October
04
2021
     16:32

Tingkatkan Keandalan Listrik PON XX Papua, PLN Gunakan Teknologi SCADA

Tingkatkan Keandalan Listrik PON XX Papua, PLN Gunakan Teknologi SCADA

Jayapura - PT PLN (Persero) mengerahkan seluruh upaya dalam menjaga keandalan pasokan listrik untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda mengatakan hal yang paling penting dan harus menjadi prioritas bagi PLN dalam pelaksanaan PON XX Papua adalah keandalan pasokan listrik baik ke lokasi pertandingan maupun lokasi strategis lainnya.

"Jadi PON XX di Papua adalah acara kita bersama. Hal yang paling penting dalam pelaksanaan PON, adalah keandalan pasokan listrik. Tidak hanya padam, kedip pun kita hindari. Keandalan adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi," ujarnya dalam Apel Siaga PON XX Papua, Selasa (28/9).

Huda meminta, personel yang bertugas agar terus melakukan koordinasi yang baik dengan penanggungjawab di masing-masing lokasi untuk memastikan keandalan pasokan listrik sekaligus mengantisipasi timbulnya permasalahan. Untuk dedikasi personel yang bekerja siang-malam menyukseskan PON XX, lanjut Syamsul, Direksi memberikan apresiasi yang luar biasa.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW P2B) Abdul Farid, mengatakan pihaknya sudah siap mendukung pelaksanaan PON XX 2021 di Papua.

Seluruh personel yang bersiaga siap ditugaskan di venue pertandingan dan lokasi strategis. Nantinya, personel PLN akan bersiaga selama PON XX Papua dimulai pada 18 September sampai dengan 15 Oktober 2021.

"Saat ini, PLN telah mengoperasikan Sub Sistem Jayapura, Sub Sistem Timika, dan Sub Sistem Merauke melalui teknologi yang terintegrasi, yakni  Supervisory, Control and Data Aqcuisition (SCADA). Selain itu, Kami di sini, di posko-posko, bisa memantau kondisi di lapangan secara langsung," ujarnya.

SCADA merupakan teknologi yang menggabungkan fungsi pengawasan, pengendalian dan pemerolehan/ pengambilan data jarak jauh yang terpusat pada suatu tempat.

Dalam kesempatan Apel Siaga PON XX Papua, Huda juga melakukan diskusi dengan personel yang ditetapkan di venue strategis. Salah satunya, Manager PLN UP3 Timika, Marthinus Irianto Pasensi.

Martinus mengatakan personel sudah bersiaga di venue pertandingan sejak pukul 08.00 WIT. Pihaknya bersiaga mendukung persiapan-persiapan sejumlah cabang olahraga untuk melakukan ujicoba pertandingan.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved