March
09
2020
     15:20

Sucofindo Serahkan Sertifikat SNI ISO ISO 9001:2015 kepada Pemerintah Kota Kupang

Sucofindo Serahkan Sertifikat SNI ISO ISO 9001:2015 kepada Pemerintah Kota Kupang
Publisher

Kupang, 9/3 – PT SUCOFINDO (Persero) menyerahkan sertifikat Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001: 2015 kepada Pemerintahan Kota Kupang. Sertifikat ini diserahkan oleh Direktur Komersial 1 PT SUCOFINDO (Persero) Herliana Dewi kepada Walikota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore.  Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya.

Herliana Dewi pada sambutannya mengatakan, “Masyarakat saat ini semakin selektif menuntut tempat pelayanan yang bersih, aman, nyaman dan kondusif dalam memberikan pelayanan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, kami selaku perusahaan dengan layanan jasa Sertifikasi, Inpeksi dan Pengujian mendukung Pemerintah Kota Kupang yang ingin meningkatkan pelayanan publiknya dalam menjaga komitmen untuk menerapkan Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001: 2015.”

Bambang Prasetya dalam sambutannya mengatakan Penerapan SNI ISO 9001 versi 2015 dapat mendukung tercapainya efisiensi dan layanan bermutu prima, sehingga dapat mendukung kota Kupang sebagai kota penghubung untuk wilayah Indonesia TImur dalam mewujudkan smart city. Untuk itu BSN siap mendukung kota Kupang melalui pembinaan mutu dan melakukan pendampingan.

Selanjutnya, Walikota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore menjelaskan bahwa ruang lingkup sertifikasi ini meliputi 3 lembaga di bawah Pemerintah Kota Kupang, yaitu Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Surat Kematian, dan Surat Perkawinan; Seketariat Daerah Kota Kupang, yaitu pada proses Pengurusan Kenaikan Gaji Berkala Secara Elektronik (E-KGB); dan pada lembaga pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah S. K Lerik dengan ruang lingkup Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD).  Ke depannya, pemerintah kota Kupang akan menambahkan dengan ruang lingkup pelayanan lainnya.

Herliana juga menuturkan bahwa proses sertifikasi SNI ISO 9001:2015 ini membutuhkan waktu yang tak singkat. “Proses ini diawali dengan perbaikan proses yang dilakukan oleh lembaga tersebut dan setelah melewati seluruh proses dan tahapan audit yang dilakukan, maka ketiga lembaga tersebut dapat memenuhi seluruh persyaratan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015,” ujar Herliana.

Jefirstson pada kesempatan tersebut menyatakan rasa terima kasih atas peran PT SUCOFINDO (Persero) dalam sertifikasi untuk pemerintah Kota Kupang. “Dengan adanya sertifikasi SNI ISO 9001:2015, ini merupakan wujud komitmen pemerintahan Kota Kupang dalam memiliki pelayanan publik yang prima, sehingga mampu dibanggakan oleh masyarakat Kota Kupang,” kata Jefirstson.
Jefirstson juga menuturkan bahwa Pemerintahan Kota Kupang akan terus berkomitmen bebenah dalam meningkatkan kinerja pada lembaga dibawahnya secara bertahap, khususnya pelayanan publiknya dengan pelayanan mutu terstandar berdasarkan SNI ISO 9001:2015.

Senada dengan Jefirstson, Herliana juga berharap bahwa implementasi sertifikasi SNI ISO 9001: 2015 di Kota Kupang dapat berkomitmen untuk menjaga dan memelihara sistem manajemen mutu. “Kami juga berharap Pemerintahan Kota Kupang dapat mengikuti dan mematuhi seluruh standar dan regulasi terkait, tetap semangat untuk continual improvement, dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dan tetap berinovasi,” ujar Herliana.

PT SUCOFINDO (Persero) juga menurut Herliana merupakan perusahaan terdepan dan terpercaya di Indonesia. “Kami akan selalu siap untuk mendukung Kota Kupang dalam lingkup sertifikasi dan jasa lainnya yang kami miliki,” tutup Herliana.

Selain melayani Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015, SUCOFINDO juga memberikan layanan jasa sertifikasi lainnya di antaranya Sistem Manajemen Keamanan Informasi SNI ISO 27001:2013, Sertifikasi SNI ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan, Sertifikasi SNI ISO 28000:2009 Sistem Manajemen Keamanan pada Rantai Pasokan, Sistem Manajemen Keamanan Pangan SNI ISO 22000:2018, Sistem Manajamen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016, Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja SNI ISO 45001:2018, berdasarkan PP 50 tahun 2012.

Tentang Sucofindo

PT Sucofindo (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis Sucofindo bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian Sucofindo melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.
Sucofindo memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

 


Contact Information 1:
Iwan Eddy Himawanto

iwaneddy@sucofindo.co.id
+62 21 798 3666

Release Terkini

BRI Gratiskan Biaya Top Up GoPay

03 APRIL 2020 / 12:11 WIB

BRI Gratiskan Biaya Top Up GoPay

03 APRIL 2020 / 12:11 WIB