March
22
2022
     16:35

AJC Diperpanjang, Indonesia Dorong Kerja Sama Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi

AJC Diperpanjang, Indonesia Dorong Kerja Sama Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi
ILUSTRASI. Indonesia beserta negara ASEAN lainnya dan Jepang sepakat untukmemperpanjang kerja sama ASEAN-Japan Centre (AJC) yang akan berakhir pada Mei 2022.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -.Indonesia beserta negara ASEAN lainnya dan Jepang sepakat untuk memperpanjang kerja sama ASEAN-Japan Centre (AJC) yang akan berakhir pada Mei 2022. Kesepakatan diperoleh dalam pertemuan The 41 st Annual Meeting of the Council of the ASEAN– Japan Centre (AJC) yang diselenggarakan secara virtual pada Kamis (17/3). 

“Indonesia menilai kerja sama ini relevan dan dapat memberi manfaat bagi ASEAN, khususnya Indonesia dan Jepang dalam mendorong sektor perdagangan, investasi, dan pariwisata,”ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi pada kesempatan terpisah. 

Pada pertemuan ini agenda utama yang dibahas, yakni Proposal Reformasi AJC, Proposal Perubahan Rasio Kontribusi AJC, Program Kerja AJC 2022, dan Proposal Perpanjangan Kerja Sama AJC.

“Indonesia menilai keberadaan AJC telah menggambarkan kemitraan yang saling menguntungkan antara ASEAN dan Jepang. Oleh karena itu, kami ingin menyampaikan dukungan untuk memperpanjang kerja sama ini untuk lima tahun ke depan,” ujar Direktur Pengembangan Promosi dan Citra, Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, selaku Representative of Indonesia Council Director Merry Maryati.

Merry mengapresiasi peran AJC dalam mendorong kerja sama lebih erat antara ASEAN dengan Jepang. Apresiasi juga diberikan atas upaya Pemerintah Jepang dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas serta mempertajam relevansi peran yang tertuang dalam agenda reformasi AJC.

Merry mengungkapkan, Indonesia menyambut baik usulan Reformasi Program AJC. Untuk itu, Indonesia mendorong AJC untuk menyelenggarakan program yang lebih kreatif dengan melibatkan pelaku usaha dan meningkatkan kapasitas usaha kecil dan menengah (UKM), khususnya dalam akses digital untuk memasuki rantai pasok regional dan global. 

“Indonesia juga mendorong AJC dalam memaksimalkan pemanfaatan perjanjian perdagangan dalam kerangka kemitraan ekonomi komprehensif regional (RCEP), pembentukan ekosistem untuk e-commerce, serta penguatan kerja sama investasi dan pariwisata,” terang Merry. 

Merry berharap pemanfaatan berbagai program promosi perdagangan, pariwisata, dan investasi yang diselenggarakan AJC mampu mendorong peningkatan perdagangan Indonesia Jepang. “Diharapkan berbagai program promosi yang dijalan AJC juga mampu mendorong penerimaan devisa negara dari pariwisata, serta peningkatan investasi Jepang di Indonesia,” ujarnya.

AJC adalah organisasi antar pemerintah yang didirikan oleh negara-negara anggota ASEAN dan Jepang pada 1981. Tujuan utama pendirian AJC adalah untuk mempromosikan perdagangan negara-negara anggota ASEAN ke pasar Jepang dan investasi dari Jepang ke negara-negara anggota ASEAN. Selain itu, untuk meningkatkan pariwisata dan kegiatan pertukaran orang ke orang antara negara-negara anggota ASEAN dan Jepang melalui seminar, lokakarya, program peningkatan kapasitas, penelitian, dan analisis kebijakan, acara lintas budaya, publikasi, serta layanan informasi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2025 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved