July
29
2021
     10:39

Sah Dilantik, Dewan Pengawas BLU LPMUKP Diharapkan Kawal BLU Sentuh Pelaku Usaha Kecil

Sah Dilantik, Dewan Pengawas BLU LPMUKP Diharapkan Kawal BLU Sentuh Pelaku Usaha Kecil

JAKARTA (28/7) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah sah memiliki Dewan Pengawas untuk Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP). Acara pelantikan Dewan Pengawas tersebut dilaksanakan di Kantor Pusat KKP, Jakarta, Rabu (28/7/2021).

Pelantikan ini menandakan bahwa untuk kali pertamanya BLU LPMUKP memiliki Dewan Pengawas secara definitif. “Pengambilan sumpah baru pertama kali dilakukan, karena Dewasnya pun baru. LPMUKP ini seperti bank mikro dengan bunga yang sangat rendah.

Dengan adanya Dewas, diharapkan pinjaman bisa mencapai yang terbaik, terjujur, dan terselektif, (yang) menandakan Dewas kerja keras,” ucap Antam Novambar, Sekretaris Jenderal KKP sekaligus sebagai pelantik Dewan Pengawas dalam sambutannya.

Dewan Pengawas yang dilantik terdiri dari Tony Sumantri sebagai Ketua Dewan Pengawas, serta empat orang lainnya sebagai anggota yakni Cipto Hadi Prayitno, Ishartini, Wawan Sunarjo, dan Agus Hermanto. Ke depannya Dewas dapat bekerja untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi LPMUKP dimana lembaga ini memiliki peran yang mulia yaitu untuk meningkatkan akses permodalan bagi pelaku usaha kelautan dan perikanan, terutama skala mikro, kecil dan menengah.

Dengan fungsinya sebagai lembaga yang menyalurkan pinjaman modal kepada pelaku UMKM di sektor kelautan dan perikanan, Antam berharap bahwa dengan adanya Dewas ini dapat mengawal secara langsung pemberian pinjaman modal secara tepat sasaran dan menyentuh masyarakat kecil.

“Tolong betul-betul menyentuh pelaku usaha yang kecil-kecil. Selain untuk memajukan BLU, kami berharap BLU ini bisa menyentuh rakyat kecil, bisa meningkatkan taraf hidup mereka, saya berharap betul. Apalagi sekarang Pak Menteri Sakti Wahyu Trenggono ada program-program unggulan, agar bisa mengarah ke sana. Karena selain meningkatkan taraf ekonomi, juga bisa mencerdaskan anak-anak bangsa,” ucap Antam memberikan arahan.

Pelantikan ini juga merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 57 Tahun 2021 tetang Dewan Pengawas Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP) untuk Tahun 2021 – 2026.

Adanya sumpah jabatan Dewas BLU membuktikan komitmen nyata KKP dalam menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan transparan, khususnya demi tercapainya bantuan modal bagi pelaku UMKM di sektor kelautan dan perikanan yang tepat sasaran.

“Bagi saudara-saudara yang dilantik, saya yakin pengalaman saudara bisa diterapkan di BLU ini, terutama Pak Tony yang pernah bekerja di bank, tolong Pak Tony, tegas. Buktikan. Lalu kepada Pak Cipto dan Bu Ishartini, saya tahu kerja saudara-saudara, saya tahu saudara bisa menjadi Dewas, dan juga untuk Pak Agus dan Pak Wawan,” tutup Antam.

 


Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved