January
07
2020
     12:32

Wamendag: Hadapi Tantangan Ekonomi Global,Kerja Sama Pemerintah, Swasta, dan Rakyat Harus Diperkuat

Wamendag: Hadapi Tantangan Ekonomi Global,Kerja Sama Pemerintah, Swasta, dan Rakyat Harus Diperkuat
Publisher
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Jambi, 6 Januari 2020 – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menekankan kerja sama seluruh unsur pemerintah, swasta, dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia harus diperkuat dalam menghadapi tantangan ekonomi global di masa mendatang. Hal ini disampaikan Wamendag Jerry saat memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi memperingati hari jadi Provinsi Jambi ke-63 di Jambi, pada hari Senin (6/1).

"Walaupun ketidakpastian ekonomi global sedang terjadi dan adanya ancaman resesi, kita harus yakin dengan hubungan dan kerja sama seluruh unsur pemerintahan, pihak swasta, dan rakyat Indonesia. Kita harus mampu menghadapi kondisi ini," kata Wamendag Jerry.

Wamendag menyampaikan, kondisi perekonomian global saat ini sedang menghadapi dua permasalahan di sektor ekonomi khususnya perdagangan. Pertama, banyak negara yang mengadopsi hambatan perdagangan untuk melindungi industri dalam negerinya. Kedua, berbagai isu perdagangan turut menaikkan tensi secara global sehingga menimbulkan melemahnya nilai perdagangan global.

"Hambatan perdagangan serta perubahan kondisi ekonomi global harus diantisipasi dan dihadapi bersama. Untuk itu diperlukan sinergi dan kerja sama semua pihak, baik pemerintah maupun swasta," tandas Wamendag.

Pada hari yang sama, Wamendag Jerry menjadi narasumber pada Forum Koordinasi Peningkatan Kinerja Ekspor Daerah dengan tema Upaya Peningkatan Ekspor Komoditas Potensial Provinsi Jambi.

Pada kegiatan ini, Wamendag memberikan paparan mengenai peluang pertumbuhan ekonomi baru tahun 2020 melalui perdagangan internasional.

Wamendag menyampaikan, untuk meningkatkan ekspor, Kemendag sudah melakukan meratifikasi 13 perjanjian dan menyelesaikan 12 perjanjian perdagangan internasional.

Selain itu, Kemendag juga terus melakukan kegiatan misi dagang ke negara-negara non-tradisional dan ke beberapa negara ASIA. Pada 2020, Kemendag menargetkan akan melakukan kegiatan misi dagang ke Pakistan, Vietnam, negara-negara di kawasan EFTA, Eurasia, Ecowas, dan negara-negara teluk, serta Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Prancis

"Kegiatan misi dagang ini tentu dapat melibatkan pelaku bisnis dan Dinas Perdagangan di daerah. Tujuannya untuk memperkenalkan dan memasarkan produk unggulan dan potensial, umkm, serta produk bernilai tambah dan memiliki design dan inovasi dari setiap daerah, seperti Jambi," Wamendag Jerry.

Narasumber lain yang hadir adalah Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Sri Argunani, Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara, serta anggota DPR RI Hasan Basri Agus.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas yang membidangi bidang perdagangan kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Selain itu, dapat kesempatan tersebut hadir pula pelaku para ekspor dan pelaku UMKM di Provinsi Jambi.

Dalam rangkaian Hari Jadi Provinsi Jambi ke-63, Wamendag juga menghadiri pembukaan “Jambi Expo 2020”. Pada pameran ini, Wamendag Jerry berharap melalui pameran ini dapat meningkatkan ekspor produk potensial Jambi, seperti kayu manis, kopi, karet, dan kelapa sawit.


Contact Information 1:
Olvy Andrianita

pusathumas@kemendag.go.id
021-3860371/021-3508711

Release Terkini