May
14
2020
     16:33

Sucofindo Gelar Pelatihan Berdonasi Strategi Memenangkan Proper Secara Online

Sucofindo Gelar Pelatihan Berdonasi Strategi Memenangkan Proper Secara Online

Jakarta - PT SUCOFINDO (Persero) gelar pelatihan berdonasi yang mengusung tema “Strategi Memenangkan PROPER” secara online sebagai bentuk komitmen SUCOFINDO dalam mengimplementasikan physical distancing guna mencegah penyebaran wabah pandemi Covid-19 juga sekaligus bentuk kepedulian SUCOFINDO bagi masyarakat. Kegiatan pelatihan PROPER ini diikuti sebanyak 127 partisipan.

Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin mengatakan, “PT SUCOFINDO (Persero) senantiasa terus menjalankan aktivitasnya meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19, hal ini tidak lantas menyurutkan semangat kami dalam berbagi ilmu juga beriringan dengan langkah SUCOFINDO dalam memberikan kontribusi terbaiknya bagi masyarakat sesuai dengan kapabilitas yang dimiliki sebagai wujud BUMN untuk Indonesia.”
PROPER adalah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam pengelolaan lingkungan yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), dengan beberapa indikator penilaian yang terukur. Partisipasi perusahaan dalam program PROPER akan mendukung kebijakan pemerintah dan berkontribusi positif bagi kelestarian lingkungan di Indonesia.

Kepala SBU Sertifikasi dan Eco Framework (SERCO) PT SUCOFINDO (Persero) Nurbeta Kurniawan mengatakan bahwa, “Kegiatan pelatihan PROPER merupakan salah satu instrumen insentif dan disinsentif bagi pelaku usaha (dunia industri) dalam hal kewajiban penaatan sebagai bagian program pengendalian dan pencemaran lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).”  
Nurbeta menjelaskan bahwa, “Partisipasi PROPER adalah kewajiban bagi perusahaan pemegang izin AMDAL yang dikategorikan sebagai kegiatan yang memiliki dampak penting dan besar. Untuk perusahaan pemegang izin UKL-UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup) akan diseleksi secara khusus dan mendapatkan surat dari KLHK untuk partisipasinya.”  


Selanjutnya Nurbeta menyampaikan, “Program PROPER bertujuan mendorong perusahaan agar menerapkan sistem yang baik dalam pengelolaan lingkungan. Jika sistem yang dimiliki perusahaan sudah baik, maka perusahaan dapat meningkatkan efisiensi absolut dalam pengurangan limbah, termasuk klaim (self-declare) secara voluntary sebagai perusahaan hijau.”

Selain itu Nurbeta mengatakan bahwa penerapan PROPER dapat memicu perusahaan untuk terus berinovasi dalam melaksanakan perbaikan sehingga dapat menciptakan pasar baru dengan menerapkan Eco design. “Melalui pelatihan ini peserta diharapkan mampu memahami strategi dasar PROPER HIJAU dan menerapkan persyaratan PROPER secara komprehensif dan lintas fungsi,” ujar Nurbeta.

Tidak hanya sharing knowledge, SUCOFINDO sebagai perusahaan BUMN yang salah satu jasanya bergerak dalam bidang pelatihan memanfaatkan momen di bulan Ramadan ini untuk saling berbagi dalam bentuk pelatihan gratis dan para peserta dapat memberikan donasi seikhlasnya yang disalurkan secara langsung ke masyarakat membutuhkan. Kemudian bukti donasi tersebut diverifikasi sebagai peserta pelatihan.
 
“Dengan diselenggarakan pelatihan online berdonasi ini seluruh peserta diharapkan semakin termotivasi untuk terus meningkatkan rasa kepeduliannya tidak hanya bagi lingkungan namun juga rasa berbagi untuk sesama manusia,” Tutur Nurbeta.

Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, SUCOFINDO saat ini dapat memberikan layanan jasa untuk industri Kesehatan, yaitu memberikan pemastian mutu pada peralatan kesehatan, dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES), pengujian pada produk handsanitizer dan disinfektan, pemastian terhadap Hygiene Industri, dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

PT SUCOFINDO (Persero) saat ini tetap beroperasi melayani pelanggan, meski di beberapa Unit Kerja Pelayanan telah menerapkan bekerja dari rumah, namun dengan menggunakan teknologi informasi, hal tersebut tidak mengganggu pelayanan pelanggan.
Untuk kegiatan operasional di lapangan, SUCOFINDO mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi pegawainya. Dengan menyediakan APD dan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 di area kerja maupun area publik, serta menerapkan physical distancing.  

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved