April
27
2020
     17:39

PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi Kembali Bangun Fasilitas Sarana Air Bersih

PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi Kembali Bangun Fasilitas Sarana Air Bersih
Publisher

Sukabumi- SCG melalui anak perusahaannya, PT Semen Jawa dan PT Tambang Sukabumi kembali mendukung himbauan pola hidup bersih dan sehat dengan #PeduliBersama sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19. Hal ini diimplementasikan dengan kontribusinya pada masyarakat Sukabumi melalui pembangunan sarana air bersih dan pembagian sabun cuci tangan gratis bagi warga Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju. Setelah dibangunnya sarana air bersih ini, warga tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mengambil air bersih. Pembangunan sumur air bersih dan torrent telah dilakukan agar 70 rumah mendapatkan fasilitas air bersih. Karyawan SCG dan masyarakat bahu membahu membangun sumur dan penampunganan air bersih di dekat perkampungan agar masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan air bersih. Sebelumnya, ketersediaan air bersih menjadi salah satu kendala dalam menjalankan gaya hidup bersih dan sehat.

“Alhamdulilah dengan adanya kontribusi dari PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi dalam pembangunan sarana air bersih di dekat rumah kami, kami tidak perlu lagi berjalan hingga 200 m untuk mengambil air bersih. Hidup sehat jadi lebih mudah dengan adanya akses air bersih yang lebih dekat“, ungkap  Fatimah, 45 Tahun, warga Kampung Cibanteng, Desa Sukamaju, Kabupaten Sukabumi.

Selain pembangunan sarana air bersih, sosialisasi dalam upaya penanganan Covid-19 pun dilakukan dengan dibagikannya sabun cuci tangan gratis untuk warga Kampung Cibanteng. Hal ini menjadi salah satu cara agar masyarakat dapat terbiasa mencuci tangan pakai sabun seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah dalam rangka meminimalisir pencegahan Covid-19.

“Pembangunan sarana air bersih ini merupakan salah satu upaya PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, melalui kegiatan Bina Lingkungan atau BiLik Semen Jawa. Sarana yang baru saja selesai dibangun sehingga dapat mengalirkan air bersih di 2 RT di Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju. Selain itu, PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi juga berupaya mendukung himbauan pemerintah dalam perangi Covid-19 dengan mengajak masyarakat untuk #PeduliBersama dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat melalui pembagian sabun cuci tangan kepada lebih dari 100 warga Kampung Cibanteng dan Nangela, Desa Sukamaju, Kabupaten Sukabumi”, jelas Somchai Dumrongsil, Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi.

Penanganan Covid-19 pun sebelumnya telah dilakukan oleh PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi melalui donasi yang diberikan senilai 165 Juta Rupiah untuk penyediaan APD, masker, sabun cuci tangan dan sosialisasi terkait pencegahan Covid-19 di Sukabumi. Selain donasi tersebut, PT Semen Jawa  dan PT Tambang Semen Sukabumi juga telah melakukan beberapa program Bina Lingkungan (BiLik) yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19  melalui pembangunan sarana air bersih di Kampung Tanjungsari, Desa Sirnresmi. Program ini menjadi salah satu implementasi filosofi SCG people yakni kepedulian terhadap tanggung jawab sosial. Seluruh karyawan SCG dimanapun beroperasi perlu menanamkan rasa kepedulian yang tinggi selama menjadi bagian dari SCG. Selanjutnya, program BiLik ini akan berlanjut di desa lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup di masyarakat Sukabumi.

Tentang SCG
SCG, merupakan salah satu pemimpin bisnis terkemuka di kawasan ASEAN, terdiri dari tiga bisnis utama, yakni: SCG Cement – Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging. Melalui lebih dari 200 perusahaan dan sekitar 57.000 karyawan, SCG menciptakan dan mendistribusikan produk dan layanan inovatif yang menjawab kebutuhan konsumen saat ini dan masa depan.

SCG memulai operasi bisnis di Indonesia sejak 1995 dengan bisnis perdagangan dan secara bertahap mengembangkan investasinya dalam bisnis yang berbeda pada industri cement-building materials, chemicals, dan packaging. Hingga hari ini, memiliki total 30 perusahaan di seluruh Indonesia dan memiliki lebih dari 8300 karyawan, SCG menawarkan variasi produk dan layanan premium.

Produk yang ditawarkan adalah produk infrastruktur di bawah merek ‘SCG’ termasuk SCG Cement, beton siap pakai Jayamix SCG, beton ringan SCG Smartblock, SCG pipe dan precast, dinding keramik, lantai, dan keramik atap di bawah merek ‘KIA’, PVC resin, corrugated containers, dan kemasan offset printing. SCG juga menawarkan produk semen fiber dan produk kimia upstream-downstream dari bisnis joint-venture dengan mitra industri Indonesia. Selain itu, SCG juga memiliki bisnis distribusi bahan bangunan dan layanan terminal dermaga yang mendukung penjualan dan logistik untuk bisnis di seluruh Indonesia.

Tentang PT Semen Jawa
PT. Semen Jawa adalah anak perusahaan SCG dan mengelola produksi semen di Indonesia. Pabrik PT Semen Jawa terletak di Sukabumi dengan daya produksi total 1.8 Juta ton dan telah beroperasi sejak 2015. Fasilitas pabrik PT. Semen Jawa dirancang dengan menggunakan konsep Green Manufacturing dan teknologi kelas dunia. Sesuai dengan SCG, perusahaan ini menjunjung prinsip pembangunan berkelanjutan yang menyeimbangkan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Tentang PT Tambang Semen Sukabumi
PT Tambang Semen Sukabumi (TSS) merupakan anak perusahaan SCG yang bergerak dalam penambangan Batu Gamping (Limestone) dan Lempung (Shale) yang ditujukan sebagai bahan dasar utama semen yang dipasok ke pabrik PT Semen Jawa

 

 

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved