July
30
2021
     16:15

TaniHub Group Terus Tingkatkan Pelayanan, Terutama di Masa Pandemi

TaniHub Group Terus Tingkatkan Pelayanan, Terutama di Masa Pandemi
Publisher

Jakarta, 30 Juli 2021 - TaniHub Group, startup agritech dengan pertumbuhan terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya di masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Kendati situasi penuh dengan tantangan, perusahaan memiliki ekosistem dari hulu ke hilir dengan kapasitas yang cukup tangguh untuk memenuhi permintaan masyarakat atas pangan yang berkualitas.

Ritchie Goenawan, Chief Marketing Officer TaniHub Group dan Head of TaniHub, mengatakan, ketangguhan atau resilience pada masa yang penuh tantangan merupakan hal yang penting bagi perusahaan. TaniHub Group, lanjut Ritchie, tidak hanya siap menghadapi tantangan, tetapi juga terus mencari berbagai peluang yang dapat mengakselerasi upaya peningkatan value chain pertanian Indonesia.

“Sebagai sebuah perusahaan, kami merasakan sekali pentingnya resilience, begitu pula halnya dengan mitra dan konsumen kami dari hulu sampai hilir. Pandemi seperti mengingatkan peran kami untuk Indonesia. Sebab, jika kami tidak bisa memberikan layanan, proses dan eksekusi seoptimal mungkin, tentu akan memberikan dampak yang kurang baik. Tidak hanya bagi kami sendiri, tapi juga bagi semua stakeholders,” ujarnya.

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung di Indonesia sejak Maret 2020 memicu tren pergeseran yang signifikan dalam kebiasaan berbelanja masyarakat, yaitu dari tradisional menuju digital. Hal ini telah dibuktikan dengan peningkatan transaksi harian di platform e-commerce TaniHub yang saat ini mendekati tiga kali lipat sejak awal Juli, ketika pemerintah dikabarkan menyiapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, yang kemudian saat ini telah berubah menjadi PPKM Level 4.

Pemenuhan kebutuhan dasar pun dilakukan oleh masyarakat secara daring. Sayur, buah, telur, hingga daging ayam menjadi primadona di e-commerce TaniHub, bahkan sebelum adanya pandemi. Yang membedakan adalah peningkatan gramasi pembelian komoditas pangan ini oleh konsumen ketika pandemi melanda Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa TaniHub telah menjadi pilihan yang dapat diandalkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka.

“Dengan mobilitas yang terbatas saat pandemi dan semakin banyak orang yang ingin melindungi dirinya dari ancaman virus, kami melihat masyarakat mulai terbuka untuk mencoba berbelanja bahan pangan secara daring. Kami memang merasakan lonjakan order, tapi yang juga penting adalah semakin banyak orang mencoba berbelanja online untuk pertama kalinya,” kata Ritchie.

Kendati menghadapi lonjakan permintaan, Ritchie menekankan bahwa TaniHub Group terus berkomitmen dalam melayani konsumen dengan lebih baik dan cepat. Perusahaan memastikan ketangguhan ekosistemnya dengan secepat mungkin beradaptasi dan memperkuat koordinasi dari hulu ke hilir. Dengan upaya tersebut, perusahaan dapat terus menjaga service level-nya agar konsumen tetap setia mendukung petani Indonesia dengan berbelanja melalui aplikasi maupun online store TaniHub.

Di sisi hulu, perusahaan tidak berhenti memperkuat sistem supply-demand forecasting yang terus dibangun untuk membantu petani dalam kultivasi tanaman pangan mereka, sehingga pasokan dapat selalu cukup memenuhi permintaan, baik di saat normal maupun ketika terjadi lonjakan. Sedangkan di sisi hilir, perusahaan terus berkreasi melalui berbagai program untuk memenuhi permintaan konsumen, baik yang umum maupun spesifik.

Sebagai contoh, TaniHub telah mengeluarkan paket bundling bertajuk Banses (Bantuan Sesama) yang mencakup berbagai jenis produk segar dan sembako untuk memudahkan konsumen yang ingin memberikan bantuan bagi orang lain.

“TaniHub Group selalu dengan senang hati berkolaborasi dengan berbagai pihak yang bersedia menyalurkan dana, effort, dan waktu dalam rangka memastikan keterjagaan pasokan bahan pangan di masyarakat, terlebih pada masa pandemi saat ini,” pungkas Ritchie.

Sekilas tentang TaniHub Group

TaniHub Group terdiri dari TaniHub, TaniFund, dan TaniSupply dan memiliki visi “Agriculture for Everyone” atau “Pertanian untuk Semua”, yang diwujudkan dengan mempercepat dampak positif dalam sektor pertanian melalui pemanfaatan teknologi informasi. Agriculture (Pertanian), Technology (Teknologi), dan Social Impact (Dampak Sosial) adalah tiga pilar utama perusahaan dalam menciptakan ekosistem untuk menata ulang sektor pertanian di Indonesia.

TaniHub adalah platform e-commerce B2B (Business-to-Business) dan B2C (Business-to-Consumer) untuk hasil tani, bertujuan untuk menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha serta end-user. TaniHub didirikan pada pertengahan 2016 oleh sekelompok anak muda yang berkeinginan kuat untuk mendukung petani yang menghadapi kesulitan dalam memasarkan hasil panen mereka.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya TaniHub, para pendiri kemudian melihat bahwa petani tidak hanya membutuhkan akses terhadap pasar, tetapi juga akses terhadap permodalan. Maka pada 2017, TaniFund pun didirikan sebagai solusi permasalahan pendanaan yang dihadapi petani. Dua tahun kemudian, TaniSupply terlahir untuk mengatasi permasalahan supply chain. Pada Juni 2021, kami meluncurkan TaniFoundation, sebuah wahana yang menyediakan solusi jangka panjang untuk kesejahteraan petani.

Dengan seluruh upaya tersebut, TaniHub Group berharap dapat mewujudkan cita-cita ketahanan dan kecukupan pangan di Indonesia.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved