March
28
2024
     18:08

Amar Bank Gandeng eFishery Jalin Kerjasama Strategis

Amar Bank Gandeng eFishery Jalin Kerjasama Strategis
ILUSTRASI. Ki-Ka: Benyamin Tampubolon, Digital Banking Service Function Head bersama Dhianendra Laksmana, CFO eFishery saat acara penandatangan kerja sama strategis Amar Bank dengan eFishery, Rabu (27/3), di Bandung.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Bank Amar Indonesia Tbk (“Amar Bank”, BEI: AMAR), bank digital yang melayani segmen ritel dan UMKM, menjalin kerjasama strategis dengan eFishery, perusahaan teknologi akuakultur asal Indonesia, dalam menyediakan penyaluran kredit berupa close-loop financing (pembiayaan ekosistem) kepada para pelaku UMKM akuakultur atau perikanan budidaya. Kerja sama ini nantinya memungkinkan Amar Bank dan eFishery melakukan pendanaan bersama hingga Rp100 miliar kepada para pembudidaya ikan di Indonesia.

“Kami sangat senang dapat menjalin kerjasama dengan eFishery, dan bersama-bersama dapat mendorong pertumbuhan UMKM akuakultur di Indonesia. Sebagai pionir bank digital di Indonesia, Amar Bank senantiasa berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak lagi UMKM yang dapat manfaat perbankan digital, dan eFishery sebagai mitra yang tepat untuk membantu kami mewujudkan komitmen tersebut.” ujar Benyamin Tampubolon, Digital Banking Service Function Head, di acara penandatangan Perjanjian Kerja Sama Amar Bank x eFishery, hari ini (27/3) di Bandung.

Lebih lanjut Benyamin menambahkan, “Kami berfokus pada inklusi keuangan, khususnya untuk UMKM, melalui layanan keuangan yang solutif dan reliable. Amar Bank ingin hadir sebagai solusi kebutuhan finansial dengan kecepatan dan fleksibilitas sehingga mampu mendorong pertumbuhan bisnis badan usaha, termasuk UMKM.”

Kerja sama dengan eFishery ini juga merupakan salah satu strategi berkelanjutan Amar Bank dalam menjangkau partner bisnis yang bisa menjembatani penyaluran pendanaan hingga mampu diakses dan  lebih banyak lagi pelaku UMKM.

Kerja sama sinergis Amar Bank dan eFishery ini nantinya akan menyasar pada pembudidaya ikan yang tergabung dalam program Kasih, Bayar Nanti (Kabayan) yang dikelola oleh eFishery. Program yang hadir pada Januari 2020 ini bertujuan untuk menjembatani para pembudidaya ikan dengan akses finansial yang dapat mendukung perkembangan bisnisnya.

Selain itu, Amar Bank dan eFishery juga berkomitmen dalam menyediakan layanan perbankan digital bagi pembudidaya ikan. Melalui produk Embedded Banking and Finance, Amar Bank mendukung usaha pembudidaya ikan mitra eFishery melalui pelekatan layanan perbankan digital ke dalam platform eFishery.

Pada kesempatan yang sama, Dhianendra Laksmana, CFO eFishery, mengatakan, “Kami sangat menyambut baik terjalinnya kolaborasi antara eFishery dengan Amar Bank dalam program Kabayan.

Hal ini tentunya akan menjadi sebuah langkah yang signifikan untuk mendorong pertumbuhan industri akuakultur di Indonesia, khususnya bagi para pembudidaya ikan agar mereka dapat lebih mudah mendapatkan akses finansial untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan layanan perbankan digital. Harapannya, kolaborasi antara kedua belah pihak dapat menciptakan dampak positif bagi pertumbuhan dan kemajuan industri akuakultur di Indonesia, serta memberikan solusi yang handal bagi para pelaku UMKM.”

Saat ini, melalui produk digital Tunaiku, Amar Bank telah melayani hampir 400,000 UMKM dan menyalurkan lebih dari 1 juta pinjaman dengan total lebih dari Rp10 triliun. Tunaiku menjadi pendukung bagi pertumbuhan dan perkembangan bisnis mikro di Indonesia. Memanfaatkan teknologi big data, Tunaiku memberikan akses pinjaman produktif bagi UMKM.

Tentang Amar Bank

PT Bank Amar Indonesia Tbk. atau Amar Bank adalah bank digital Indonesia. Didirikan pada tahun 1991, diluncurkan kembali menjadi Amar Bank pada tahun 2015, sejak itu bank telah mengalami transformasi digital yang signifikan untuk menjadi salah satu pelopor lembaga fintech melalui platform pinjaman digital Tunaiku, yang telah memenangkan berbagai penghargaan.

Diluncurkan pada tahun 2014, Tunaiku adalah platform pinjaman digital berbasis aplikasi pertama di Indonesia yang memanfaatkan big data dan analitik prediktif untuk melayani populasi yang tidak memiliki rekening bank dan kurang terlayani di Indonesia, dan terus menjadi produk unggulan Amar Bank. Tunaiku memberikan pinjaman pribadi kepada individu dan UMKM. Aplikasi diproses dan disetujui dalam waktu 24 jam.

Amar Bank (kode saham: AMAR) tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada tahun 2020, Amar Bank meluncurkan aplikasi perbankan digital, bank cerdas khusus seluler berbasis cloud pertama di Indonesia, yang mengadopsi teknologi baru AI untuk mendorong kebiasaan menabung yang baik sambil meningkatkan disiplin untuk kontrol keuangan pribadi yang lebih baik.

Tentang eFishery

Didirikan pada 2013, eFishery adalah perusahaan teknologi akuakultur pertama yang mengembangkan inovasi di bidang akuakultur. eFishery mendisrupsi metode budidaya ikan dan udang tradisional dengan menyediakan solusi canggih dalam ekosistem akuakultur dengan menawarkan platform end-to-end yang menyediakan akses terhadap pakan, pendanaan, dan pasar untuk pembudidaya ikan dan udang. eFishery bertujuan untuk membangun ekosistem akuakultur di Indonesia, yang tidak hanya menguntungkan, namun juga berkelanjutan bagi seluruh stakeholders.

Perusahaan ini memiliki tiga tujuan utama: mengatasi permasalahan pangan melalui akuakultur, mengatasi masalah mendasar dalam industri akuakultur dengan menyediakan teknologi yang terjangkau, dan mengurangi ketimpangan sosial dan ekonomi melalui ekonomi digital yang inklusif.

Baca Juga: Intip Strategi Amar Bank Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Dana Murah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved