May
11
2020
     15:10

Sucofindo Layani Permintaan Uji Disinfektan yang Meningkat Akibat Covid-19

Sucofindo Layani Permintaan Uji Disinfektan yang Meningkat Akibat Covid-19

Jakarta – PT SUCOFINDO (Persero) layani permintaan uji disinfektan yang meningkat akibat COVID-19. Hal tersebut membuat SUCOFINDO prioritaskan percepatan hasil uji jasa Pengujian handsanitizer dan cairan disinfektan melalui Laboratorium sentral PT SUCOFINDO (Persero) di Cibitung.

Bachder Djohan Buddin, Dirut PT SUCOFINDO (Persero) mengatakan “Komitmen SUCOFINDO sebagai BUMN Jasa Pengujian, untuk membantu pencegahan COVID-19, dan mempertimbangkan permintaan jasa pengujian terhadap bahan disinfektasi yang meningkat, serta membantu upaya perlindungan konsumen dengan pemastian barang bermutu, maka SUCOFINDO memprioritaskan pengujian bahan disinfektasi tersebut”.

Kepala Strategic Bussiness Unit Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero), Anwar Tahir menambahkan, bahwa Laboratorium SUCOFINDO bisa memberikan pelayanan pengujian atau analisis untuk produk-produk tersebut guna memastikan keamanan produk yang nantinya digunakan dan beredar di masyarakat.
Pengujian handsanitizer dan cairan disinfektan saat ini menurut Anwar masih terpusat di Laboratorium Sentral yang berlokasi di Jl. Arteri Tol Cibitung no.1, Cibitung, Bekasi. “Jika ada permintaan di luar daerah kami juga bisa melayani order tersebut melalui perwakilan Laboratorium SUCOFINDO yang tersebar di seluruh Indonesia,” tambah Anwar.

Dalam pengujian cairan disinfektan, Laboratorium SUCOFINDO mengikuti SNI-06-1842-1995 yaitu kandungan Baku Mutu koefisien Phenol nya adalah 2,5 – 5,0 dan sesuai dengan Peraturan Kepala POM no. 14 tahun 2016 bahwa untuk disinfektan alkohol kandungan Metanol dalam campuran alkohol harus lebih kecil dari 0,01 % dan proses pengujiannya selama 4 hari kerja.  

Ada pun jenis disinfektan yang sesuai untuk mencegah Covid-19 dan paling baik digunakan untuk medis adalah disinfektan dengan konsentrasi alkohol campuran yaitu campuran etanol dan Isoproyl Alkohol.  Hal itu dikarenakan jenis disinfketan tersebut tidak bersifat korosif pada logam, cepat menguap, minimnya sifat merusak untuk bahan karet atau plastik.

Anwar menyampaikan bahwa tingkat efektivitas cairan disinfektan dipengaruhi oleh beberapa faktor. “Efektivitas cairan disinfektan dipengaruhi dari beberapa faktor yaitu lama paparan, suhu, konsentrasi disinfektan, pH dan tidak adanya bahan pengganggu disinfektan contohnya adalah senyawa organik.”

PT SUCOFINDO (Persero) sebagai perusahaan Inspeksi, Pengujian dan Sertifikasi dalam komitmen mencegah penyebaran Covid-19 juga dapat memberikan pemastian pelayanan medis dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES). Selain itu, juga pemastian terhadap Hygiene Industri dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Tak hanya itu, PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan layanan penyemprotan disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

PT SUCOFINDO (Persero) saat ini tetap beroperasi melayani pelanggan, meski di beberapa Unit Kerja Pelayanan telah menerapkan bekerja dari rumah, namun dengan menggunakan teknologi informasi, hal tersebut tidak mengganggu pelayanan pelanggan.

Untuk kegiatan operasional di lapangan, Sucofindo mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi pegawainya.  Dengan menyediakan APD dan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 di area kerja maupun area publik, serta menerapkan physical distancing.  

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved