Unilever Food Solutions Luncurkan Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning untuk Kelezatan Hidangan Sehat Pebisnis Kuliner
Jakarta, 23 November 2021 – Selaku mitra handal para pengusaha di bidang kuliner Unilever Food Solutions kembali berinovasi melalui brand Knorr Professional dengan meluncurkan Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning. Kaldu yang pertama kalinya mengombinasikan ekstrak jamur serta mirepoix di Indonesia ini hadir untuk membantu para pebisnis kuliner menambah kelezatan beragam menu sehat, termasuk plant-based foods yang kian digemari.
Joy Tarigan, Managing Director Unilever Food Solutions menyatakan, “Meningkatnya tren healthy lifestyle membuka peluang besar bagi para pebisnis kuliner dalam menyajikan pilihan makanan yang lebih sehat dan bernutrisi bagi masyarakat Indonesia.
Perubahan ini makin terasa di masa pandemi, bahkan tercatat 7 dari 10 orang di Indonesia mengaku ingin lebih teratur mengonsumsi makanan sehat . Dengan mengusung pesan ‘Kini Masakan Sehat Bisa Seenak Itu’, kehadiran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning dapat membantu para chef dan pebisnis kuliner untuk terus berkembang, memanfaatkan tren, dan memuaskan konsumen yang makin menggemari pola makan sehat.”
Menanggapi tren healthy lifestyle, Christopher Aldo, owner dan founder YellowFit Group, menjelaskan, “Pada dasarnya, plant-based foods sudah sangat dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. Apalagi semenjak pandemi, mereka menjadi lebih concern untuk mengganti makanan olahan, daging merah, dan gula dengan alternatif yang lebih sehat, memilih makanan yang lebih segar, mulai memperhatikan keamanan pangan serta konsumsi berkelanjutan yang bertanggung jawab, dan menaruh minat lebih pada plant-based foods . Fakta ini tentunya menjadi peluang yang harus dioptimalkan bagi para pelaku bisnis kuliner healthy foods agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan terus berkembang.”
Di tengah tren ini, ternyata masih banyak pebisnis kuliner yang kurang percaya diri bahwa makanan sehat bisa disajikan lebih variatif dan sedap. “Padahal, menu makanan sehat yang lezat sangat bisa didapatkan dengan penggunaan bahan berkualitas, teknik memasak yang tepat, dan pemanfaatan bahan-bahan yang lebih beragam,” lanjut Aldo.
Memahami kondisi dan tantangan para pebisnis kuliner healthy foods, Knorr yang kini bertransformasi menjadi Knorr Professional juga mendorong para chef untuk #EksploRasa, yaitu mengkreasikan sajian yang lebih beragam dengan tidak ragu mengeksplorasi bahan-bahan baru, dan memasak secara lebih progresif. Langkah Knorr Professional di Indonesia diawali dengan kehadiran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, kaldu bubuk tanpa tambahan penguat rasa (atau MSG) yang mengandung ekstrak jamur serta mirepoix sehingga berbagai menu makanan sehat dapat ‘naik kelas’.
Chef Norman Ismail yang juga merupakan seorang pelaku gaya hidup yang lebih sehat merespons, “Kaldu merupakan salah satu bumbu dasar kunci untuk menguatkan cita rasa suatu hidangan. Jamur yang menghasilkan rasa umami alami memang telah umum digunakan sebagai kaldu, namun seringkali ketika sudah bercampur cenderung mendominasi rasa masakan.
Penambahan mirepoix atau kaldu sayur yang sering digunakan di dapur professional, seperti yang terkandung dalam Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, dapat menyeimbangkan dan memantapkan nikmatnya berbagai hidangan sehat para chef.”
“Kaldu merupakan salah satu bumbu dasar kunci untuk menguatkan cita rasa suatu hidangan. Jamur yang menghasilkan rasa umami alami memang telah umum digunakan sebagai kaldu, namun seringkali ketika sudah bercampur cenderung mendominasi rasa masakan.
Penambahan mirepoix atau kaldu sayur yang sering digunakan di dapur professional, seperti yang terkandung dalam Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, dapat menyeimbangkan dan memantapkan nikmatnya berbagai hidangan sehat para chef.”
Chef Norman juga mengingatkan agar para chef lebih berani mengeksplorasi berbagai teknik masak serta kreatif dalam mencari alternatif bahan-bahan yang lebih sehat. Menurutnya, dengan pengolahan yang tepat, makanan sehat bisa seenak lainnya.
Saat ini, Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning sudah dipasarkan secara lebih luas, namun untuk pertama kalinya produk ini hanya tersedia secara eksklusif di Tokopedia melalui official store Unilever Food Solutions. Hartawan Lesmana, Merchant Development Senior Lead Tokopedia, menyatakan, “Kegemaran masyarakat Indonesia mengonsumsi makanan dan minuman sehat juga tampak jelas di platform kami. Kategori Makanan dan Minuman terus menjadi salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi pada kuartal III 2021, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Bahkan jumlah transaksi produk makanan dan minuman sehat meningkat sebanyak 2,5 kali lipat. Harapannya, Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning yang lebih mudah didapatkan melalui Tokopedia dapat mendukung para pebisnis lokal, termasuk UMKM, memajukan industri kuliner makanan sehat, demi sekaligus mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.”
“Melalui peluncuran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, Unilever Food Solutions terus mendorong para chef dan pebisnis kuliner untuk memperbanyak porsi sayuran di dalam masakannya sambil mengeksplorasi kekayaan pangan nabati yang dimiliki Indonesia, memperkaya nutrisi dari tiap hidangan, dan memberikan alternatif untuk mulai mensubstitusi bahan-bahan makanan meat-based menuju plant-based dengan cita rasa maupun tampilan yang tak kalah menggugah selera,” tutup Joy.
Tentang Unilever
Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, dan produk Makanan dan Minuman yang produknya digunakan oleh 2,5 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara.
Unilever memiliki total kurang lebih 149,000 karyawan dan secara global pada tahun 2021 berhasil membukukan penjualan sebesar €50.7 juta. Lebih dari separuh bisnis Unilever ada di negara maju dan berkembang. Kami memiliki total kurang lebih 400 brands di dunia termasuk brand seperti Dove, Lifebuoy, Knorr, Magnum, Rinso dan brand lain seperti Beauty & Planet, Hourglass, Seventh Generation dan The Vegetarian Butcher. Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4.000 karyawan dan sembilan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.
Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk periode yang berakhir pada tanggal 30 September 2021, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp30 triliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masing-masing sebesar Rp20 triliun dan Rp10 triliun. Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp4,4 triliun.
Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing dimasa depan (future-fit). Kami memiliki rekam jejak yang panjang sebagai perusahaan yang progesif dan bertanggung jawab. Rekam jejak ini dimulai pada saat pendiri kami, William Lever, 100 tahun yang lalu memperkenalkan sabun pertama yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, yaitu sabun Sunlight. Purpose atau tujuan mulialah yang menjadi jantung dari bisnis kami hingga hari ini.
‘The Unilever Compass’ adalah strategi bisnis kami. Sebuah strategi yang akan membawa kami untuk terus tumbuh, tetapi juga berkelanjutan dan bertanggung jawab, hal ini termasuk:
? Meningkatkan kesehatan planet
? Meningkatkan kesehatan masyarakat, kepercayaan diri dan kesejahteraan, serta
? Membantu menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif
Meskipun masih banyak hal yang harus kami lakukan, kami bangga telah diakui pada tahun 2020 sebagai pemimpin sektor dalam Indeks Keberlanjutan Dow Jones dan - selama sepuluh tahun berturut-turut - sebagai perusahaan dengan peringkat teratas dalam survei Pemimpin Keberlanjutan GlobeScan / SustainAbility 2020.