May
12
2021
     14:18

Perkuat Strategi Ekosistem Terbuka, Platform dan Layanan OVO Berkembang di Tengah Pandemi

Perkuat Strategi Ekosistem Terbuka,  Platform dan Layanan OVO Berkembang di Tengah Pandemi
Publisher

Jakarta - Di tengah kondisi perekonomian yang tidak stabil sebagai dampak dari pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai, OVO sebagai salah satu platform pembayaran digital, rewards dan layanan finansial terdepan di Indonesia, mampu terus bertahan dan bahkan dapat meningkatkan platform dan layanannya. Inovasi, diversifikasi dan peningkatan kualitas layanan menjadi kata kunci bagi OVO untuk  menghadapi pandemi yang terjadi sejak tahun lalu.

“Platform dan layanan  OVO selama tahun 2020 mampu tumbuh dan berekspansi berkat dukungan masyarakat dan mitra yang menjadikan OVO sebagai platform layanan finansial pilihan mereka. Perkembangan tersebut sejalan dengan perluasan ekosistem OVO yang semakin berkembang dan terdiversifikasi di 2020, menghadirkan produk baru dan manfaat lebih bagi pengguna OVO melalui kolaborasi strategis yang dijalankan dengan berbagi pelaku industri, dari UMKM hingga perusahaan-perusahaan terkemuka,” kata Head of Corporate Communication OVO, Harumi Supit.

Terlihat pada awal pandemi, OVO mencatat peningkatan pertumbuhan pengguna baru, yang tidak terlepas juga dari upaya OVO dalam mendukung masyarakat, baik melalui program yang bertujuan memudahkan transisi offline ke online maupun melalui donasi Patungan untuk Berbagi.

“OVO berterimakasih kepada masyarakat Indonesia, khususnya para pengguna setia OVO karena di tengah kondisi pandemi, transaksi digital justru meningkat dengan pesat, di mana akselerasi  digital/ digitalisasi menjadi faktor penting dalam memulihkan perekonomian Indonesia, terutama pada sektor UMKM yang memegang peranan substansial dalam menggerakkan perekonomian Indonesia,” lanjutnya.

Performa tersebut tidak lepas dari strategi ekosistem terbuka yang OVO terapkan selama ini. Melalui ekosistem terbuka tersebut, OVO terus melakukan inovasi, peningkatan kualitas dan kolaborasi strategis yang berkelanjutan dengan banyak mitra yang kredibel seperti Bank BRI, Manulife Aset Manajemen Indonesia, Prudential Indonesia, Zalora, Lazada, Blibli, Bhinneka, HappyFresh dan masih banyak lagi.

Pada akhir tahun, OVO sudah hadir di 426 kota/kabupaten dan lebih dari 1.500.000 merchant sudah bergabung di OVO, termasuk lebih dari lebih dari 950.000 UMKM yang telah mengimplementasikan QRIS. Jumlah pelaku UMKM yang menjadi mitra OVO bahkan meningkat sebanyak 95% sepanjang 2020 dibandingkan 2019.

“Sebagai perusahaan dengan strategi ekosistem terbuka,  OVO terus memperluas jaringan dan menciptakan interoperabilitas dengan mitra strategis yang cukup dipercaya orang untuk membelanjakan uang mereka,” ujar Harumi.

Selanjutnya di paruh kedua tahun 2020, OVO berkolaborasi dengan mitra finansial dalam menghadirkan peluncuran layanan asuransi di aplikasi OVO yang bertajuk OVO | Proteksi, dan juga peluncuran layanan OVO | Investasi yang bertujuan untuk membuka akses terhadap peluang berinvestasi bagi masyarakat secara luas. Hal ini sejalan dengan rencana strategis OVO untuk berevolusi dari platform pembayaran digital menjadi penyedia layanan finansial yang komprehensif sesuai visi OVO untuk mendorong inklusi keuangan.

Di sisi lain, OVO juga terus meningkatkan layanan lewat inklusi keuangan melalui aplikasi OVO. Harumi menambahkan, “Seiring dengan perubahan strategi kami di pasar, terutama untuk mendorong inklusi keuangan, sejak 2020 kami memperluas layanan dari hanya pembayaran ke jasa keuangan melalui fitur/produk OVO | Invest dan OVO | Proteksi yang merupakan hasil inovasi dan kolaborasi strategis.”

OVO | Invest sendiri menerima sambutan hangat dari pengguna OVO, berkat kemudahan dan keterjangkauan harga. Lebih dari 450.000 pengguna, atau sekitar setengah juta pengguna, memilih untuk mendaftar ke OVO | Invest dalam 3 bulan pertama peluncuran.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved