Singapore Airlines & Scoot Raih Penilaian Bintang Lima untuk Kesehatan & Keamanan Maskapai dari Skytrax
Jakarta, 10 Agustus 2021 - Singapore Airlines (SIA) dan Scoot, dua maskapai penumpang dalam naungan grup perusahaan SIA, dianugerahi peringkat bintang 5 dalam Skytrax Covid-19 Airline Safety Audit. Hal ini berdasarkan penilaian komprehensif terhadap penerapan protokol kesehatan dan keselamatan untuk para pelanggan dan staf di seluruh perjalanan.
Melalui penghargaan ini, Scoot juga menjadi maskapai penerbangan bertarif rendah pertama di dunia yang mendapatkan peringkat bintang 5 dalam kategori ini dari Skytrax.Jakarta, 10 Agustus 2021 - Singapore Airlines (SIA) dan Scoot, dua maskapai penumpang dalam naungan grup perusahaan SIA, dianugerahi peringkat bintang 5 dalam Skytrax Covid-19 Airline Safety Audit.
Hal ini berdasarkan penilaian komprehensif terhadap penerapan protokol kesehatan dan keselamatan untuk para pelanggan dan staf di seluruh perjalanan. Melalui penghargaan ini, Scoot juga menjadi maskapai penerbangan bertarif rendah pertama di dunia yang mendapatkan peringkat bintang 5 dalam kategori ini dari Skytrax.
Skytrax telah mengevaluasi lebih dari 190 protokol keselamatan dan kebersihan di SIA dan Scoot selama proses audit berlangsung. Hal ini termasuk kebersihan di bandara dan di dalam penerbangan, penerapan social distancing, penggunaan masker wajah dan cairan disinfektan, serta sistem peningkatan kebersihan lainnya. Hal ini kemudian disertifikasi berdasarkan pemeriksaan profesional dan ilmiah terhadap standar maskapai.
Predikat Skytrax 5-Star Covid-19 Safety Ratings merupakan penghargaan terbaru atas respons grup perusahaan SIA terhadap pandemi COVID-19. SIA dan Scoot telah menerapkan langkah-langkah menyeluruh untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan dan staf, serta memastikan tingkat kepedulian yang tinggi di seluruh perjalanan.
SIA dan Scoot juga memperkenalkan solusi digital yang inovatif untuk meningkatkan pengalaman perjalanan, mengurangi risiko penularan COVID-19, dan mengurangi interaksi fisik bagi pelanggan.
Mr Lee Lik Hsin, Executive Vice President Commercial, Singapore Airlines, mengatakan, “Sejak awal pandemi, kami telah meninjau dan memperkuat protokol kesehatan dan keselamatan di lebih dari 100 titik interaksi sepanjang perjalanan. Ini akan menjadi proses yang berkelanjutan karena prioritas kami adalah melakukan segala kemungkinan untuk menjaga agar pelanggan dan staf kami tetap aman setiap saat.
“Predikat bintang 5 dari Skytrax merupakan penghargaan atas komitmen kami terhadap tujuan ini. SIA telah lama dikenal untuk produk-produknya yang terkemuka di industri ini, serta pelayanan pelanggan yang memenangkan penghargaan.
Saat ini, standar kesehatan dan keselamatan kelas dunia juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari janji merek (brand promise) kami saat kami secara bertahap membangun kembali jaringan SIA dan kembali menyambut pelanggan dalam penerbangan kami.”
Mr Campbell Wilson, CEO Scoot, mengatakan, “Selain nilai, kenyamanan, kemudahan, dan keselamatan, para wisatawan juga menginginkan kebersihan yang terjamin dari sebuah maskapai. Sejak awal pandemi, Scoot telah menjadikan kesehatan dan keselamatan sebagai prioritas, meningkatkan prosedur kebersihan kami dan prosedur lainnya, serta memperkenalkan pilihan layanan mandiri untuk mengurangi atau bahkan meniadakan kontak fisik di seluruh titik interaksi kami.”
“Kami bangga menjadi maskapai penerbangan berbiaya rendah pertama di dunia yang dianugerahkan peringkat bintang 5 oleh Skytrax. Pencapaian ini mencerminkan komitmen dan kerja keras karyawan kami dalam melewati masa-masa yang penuh tantangan ini, dan memberikan keyakinan lebih kepada para pelanggan kami.”
Edward Plaisted, CEO SKYTRAX, mengatakan, “Kami dengan senang hati memberi konfirmasi bahwa Singapore Airlines dan Scoot menyediakan standar kebersihan dan keselamatan yang tinggi untuk para penumpang. Kedua maskapai telah menerapkan program keselamatan Covid-19 yang komprehensif untuk memastikan kesehatan pelanggan dan staf di setiap titik perjalanan.
Perhatian yang sangat detail terhadap konsistensi ini menjadi faktor kunci Scoot dan Singapore Airlines mencapai 5-Star Covid-19 Airline Safety Rating tertinggi. Mampu memberikan jaminan penuh kepada pelanggan tentang pengalaman perjalanan yang aman adalah faktor terpenting dalam memulihkan kepercayaan penumpang terhadap perjalanan udara.”
Catatan :
Kesehatan dan keselamatan saat bepergian dengan Singapore Airlines dan Scoot
SIA dan Scoot telah memperkenalkan langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang komprehensif untuk memastikan kesehatan seluruh pelanggan dan anggota stafnya. Langkah-langkah sebelum keberangkatan mencakup penilaian dasar atas kesehatan para penumpang, serta layanan nirsentuh seperti web check-in[1], mobile check-in[2], dan menu digital dalam penerbangan.
Baik SIA dan Scoot secara rutin memberi lapisan anti-mikroba pada permukaan yang sering disentuh termasuk di berbagai bagian kabin pesawat seperti toilet, serta area di ruang tunggu SIA. Pada pesawat tertentu, kami menggunakan mesin penyemprot elektrostatik yang mengandung bahan disinfektan untuk membersihkan kabin.
Selama penerbangan, SIA dan Scoot mewajibkan seluruh pelanggan serta para staf untuk memakai masker kecuali pada saat mereka sedang makan atau minum. Awak kabin juga wajib menggunakan goggles atau pelindung wajah, serta sarung tangan bila diperlukan. Hal ini termasuk saat berinteraksi dengan para pelanggan. Mereka juga diharuskan mengenakan pakaian pelindung pada penerbangan dari sektor tertentu.
Saat ini, seluruh surat kabar dan majalah fisik telah ditiadakan, tetapi SIA menawarkan e-Library gratis kepada para pelanggannya melalui tablet dan perangkat seluler personal mereka yang dapat mengakses ke lebih dari 1.000 publikasi global. Layanan untuk memesan makanan juga telah disederhanakan untuk mengurangi kontak fisik, namun SIA berhasil memperkenalkan kembali menu makanan favorit seperti sate dan garlic bread untuk kelas premium dalam satu nampan.
Pada bulan Desember 2020, Scoot memperkenalkan portal baru dalam penerbangannya, yakni ScootHub yang berfungsi sebagai toko serba ada untuk semua kebutuhan pelanggan dalam penerbangan. Hal ini juga dapat mengurangi kontak dan interaksi fisik antara pelanggan dan kru. Dengan ScootHub, pelanggan dapat memesan makanan dan minuman, bermain game, dan menelusuri konten perjalanan yang menginspirasi menggunakan perangkat mereka sendiri.
Semua pesawat SIA dan Scoot dilengkapi dengan filter High Efficiency Particulate Air (HEPA), yang menghilangkan lebih dari 99,9% partikel termasuk virus dan bakteri di dalam kabin. Udara di dalam kabin disegarkan setiap dua hingga tiga menit selama penerbangan. Pada penerbangan SIA, headset, penutup sandaran kepala, sarung bantal, sprei, dan selimut akan diganti pasca penerbangan.
Sedangkan pada penerbangan Scoot, penutup sandaran kepala akan diganti pasca pernerbangan. Selain itu, linen juga dicuci pada suhu tinggi untuk mendisinfeksinya setelah setiap kali selesai digunakan.
Informasi lebih lanjut tentang langkah-langkah kesehatan dan keselamatan SIA dapat ditemukan di sini. Informasi lebih lanjut tentang langkah-langkah kesehatan dan keselamatan Scoot dapat ditemukan di sini. Sementara itu, gambar dari langkah-langkah kesehatan dan keselamatan SIA dan Scoot dapat ditemukan di sini.
Pada bulan Desember 2020, SIA juga meluncurkan uji coba pada proses verifikasi kesehatan secara digital, ini menjadi yang pertama di dunia yang berdasarkan pada kerangka kerja International Air Transport Association’s Travel Pass.
Hal ini memungkinkan para pelanggan untuk menyimpan dan menunjukkan informasi terkait tes COVID-19 dengan aman, serta status vaksinasi mereka di masa mendatang. Hal ini dapat membantu untuk mendukung pemulihan industri yang aman dan terkalibrasi dari pandemi COVID-19. Scoot juga berencana untuk segera menguji coba aplikasi IATA Travel Pass untuk penerbangan tertentu, dan detail lebih lanjut akan kami bagikan jika sudah tersedia.