January
18
2018
     14:39

Survey: 87% Perusahaan di Asia Pasifik Yakin Teknologi IoT Penting Bagi Masa Depan Bisnisnya

Survey: 87% Perusahaan di Asia Pasifik Yakin Teknologi IoT Penting Bagi Masa Depan Bisnisnya

Jakarta, 17 Januari 2018 – Internet of Things (IoT) telah digadang-gadang sebagai pondasi untuk berbagai terobosan dalam artificial intelligence (AI), robotik, dan potensi berbagai kemajuan lain yang berpotensi luas serta dapat diterapkan. Namun bagi para pengambil keputusan di garis depan – para eksekutif yang dituntut untuk mengimplementasikan IoT dalam perusahaan mereka - Terkadang terasa mustahil untuk memisahkan fakta dari tren.

Untuk memahami lebih dalam mengenai situasi terkini dari IoT, Forbes Insight bekerja sama dengan Hitachi Vantara untuk melakukan survei kepada lebih dari eksekutif senior di seluruh dunia, termasuk 220 orang dari kawasan Asia Pasifik yang memimpin inisiatif IoT di dalam perusahaan mereka. Sebuah laporan terkini, “Internet of Things: Dari Teori kepada Realita – Bagaimana Perusahaan Memanfaatkan IoT untuk Memajukan Bisnis”, yang disponsori oleh Hitachi Vantara, menyoroti temuan utama dari penelitian ini dan membahas isu-isu berikut ini:
• Apakah IoT masih merupakan aspirasi atau telah menjadi kenyataan operasional?
• Bagaimana IoT digunakan dalam perusahaan?
• Seperti apa implementasi IoT pada tahap awal ini?
• Adakah perusahaan yang lebih maju dengan menggunakan teknologi ini?
• Apa pelajaran pelaksanaan yang dipelajari?
• Apa langkah praktis yang bisa dilakukan perusahaan saat mereka memulai perjalanan IoT mereka sendiri?

“Di seluruh kawasan Asia Pasifik, terlihat jelas bahwa para eksekutif menyadari nilai dari inisiatif IoT,” kata Bruce Rogers, Chief Insights Officer (CIO) Forbes Media. “Dengan 70 persen dari mereka yang menyatakan telah mempertimbangkan IoT sebagai sesuatu yang penting atau krusial bagi bisnis mereka, IoT dengan cepat menjadi pembeda kompetitif yang akan mempengaruhi hampir setiap industry, " tambahnya.

Temuan utama untuk Asia Pasifik:
• Dampak kepada bisnis: 70% perusahaan di wilayah ini percaya bahwa IoT penting atau sangat penting bagi bisnis mereka saat ini, dan 87% percaya bahwa IoT akan menjadi penting bagi masa depan bisnis mereka.

• IoT adalah salah satu teknologi baru yang paling penting: Dari semua teknologi yang muncul, para eksekutif di Asia Pasifik percaya bahwa IoT, Artificial Intelligence (AI) dan Robotika akan menjadi yang terpenting.

• Perusahaan di wilayah tersebut menyambut IoT: 72% responden mengatakan bahwa perusahaan mereka memiliki program IoT yang signifikan atau pilot yang beroperasi, dan 11% mengatakan bahwa program IoT telah memberikan kontribusi besar dalam bisnis mereka.

• Mengimplementasikan solusi berbasis IoT dapat menjadi tantangan: Ketika membangun kemampuan IoT, perusahaan mengatakan tantangan terbesar mereka adalah:

o Menjaga keamanan IoT (31%)
o Kerjasama antar departemen (31%)
o Ketersediaan tenaga terampil (31%)
o Ketidakmampuan menyampaikan pengembalian investasi yang menarik (30%)
o Integrasi data yang berbeda (28%)

• Praktik terbaik untuk menerapkan solusi berbasis IoT: Dengan memeriksa perusahaan dengan inisiatif IoT yang memenuhi atau melampaui harapan, kami telah mengidentifikasi beberapa praktik yang mereka ikuti untuk memastikan kesuksesan:

o Upaya IoT biasanya diperjuangkan oleh CTO (40%) dan CIO (32%)
o Memasukan 42% vendor eksternal kedalam tim perencanaan IoT mereka
o Penggunaan platform pihak ketiga sebesar 82% sebagai dasar untuk operasi IoT mereka

• Di Asia Pasifik, perusahaan sudah melihat keuntungan dari IoT: 76% menjalankan program IoT yang menghasilkan pendapatan sementara 60% setuju bahwa program IoT menghasilkan data yang sangat berguna untuk bisnis mereka. Akibatnya, 88% memperkirakan akan melihat kenaikan anggaran IO mereka selama tahun fiskal yang akan datang.

"Temuan survei Forbes Insights dengan jelas menunjukkan dampak yang dimiliki IoT terhadap bisnis di wilayah APAC. Kami ingin melihat bahwa sebagian besar bisnis telah melihat IoT sebagai kunci kesuksesan masa depan mereka," kata Daniel Chong, wakil presiden senior Asia Pasifik di Hitachi Vantara. "Kesamaan dari organisasi-organisasi bisnis di seluruh dunia adalah kebutuhan mendapatkan dukungan top-down pada masa awal inisiatif mereka dan menemukan mitra inovasi tepercaya yang membantu mereka mencapai hasil bisnis yang diinginkan," tutupnya.

Tentang penelitian ini

Data dalam laporan ini berasal dari survei Forbes Insights 2017 terhadap 502 eksekutif yang mengidentifikasi diri mereka sebagai pihak yang bertanggung jawab atas, atau mengetahui, aktivitas IO perusahaan mereka. Responden berbasis di Eropa, Amerika dan Asia Pasifik, dan mewakili berbagai industri, yang tidak terdiri dari lebih dari 25% dari total. Semua responden adalah direktur atau berada pada tingkat yang lebih tinggi dari direktur dan berasal dari perusahaan dengan 500 karyawan atau lebih. Forbes Insights juga melakukan wawancara dengan beberapa eksekutif senior untuk menambahkan konteks pada temuan tersebut.

Tentang Forbes Insights
Forbes Insights adalah divisi praktik penelitian strategis dan pemikiran kepemimpinan Forbes Media, sebuah perusahaan media, branding dan teknologi global yang platform gabungannya mencapai hampir 94 juta pengambil keputusan bisnis di seluruh dunia setiap bulannya. Dengan memanfaatkan basis data berpemilik eksekutif tingkat senior di komunitas Forbes, Forbes Insights melakukan penelitian dengan berbagai topik untuk menempatkan merek sebagai pemimpin pemikiran dan mendorong keterlibatan pemangku kepentingan. Temuan penelitian disampaikan melalui serangkaian eksekusi digital, cetak dan eksekusi langsung, dan diperkuat di seluruh platform sosial dan media Forbes.

Tentang Hitachi Vantara
Hitachi Vantara, anak perusahaan Hitachi, Ltd., membantu para pemimpin di bidang data menemukan dan menggunakan nilai dalam data mereka untuk berinovasi secara cerdas dan mencapai hasil yang penting bagi bisnis dan masyarakat. Kami menggabungkan teknologi, kekayaan intelektual dan pengetahuan industri untuk memberikan solusi pengelolaan data yang membantu perusahaan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka, mengembangkan arus pendapatan baru, dan menurunkan biaya bisnis. Hanya Hitachi Vantara yang meningkatkan keunggulan inovasi Anda dengan menggabungkan teknologi informasi mendalam (TI), teknologi operasional (OT) dan keahlian domain. Kami bekerja dengan organisasi di mana saja untuk mengarahkan data ke hasil yang berarti. Kunjungi kami di www.HitachiVantara.com.

 

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved