December
14
2021
     17:58

PT Johnson & Johnson Indonesia Melanjutkan Komitmennya untuk Kampanye Kesadaran Depresi

PT Johnson & Johnson Indonesia Melanjutkan Komitmennya untuk Kampanye Kesadaran Depresi

Jakarta, 14 Desember 2021 – Selama lebih dari 60 tahun, Johnson & Johnson telah berdedikasi untuk meningkatkan tingkat kesembuhan penderita gangguan jiwa. Selama setengah abad terakhir, Janssen Pharmaceutical Companies of Johnson & Johnson telah menemukan, mengembangkan, dan meluncurkan banyak perawatan inovatif untuk kondisi yang memengaruhi otak dan sistem saraf pusat.

Kesehatan jiwa berdampak pada kesehatan fisik, sosial, dan ekonomi individu dan masyarakat di seluruh dunia. Lebih dari tiga perempat orang yang menderita penyakit jiwa tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah dimana akses untuk perawatan kesehatan jiwa yang berkualitas sangat terbatas. Bahkan lebh dari 75% orang dengan gangguan jiwa tidak mendapatkan perawatan sama sekali. [1]
 
Laporan baru menyerukan fokus yang lebih besar pada sub-tipe depresi
 
Berdasarkan temuan utama dari dokumen white paper di wilayah Asia Pasifik bertajuk “Rising Social and Economic Cost of Major Depression: Seeing the Full Spectrum” yang disponsori oleh Johnson & Johnson Pte. Ltd. dan dilakukan oleh KPMG di Singapura, terdapat kurang dari separuh pasien yang berjuang melawan gangguan depresi mayor (Major Depressive Disorder / MDD) di kawasan Asia Pasifik menerima diagnosis[2], yang tepat, dengan 71% pasien MDD menderita gejala yang memburuk karena pengobatan tidak disesuaikan dengan kebutuhan mereka. [3]
 
Data dari White Paper tersebut mengungkapkan bahwa Asia Pasifik memiliki tingkat penyakit depresi dan penyakit jiwa yang jauh lebih tinggi daripada bagian lain dunia. Dokumen tersebut menyoroti bahwa orang yang hidup dengan depresi 40% kurang produktif daripada individu yang sehat, sedangkan harapan hidup seseorang dengan MDD adalah 20 tahun lebih pendek dari rata-rata. [4]
 
Penyebaran eksponensial dari pandemi COVID-19 juga bertindak sebagai faktor pendorong dalam pertumbuhan segmen tele-health di Indonesia. Ini sangat bermanfaat bagi pasien serta profesional terlatih dalam domain perawatan kesehatan mental karena memungkinkan individu untuk memanfaatkan konsultasi profesional tanpa harus mengunjungi rumah sakit atau pusat perawatan primer.

Dengan peningkatan penetrasi internet di seluruh negeri, memungkinkan psikiater dan terapis terlatih untuk melayani lebih banyak pasien tanpa dibatasi oleh geografi. Ini juga dapat memecahkan masalah kekurangan tenaga profesional terlatih dalam jangka pendek.
 
Berdasarkan data riset kesehatan dasar dari Kementerian Kesehatan Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 6.1% penduduk berumur setidaknya 15 tahun di Indonesia menderita depresi.[5] Tidak ada data persis mengenai berapa banyak dari populasi ini yang menderita gangguan depresi mayor, namun diasumsikan bahwa proporsinya cukup besar. Selanjutnya, berdasarkan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Indonesia tahun 2019, terdapat 1800 jiwa/tahun yang meninggal akibat bunuh diri, dimana 23.2% dari kalangan ini menyandang penyakit jiwa. [6]
 
Sebagai keberlanjutan komitmen Johnson & Johnson di Indonesia terhadap peningkatan kepedulian atas kesehatan jiwa, maka pada tanggal 4 Desember 2021 dan 14 Desember telah melaksanakan Depression Awareness Campaign “Kupas Tuntas Mengenai Depresi” secara virtual.
 
