March
18
2020
     16:19

Pemerintah Kabupaten Sukabumi Apresiasi Peran PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi

Pemerintah Kabupaten Sukabumi Apresiasi Peran PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi
Publisher

Sukabumi, 18 Maret 2020 – SCG, melalui anak perusahaannya PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, memperoleh piagam apresiasi dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) atas kontribusinya terhadap pembangunan desa-desa di Kabupaten Sukabumi. Adapun desa tersebut yakni Desa Sinaresmi, Kebonmanggu, Wangunreja, Tanjungsari, dan Sukamaju. Program Pemberdayaan masyarakat di lima desa tersebut diselenggarakan berdasarkan pada prinsip pembangunan berkelanjutan yang merupakan nilai utama SCG dalam menjalankan bisnisnya. Kolaborasi antara SCG dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi ini juga bertujuan untuk mendukung penyelesaian masalah sosial yang meliputi lima aspek yaitu infrastruktur, kesehatan, pendidikan, ekonomi produktif, agama, serta budaya; dan untuk mendorong masyarakat Sukabumi untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Somchai Dumrongsil, Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, menjelaskan, “Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan pemerintah setempat, dan mengimplementasikan Program Pemberdayaan Masyarakat tahun 2019 untuk 5 desa di Kabupaten Sukabumi. Apresiasi yang diberikan ini menjadi sebuah motivasi bagi kami untuk dapat terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat dimana kami beroperasi, sekaligus mendukung pemerintah kabupaten Sukabumi dalam mencapai tujuan pembangunan masyarakat yang berkelanjutan.”

Dalam pelaksanaannya, program pemberdayaan masyarakat SCG di Kabupaten Sukabumi terintegrasi dengan rencana pemerintah di lima desa yang telah dikembangkan bersama antara pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, kepala desa, dan tokoh masyarakat yang telah ditandatangani pada 30 November 2018 di Sukabumi. Kesepakatan ini merupakan bukti komitmen SCG dalam menaati peraturan dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat dimana kami beroperasi. “Saat ini kami tengah berfokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur bagi masyarakat Sukabumi. Oleh sebab itu, kami sangat mengapresiasi antusiasme SCG dalam berkolaborasi untuk mewujudkan Program Pemberdayaan Masyarakat, yang tentunya akan memberikan dampak dan akselerasi terhadap pembangunan ekonomi dan sosial di masyarakat,” jelas Dr. Maman Abdurahman, M.Pd., Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Adapun program-program yang dikembangkan oleh PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi bersama masyarakat antara lain program ekonomi kreatif: Keripik Pisang Kartini, Beasiswa untuk 465 siswa siswi SD dan SMP, Beasiswa SCG Sharing The Dream untuk 150 siswa tingkat SMA dan sederajat serta 4 mahasiswa tingkat sarjana, Klinik Keliling, dan berbagai pembangunan infrastruktur. Program-program tersebut merupakan wujud nyata komitmen SCG terhadap pemberdayaan masyarakat dan penegakkan prinsip berkelanjutan, akuntabilitas, partisipasi pemangku kepentingan, transparansi, dan kemitraan. PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi juga berkomitmen untuk dapat terus berkontribusi pada tahun 2020 untuk mendukung Sukabumi yang lebih baik.

Tentang SCG

SCG, merupakan salah satu pemimpin bisnis terkemuka di kawasan ASEAN, terdiri dari tiga bisnis utama, yakni: SCG Cement – Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging. Melalui lebih dari 200 perusahaan dan sekitar 57.000 karyawan, SCG menciptakan dan mendistribusikan produk dan layanan inovatif yang menjawab kebutuhan konsumen saat ini dan masa depan.

SCG memulai operasi bisnis di Indonesia sejak 1995 dengan bisnis perdagangan dan secara bertahap mengembangkan investasinya dalam bisnis yang berbeda pada industri cement-building materials, chemicals, dan packaging. Hingga hari ini, memiliki total 30 perusahaan di seluruh Indonesia dan memiliki lebih dari 8300 karyawan, SCG menawarkan variasi produk dan layanan premium.

Produk yang ditawarkan adalah produk infrastruktur di bawah merek ‘SCG’ termasuk SCG Cement, beton siap pakai Jayamix SCG, beton ringan SCG Smartblock, SCG pipe dan precast, dinding keramik, lantai, dan keramik atap di bawah merek ‘KIA’, PVC resin, corrugated containers, dan kemasan offset printing. SCG juga menawarkan produk semen fiber dan produk kimia upstream-downstream dari bisnis joint-venture dengan mitra industri Indonesia. Selain itu, SCG juga memiliki bisnis distribusi bahan bangunan dan layanan terminal dermaga yang mendukung penjualan dan logistik untuk bisnis di seluruh Indonesia.

Tentang PT Semen Jawa

PT. Semen Jawa adalah anak perusahaan SCG dan mengelola produksi semen di Indonesia. Pabrik PT Semen Jawa terletak di Sukabumi dengan daya produksi total 1.8 Juta ton dan telah beroperasi sejak 2015. Fasilitas pabrik PT. Semen Jawa dirancang dengan menggunakan konsep Green Manufacturing dan teknologi kelas dunia. Sesuai dengan SCG, perusahaan ini menjunjung prinsip pembangunan berkelanjutan yang menyeimbangkan antara aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Tentang PT Tambang Semen Sukabumi

PT Tambang Semen Sukabumi (TSS) merupakan anak perusahaan SCG yang bergerak dalam penambangan Batu Gamping  (Limestone) dan Lempung (Shale) yang ditujukan sebagai bahan dasar utama semen yang dipasok ke pabrik PT Semen Jawa.


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved