April
23
2020
     10:16

Sambut Ramadhan, CIMB Niaga Syariah Siap Layani Pembayaran ZIS Secara Digital

Sambut Ramadhan, CIMB Niaga Syariah Siap Layani Pembayaran ZIS Secara Digital

JAKARTA. Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1441 H, Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) siap memfasilitasi masyarakat dalam membayarkan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) secara digital. CIMB Niaga Syariah telah bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) terpercaya yang akan menyalurkan donasi kepada masyarakat yang membutuhkan.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk memperbanyak amal kebaikan seperti berbagi donasi ZIS. Di tengah penerapan physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19), pergerakan masyarakat menjadi terbatas, sehingga tidak dapat menyalurkan ZIS secara langsung.

"Sebagai solusinya, CIMB Niaga Syariah menyediakan cara pembayaran ZIS melalui kanal digital yaitu Go Mobile dan CIMB Clicks, sehingga nasabah tetap dapat menunaikan amal untuk membantu sesama tanpa perlu keluar rumah. Kami berharap dengan kemudahan ini penghimpunan donasi ZIS selama Ramadhan dapat berjalan dengan baik,” kata Pandji di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Sesuai Surat Edaran Menteri Agama No.8 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembayaran Zakat serta Optimalisasi Wakaf sebagai Jaring Pengaman Sosial dalam Kondisi Darurat Kesehatan COVID-19, Pandji mengajak masyarakat untuk menyegerakan pembayaran ZIS kepada LAZ, sehingga hasilnya dapat dimaksimalkan untuk membantu para mustahik yang membutuhkan.

Pandji menjelaskan, pembayaran ZIS melalui Go Mobile kini semakin praktis. Nasabah cukup login ke aplikasi Go Mobile, pilih menu Pembayaran Tagihan dilanjutkan Donasi dan Zakat, pilih LAZ, lengkapi detil termasuk nominal donasi atau zakat, dan selesaikan dengan konfirmasi PIN Go Mobile. Selain itu, nasabah juga bisa menggunakan menu transfer terjadwal dan scan QR langsung dari genggaman tangan.

Melalui kanal digital tersebut,  nasabah dapat membayarkan ZIS ke beragam LAZ mitra CIMB Niaga Syariah. Diantaranya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Daarut Tauhid Peduli, Baitul Mal Hidayatullah (BMH), PPPA Daarul Qur'an, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Rumah Yatim, Nurul Hayat, dan Yayasan Kesejahteraan Madani.

Lembaga-lembaga tersebut akan menyalurkan ZIS dari nasabah dalam bentuk program yang memberikan manfaat luas kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Mulai dari paket sembako, paket menu buka puasa, parsel untuk anak-anak yatim, hingga dakwah digital. Uluran ZIS dari para donatur akan meringankan beban ekonomi masyarakat, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang.

“Sebagai UUS Bank BUKU 4 dengan fasilitas perbankan digital terlengkap di Indonesia, kami senang dapat terus memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai dengan kapabilitas kami. Tidak saja melalui beragam produk dan layanan perbankan, lebih dari itu juga kanal pembayaran digital sebagai saluran untuk menebarkan kebaikan kepada masyarakat. Selamat menyambut bulan suci Ramadhan,” tutup Pandji.

Tentang CIMB Niaga

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun Syariah, melalui 451 jaringan kantor per 31 Desember 2019, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 376, kantor kas dan payment point sebanyak 15 unit, 33 Digital Lounge, dan kas mobil sebanyak 27 unit. CIMB Niaga memiliki 13.269 karyawan (konsolidasi) per 31 Desember 2019.  

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan Syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di seluruh negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 31 Desember 2019, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD12,5 miliar.

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved