December
02
2019
     21:47

Permintaan Produk Indonesia Tumbuh Signifikan di 11.11 Global Shopping Festival Alibaba Tahun Ini

Permintaan Produk Indonesia Tumbuh Signifikan di 11.11 Global Shopping Festival Alibaba Tahun Ini

JAKARTA, 02 December 2019 - Pada tanggal 12 November 2019 lalu, Alibaba mengumumkan pencapaian Gross Merchandise Value RMB268,4 miliar (US$38,4 miliar) pada 11.11. Global Shopping Festival 2019, meningkat 26% dibandingkan GMV tahun 2018. Total GMV pada tahun 2018 adalah RMB213,5 miliar (US$30.8 miliar).

Dari lebih dari 22.000 brand internasional dari 78 negara dan wilayah yang berpartisipasi memeriahkan 11.11 Global Shopping Festival 2019, sejumlah brand Indonesia juga menggunakan 11.11 untuk memperkenalkan produk, membangun merek, dan terhubung dengan konsumen Tiongkok.

Kiprahnya pun menggembirakan, dengan pertumbuhan 11x YoY, berikut adalah kilasannya:

Pembelian produk impor dari Indonesia melalui Tmall Global mengalami kenaikan, signifikan dengan pertumbuhan GMV sebesar lebih dari 11x YoY. *)

Kategori produk terlaris yang diimpor dari Indonesia dan dipasarkan melalui Tmall Global adalah: *)
perawatan rambut,
biskuit
makanan instan
ransel
bahan-bahan pembuatan kue

Brand Indonesia terlaris yang paling banyak dibeli oleh konsumen Tiongkok melalui Tmall Global dari sisi GMV: *)
1) Ellips;

2) Indomie;

3) Kara;

4) Gemez;

5) Gery;

6) Richeese;

Brand vitamin rambut dari Kino, Ellips, mencapai penjualan 40x lipat di 11.11. dibandingkan penjualan hariannya, bahkan menjadi brand Indonesia paling diminati di 11.11. (sumber data: Tmall Global)

Salah satu produk wafer dari brand Tango, dipromosikan Tmall dalam acara Gala dan countdown 11.11 sebagai bagian dari paket Tmall Magic Box yang sold out dalam waktu 2 jam. Minat konsumen akan merek Tango meningkat 115,62% di periode 11.11. (sumber data: Tmall Global dan Orang Tua Group)

*) Sumber data: Alibaba Group

Qian Yi, Deputy General Manager Tmall Global dan General Manager Cross Border Business Lazada Group, yang memimpin program Alibaba Group: ‘Sell to China’ untuk brand-brand Asia Tenggara, mengatakan, “Sungguh menggembirakan melihat pertumbuhan permintaan terhadap produk-produk Indonesia yang sangat tinggi dan kesuksesan brand seperti Tango dan Ellips. Ini membuktikan bahwa brand-brand Indonesia juga bisa meraih akselerasi petumbuhan di pasar global, terutama di pasar yang menantang seperti Tiongkok.

Tmall Global adalah gerbang utama ke Tiongkok bagi brand-brand internasional yang ingin memasuki pasar Tiongkok tanpa harus memiliki operasional fisik di sana. Tmall Global adalah platform dalam Alibaba Group yang menghubungkan brand internasional dengan konsumen Tiongkok yang mencari produk-produk trendi dari seluruh dunia yang suit didapatkan secara lokal di Tiongkok.

Tmall Global and Lazada baru-baru ini meresmikan model kerja sama dimana brand pada platform LazMall dapat memperluas jangkauan mereka ke Tiongkok, melalui proses yang lebih praktis dan dukungan penuh untuk membangun flagship store di Tmall Global.

Qian Yi menambahkan, “Kami berkomitmen untuk mendukung brand-brand Indonesia, supaya mereka bisa memanfaatkan kemudahan perdagangan lintas-negara di era digital ini serta menghadirkan platform untuk menawarkan berbagai produk berkualitas tinggi kepada konsumen Tiongkok. Kami berharap, cara ini bisa semakin mendorong pelaku bisnis di Indonesia untuk memenuhi permintaan konsumen Tiongkok terhadap produk impor berkualitas tinggi.”

Kesuksesan Debut Ellips di 11.11

Sementara itu, kesuksesan Ellips di 11.11 tahun ini tidak lepas dari peran Tmall Global dan Lazada. Ellips adalah brand Indonesia pertama yang membuka flagship store yang difasilitasi model kerja sama Tmall Global dan Lazada dalam program Sell to China.

Flagship store Ellips diluncurkan pada bulan Juli 2019 menjelang penyelenggaraan 11.11.

Mengomentari kesuksesan Ellips di 11.11, Harry Sanusi, Presiden Direktur PT Kino Indonesia, Tbk mengatakan: “Kami datang ke Tiongkok pertama kali pada awal tahun 2019 dengan misi Go Global. Lalu, kami melihat potensi Ellips yang besar untuk dijual melalui Tmall Global, terlebih lagi potesi dari 11.11. Global Shopping Festival. Dengan dukungan penuh dari Tmall Global, Lazada dan ekonomi digital Alibaba, kami sangat bangga menginformasikan bahwa, kami berhasil mencatatkan peningkatan penjualan 40 kali lipat pada 11.11 dibanding penjualan regular adalah awal yang sangat luar biasa.”

Harry Sanusi melanjutkan, KINO sangat antusias bahwa produk vitamin rambut Ellips yang dirancang untuk konsumen di iklim tropis seperti Indonesia mendapat sambutan baik di Tiongkok. “Karenanya, kami optimis bahwa penjualan Ellips akan terus meningkat," tambahnya.

Pencapaian Tango di 11.11

Tango, brand wafer dari Orang Tua Group yang telah hadir di pasar Tiongkok sejak tahun 2016 dan telah mengalami pertumbuhan pesat sebesar 100% YoY, untuk pertama kalinya mencatatkan pertumbuhan luar biasa pada festival 11.11 tahun ini.

Joni, CEO International Business dari Orang Tua Group, mengatakan, “Tango mendapatkan eksposur yang sangat besar pada Festival Belanja Global 11.11. Selain menjadi produk unggulan pada acara gala hitung mundur 11.11, Tango juga dipromosikan pada laman utama online Youku dan diperkenalkan pada konsumen luas melalui Viya – influencer nomor satu di platform livestreaming Alibaba: Taobao Live.”

“Saat Viya livestreaming mempromosikan Tmall Magic Box, yang salah satunya adalah produk wafer dari Tango, sesi itu ditonton oleh lebih dari 43 juta konsumen Tiongkok. Tak heran jika Tmall Magic Box pun ludes dalam dua jam setelah 11.11 dimulai. Dan berkat Alibaba dan Tmall Global, ketertarikan konsumen para produk Tango meningkat 115,62% di periode 21 Oktober hingga 11 November 2019, dibandingkan dengan periode sebelumnya. Untuk brand yang masih sangat muda di Tiongkok, angka ini tentu menunjukkan potensi yang prospektif,” tutur Joni.

Joni menambahkan, “Alibaba dan Tmall Global telah menjadi mitra strategis dalam pertumbuhan bisnis Tango di Tiongkok. Mereka memungkinkan kami untuk menjangkau konsumen di seluruh wilayah Tiongkok, dan memberikan informasi tren konsumsi yang berharga, tanpa beban logistik maupun biaya yang tinggi. Kami berharap bisa terus memperkuat kerjasama ini, terutama untuk menghadapi tantangan dalam membesarkan brand di pasar Tiongkok yang dinamis.

Untuk informasi lanjut mengenai Alibaba Group, silakan kunjungi http://www.id.alibabanews.com

Tentang Alibaba Group - Misi Alibaba Group adalah untuk memudahkan setiap orang untuk melakukan bisnis di mana saja. Alibaba bertujuan untuk membangun infrastruktur perdagangan masa depan dan memiliki visi pelanggannya akan bertemu, bekerja dan tinggal di Alibaba, dan akan menjadi perusahaan yang bertahan setidaknya hingga 102 tahun.


Contact Information 1:
Dian Safitri

dian.safitri@alibaba-inc.com
+6281 6191 6408

Release Terkini