Istilah depresi tidak asing bagi kita. Depresi adalah perasaan sangat sedih atau suasana hati yang buruk. Sebagian besar dari kita pernah merasakannya. Pada sebagian orang depresi dapat reda dan tidak berdampak, namun bagi yang lain depresi dapat menjadi gangguan berat hingga berdampak pada kesehatan mentalnya dan perlu diwaspadai kemungkinan menderita Gangguan Depresi Mayor.
 
Dalam ilmu kedokteran jiwa atau psikiatri, untuk mendiagnosis seseorang mengalami gangguan depresi mayor perlu diketahui apa saja gejala-gejala yang dialami. Gangguan depresi mayor tidak hanya merupakan gangguan emosional atau suasana hati, namun umumnya juga menunjukkan gejala, fisik, psikis dan sosial yang khas.
 
Beberapa gejala gangguan depresi mayor adalah rasa sedih yang terus menerus, pesimis, rasa tidak berdaya, gampang tersinggung, insomnia, sulit makan, menarik diri hingga melakukan usaha untuk bunuh diri.
 
Sebagai suatu peyakit, gangguan depresi mayor dapat ditangani dengan benar oleh tenaga medis atau tenaga kesehatan jiwa profesional. Selain itu keluarga dan pendamping berperan penting dalam kesembuhan pasien.
 
Penanganan gangguan depresi mayor mungkin membutuhkan kombinasi dari psikoedukasi, psikoterapi, pengobatan atau farmakoterapi (menggunakan antidepresan yang tersedia dalam bentuk tablet, semprotan hidung (nasal spray), dan sebagainya), dan neurostimulasi – dimana contoh neurostimulasi adalah repetitive Transcranial Magnetic Stimulation (rTMS) dan Electroconvulsive Therapy (ECT).
 
Jika Anda atau keluarga atau teman Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas dan mencurigai adanya gangguan depresi mayor, terutama bila ada niat untuk melukai diri sendiri dan atau bunuh diri, segeralah berkonsultasi pada tenaga kesehatan jiwa professional, seperti psikiater, dokter umum, atau psikolog.
 
Tentang Johnson & Johnson

Di Johnson & Johnson, kami percaya kesehatan yang baik adalah fondasi dari kehidupan yang aktif, komunitas yang berkembang dan maju. Itu sebabnya selama lebih dari 130 tahun, kami bertujuan untuk menjaga Kesehatan dari orang-orang di setiap tahapan usia dan kehidupan. Saat ini, sebagai salah satu perusahaan perawatan kesehatan terbesar dan berbasis luas di dunia, kami berkomitmen untuk menggunakan jangkauan dan kemampuan kami untuk kebaikan. Kami berupaya untuk meningkatkan akses dan keterjangkauan, menciptakan komunitas yang lebih sehat, dan menempatkan pikiran yang sehat, tubuh dan lingkungan yang sehat untuk siapapun dan dimanapun. Kami memadukan hati, ilmu pengetahuan dan ketulusan untuk mengubah arah lintasan kesehatan bagi kemanusiaan.

Tentang PT Johnson & Johnson Indonesia

PT Johnson & Johnson Indonesia merupakan perusahaan operasi lokal dari Johnson & Johnson yang dikenal sebagai perusahaan perawatan kesehatan terbesar dan paling luas di dunia. Didirikan pada tahun 1973, PT Johnson & Johnson Indonesia bergerak di empat sektor bisnis yang berbeda, yaitu sektor: Consumer Health, Pharmaceutical, Medical Devices dan Vision. Merek-merek ternama dari sektor Consumer Health antara lain adalah JOHNSON’S, NEUTROGENA, CLEAN & CLEAR, LISTERINE, CAREFREE, MYLANTA, BENADRYL, dan COMBANTRIN.


Release Terkini

No Release Found


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved