November
22
2022
     22:16

Antisipasi Lonjakan Permintaan Mobil Bekas, ASLC Lanjutkan Ekspansi

Antisipasi Lonjakan Permintaan Mobil Bekas, ASLC Lanjutkan Ekspansi
ILUSTRASI. PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) perusahaan yang bergerak di bidang lelang dan jual beli kendaraan bekas terus melakukan ekspansi bisnis, salah satunya dengan membuka cabang titik layanan dealer mobil bekas Caroline baru di Medan.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Emiten yang bergerak di bidang usaha lelang dan perdagangan eceran mobil bekas, PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) terus melakukan ekspansi bisnis, salah satunya dengan membuka cabang titik layanan O2O (online to offline) diler mobil bekas Caroline baru di Medan pada akhir Oktober. Langkah melanjutkan ekspansi tersebut merupakan antisipasi Perseroan terhadap lonjakan permintaan mobil bekas, seiring berakhirnya program Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada September tahun ini.

“Kami optimis permintaan mobil bekas akan terus bertumbuh, selain antisipasi kenaikan terkait berakhirnya program insentif PPnBM, kita juga melihat peluang bisnis mobil bekas di tengah ketidakpastian ekonomi tahun depan. Kemungkinan kenaikan harga mobil baru di tengah situasi kenaikan nilai tukar dolar terhadap rupiah, akan membuat mobil bekas menjadi pilihan konsumen karena harganya yang lebih murah.

Sejauh ini, kami telah melewati target kepemilikan jumlah titik layanan Caroline untuk tahun ini, yang merupakan bagian dari antisipasi terhadap pertumbuhan permintaan yang akan datang” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra.

Dengan pembukaan titik layanan atau touch points baru di Medan tersebut, ASLC telah memiliki total 22 touch points, melebihi target Perseroan untuk memiliki 20 touch points pada akhir tahun 2022. Lebih jauh, sebagai bagian dari upaya ekpansi untuk mengenjot penjualan, khusus pada bulan November ini Perseroan memberikan diskon sampai dengan Rp 10 juta serta bebas cicilan 1x atau potongan TDP (uang muka) sampai dengan Rp 2 juta untuk pembelian mobil bekas melalui Caroline

Pada Januari-September 2022, ASLC mencatatkan penjualan Rp308,21 miliar, melejit 128% YoY, berkat ekspansi gencar yang dilakukan. Khusus pada kuartal III saja, ASLC membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 65% QoQ menjadi Rp 148,70 miliar.

Peningkatan penjualan tersebut berhasil diraih seiring dengan ekspansi usaha baru perseroan, yaitu dengan membuka 16 titik layanan O2O dealer mobil bekas dengan merek Caroline pada semester pertama tahun ini. Kemudian pada tanggal 22 Agustus, Caroline membuka lagi lima titik layanan. Pada bulan Oktober lalu, Perseroan telah membuka satu titik layanan baru di Medan.

Dengan ekspansi agresif yang dilakukan Perseroan, volume unit penjualan diler mobil bekas juga meningkat secara signifikan menjadi 1.739 unit per Oktober tahun ini, dengan rata-rata penjualan per bulan di atas 300 unit.

Sekilas mengenai PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (“ASLC”)

PT Autopedia Sukses Lestari (“ASLC”) yang merupakan bagian dari Grup PT Adi Sarana Armada Tbk (“ASSA”) bergerak di usaha jual beli kendaraan bekas dan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak awal 2022. Dengan visi menjadi omnichannel automotive marketplace yang paling terpercaya, Autopedia menjalankan bisnis jual beli kendaraan bekas baik untuk B2B, C2C, dan B2C dimana saat ini ASLC merupakan ekosistem marketplace terbesar di Indonesia untuk jual beli kendaraan bekas.

Dalam ekosistem bisnisnya, Autopedia memiliki dua bisnis utama, yaitu balai lelang bernama JBA BidWin yang mampu melakukan lelang offline dan juga online (hybrid). JBA BidWin dengan 37 kantor cabang di seluruh Indonesia merupakan balai lelang terbesar di Indonesia. Selain itu, ASLC juga memiliki bisnis diler mobil online-to-offline (O2O) dengan brand Caroline.id yang saat ini memiliki 21 titik layanan (data sejak Q3 2022) dan akan terus tumbuh di tengah tingginya potensi bisnis jual beli kendaraan bekas di Indonesia.

Baca Juga: Autopedia Sukses Lestari (ASLC) Terus Menambah Dealer Mobil Bekas Caroline

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved