 orang dan melibatkan lebih dari 100 pemuda serta pelajar. Selain itu, BCA telah menyelenggarakan pameran komik strip hasil karya 10 komikus muda yang mendapatkan pembinaan dari Komikus Marvel serta DC Comics. Kemudian, BCA telah memecahkan rekor MURI sebagai Perusahaan dengan Kegiatan Pelestarian Wayang Terbanyak.

Bakti BCA juga senantiasa berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam memberikan berbagai kontribusi untuk individu, komunitas, dan masyarakat. BCA telah lama turut mendukung perhelatan berbagai kegiatan seni, musik, dan kebudayaan di Indonesia seperti Teater Koma, Pagelaran Sabang Merauke, Festival Bedhayan, Festival Bandung Philharmonic, Konser Jejak Candra Darusman (2023), Festival Dalang Bocah, Jazz Gunung, hingga Pertunjukan Sudamala.

“Melalui kegiatan #InsanBCABerkebaya2024, kami berharap dapat menginspirasi karyawan dan masyarakat luas untuk terus menghargai serta melestarikan kebaya, sebagai salah satu busana tradisional dan salah satu warisan budaya nusantara. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen BCA sebagai perbankan nasional dalam menjaga keberlangsungan warisan budaya nasional, sebagai bagian dari identitas diri bangsa Indonesia,” tutup Hera.

Baca Juga: Bank BCA (BBCA) Raup Laba Bersih Rp 26,9 Triliun di Semester I 2024, Tumbuh 11,1%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved