April
11
2019
     21:04

Sucofindo Bantu Asbanda dalam Transformasi BPD Seluruh Indonesia untuk Meningkatkan Daya Saing

Sucofindo Bantu Asbanda dalam Transformasi BPD Seluruh Indonesia untuk Meningkatkan Daya Saing

Jakarta, 11 April 2019 – PT Sucofindo (Persero), Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menyelenggarakan Acara Workshop Transformasi BPD di seluruh Indonesia dengan tema “Accelerating BPD’s Transformation Programs Through Digital Banking to Enhance Quality Service Excellence”, di Ballroom Hotel Ayana Midplaza, Jakarta (11/4).

Wimran Ismaun selaku Direktur Eksekutif Asbanda pada sambutannya mengatakan bahwa BPD perlu untuk meningkatkan mutu layanan perbankan karena hal tersebut merupakan faktor utama untuk kepuasan nasabah dan masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu, layanan dan tata kelola perbankan tidak dapat dipisahkan dari standardisasi yang disebut dengan sertifikasi ISO.

“Kesuksesan transformasi BPD ditentukan oleh tiga hal penting. Hal pertama adalah digital banking (financial technology), selanjutnya service excellence yang merupakan prasyarat penting untuk melakukan kegiatan dalam bisnis, dan yang terakhir adalah membangun strategic human capital yang baik. Ketiga hal tersebut adalah kunci untuk meningkatkan peran BPD di dalam pembangunan ekonomi Indonesia,” tutur Toto Zurianto selaku Koordinator Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Wilayah Timur, DKB IV OJK.

Melihat tantangan yang dihadapi oleh BPD tersebut maka Bachder Djohan Buddin, Direktur Utama PT Sucofindo, dalam sambutannya mengatakan bahwa Sucofindo siap untuk membantu BPD dalam melakukan transformasi digital melalui integritas layanan dengan pendekatan standar pelayanan prima mengacu pada standar ISO 9001 untuk mewujudkan bisnis yang sustainable. Sertifikasi ISO 9001 adalah bukti dari pihak ketiga terhadap konsistensi penerapan pelayanan perbankan dengan tetap menjaga kemanan data yang menjadi jiwa dari sempurnanya kualitas layanan.

Selanjutnya Bachder menambahkan, “Sebagai bagian pelayanan, keamanan data penting untuk dijaga karena data pribadi nasabah yang dilindungi oleh undang-undang digunakan dalam transaksi perbankan. Oleh karena itu, Sucofindo melalui solusi IT Security siap memberikan jaminan keamanan bagi pelanggan agar bisa berlari lebih cepat dalam menjalankan bisnisnya dan meningkatkan daya saing serta keunggulan komparatif di industri perbankan melalui proses sertifikasi ISO 27001 dan Sucofindo Omniguard sebagai basis pelindung server,”.

Selain itu, transformasi juga membutuhkan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan sektor industri saat ini. Sucofindo juga memiliki jasa Collateral Management Services (CMS) atau Manajemen dan Pusat Logistik Berikat (PLB) yang selama ini banyak ditangani oleh perbankan asing untuk menjadi solusi dalam peningkatan pendapatan BPD di masa yang akan datang.

Mengenai SUCOFINDO

PT Sucofindo (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis Sucofindo bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian Sucofindo melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan terbarukan, dan teknologi informasi.

Sucofindo memiliki lebih dari 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.


Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved