July
12
2019
     08:59

Misi Dagang ke Selandia Baru:Peluang Perkuat Ekspor di Kawasan Pasifik

Misi Dagang ke Selandia Baru:Peluang Perkuat Ekspor di Kawasan Pasifik

Auckland, 11 Juli 2019 – Kementerian Perdagangan terus berupaya memperkuat ekspor ke pasar internasional. Kali ini, melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Kemendag melakukan kegiatan misi dagang ke Selandia Baru pada 9—14 Juli 2019. Misi dagang ini dimaksudkan untuk memperkuat pasar ekspor negara-negara di kawasan Pasifik.

“Selandia Baru dan negara di kawasan Pasifik merupakan mitra dagang yang potensial bagi Indonesia. Untuk memperkuat pasar ekspor di kawasan tersebut, di antaranya dilakukan melalui peningkatan kerja sama dalam mendorong arus lalu lintas orang, barang dan jasa, serta konektivitas Indonesia Timur ke Pasifik,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda.

Pada misi dagang kali ini, Kemendag memfasilitasi 30 perusahaan. Perusahaan tersebut di antaranya bergerak di sektor kopi, fesyen dan tekstil, jasa tenaga kerja terampil, furnitur, produk kecantikan, makanan dan minuman, agrikultur, niaga elektronik, telekomunikasi, infrastruktur, percetakan, pariwisata, semen, industri strategis, batu bara, pariwisata dan perhotelan, ban mobil dan otomotif, energi, pertambangan, pupuk, serta jasa keuangan.

Arlinda menjelaskan, misi dagang ini menjadi peluang bagi pengusaha Indonesia membangun jejaring bisnis di luar negeri. Salah satunya melalui kegiatan penjajakan kesepakatan dagang (business matching) yang akan dilaksanakan pada 12 Juli 2019. Kegiatan ini dilaksanakan secara paralel dengan forum bisnis dan investasi. Melalui kegiatan ini, pengusaha Indonesia dapat bertemu dengan buyer potensial dan memperoleh peluang kerja sama serta membangun jejaring dengan buyer di wilayah Pasifik.

Indonesia Dalam The 1st Pasific Exposition

Kegiatan misi dagang ke Selandia Baru dirangkai dengan pameran The 1st Pasific Exposition pada 12—14 Juli 2019. Ajang ini merupakan pameran pariwisata, perdagangan, investasi, dan budaya yang diikuti 50 perusahaan dari 20 negara di wilayah Pasifik. Kegiatan ini juga sebagai bentuk diplomasi ekonomi dan dukungan Indonesia untuk negara-negara Pasifik Selatan.

“Kegiatan The 1st Pasific Exposition merupakan inisiasi Kedutaan Besar RI Wellington, Selandia Baru. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kehadiran dan peran Indonesia sebagai bagian dari wilayah Pasifik, mendorong pasar Pasifik yang terintegrasi, serta memperkenalkan potensi negara-negara di kawasan Pasifik. Sepertiga wilayah Indonesia yang terletak di Samudra Pasifik, menjadikan kawasan ini sebagai keluarga bagi Indonesia,” terang Arlinda.

Pameran menampilkan berbagai produk, jasa, industri pariwisata, serta peluang investasi di negara Pasifik. Pameran yang diadakan di Skycity Convention ini menampilkan stan-stan yang diisi perwakilan negara-negara Pasifik.

Stan Indonesia menampilkan produk-produk unggulan Indonesia Timur yang diwakili lima provinsi yaitu Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur. Selain itu, ditampilkan potensi industri strategis dan potensi pariwisata Indonesia.

“Kegiatan ini ditargetkan dapat menghasilkan transaksi potensial antara Indonesia dan negara Pasifik. Kehadiran industri strategis dari Indonesia disertai dengan kerja sama KBRI Wellington, Atase Perdagangan Canberra dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Sydney untuk menghadirkan buyer potensial serta mengundang pihak pemerintah terkait di wilayah Pasifik, dapat meningkatkan potensi transaksi,” pungkas Arlinda.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved