January
29
2020
     12:49

Mastercard dan Para Mitra Meluncurkan Priceless Planet Coalition untuk Mengatasi Perubahan Iklim

Mastercard dan Para Mitra Meluncurkan Priceless Planet Coalition untuk Mengatasi Perubahan Iklim

Jakarta, 29 Januari 2020 - Mastercard meluncurkan Priceless Planet Coalition, sebuah platform untuk menyatukan berbagai upaya berkelanjutan perusahaan dan melakukan investasi yang berarti untuk melestarikan lingkungan.

Bersama para mitra yang memiliki komitmen yang sama, yakni doing well by doing good, Priceless Planet Coalition berkomitmen untuk menanam 100 juta pohon dalam waktu lima tahun. Para mitra pendiri dalam koalisi termasuk Citibank, Santander UK, IHS Markit, bunq, Saks Fifth Avenue, L.L. Bean, Otoritas Transportasi Metropolitan New York, Transport for London, dan American Airlines, serta mitra-mitra lainnya yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

Sangat penting bagi perusahaan untuk membantu mengurangi emisi karbon dengan berinvestasi melakukan efisiensi energi di tempat kerja dan kegiatan operasional, menggunakan energi terbarukan dan mempertahankan rantai pasokan yang berkelanjutan. Tetapi tanggung jawab untuk bisnis saat ini jauh melampaui berbagai upaya mereka sendiri. Mastercard percaya bahwa sektor swasta dapat berbuat lebih banyak dan membuat dampak nyata dengan menggabungkan upaya dan melibatkan konsumen.

“Tidak peduli siapa Anda atau apa yang Anda lakukan, perubahan iklim memengaruhi Anda. Namun, perubahan iklim memiliki dampak negatif terbesar pada mereka yang rentan secara sosial dan ekonomi. Kini bukan saatnya untuk mengabaikan jejak lingkungan kita. Peluang terbaik kita untuk mengubah arah dan menyiapkan masa depan yang lebih baik bagi semua adalah dengan perusahaan dan konsumen bersatu menuju tujuan bersama, sehingga perubahan nyata dapat terjadi,” kata Ajay Banga, Presiden and Chief Executive Officer, Mastercard.

“Kami berkomitmen untuk membantu mempercepat perubahan. Kami memiliki sebuah jaringan dengan jangkauan yang luas. Kami juga memiliki jaringan mitra yang luar biasa. Kami akan memanfaatkan hal-hal tersebut untuk membantu memberikan dampak positif bagi lingkungan dalam bentuk Priceless Planet Coalition,” tambah Banga.

Para mitra dalam koalisi ini secara signifikan telah menekankan upaya berkelanjutan mereka sebagai inti dari misi mereka. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk memberikan efek jaringan yang sesungguhnya, di mana kolaborasi menghasilkan nilai keseluruhan yang lebih besar, serta memungkinkan seluruh ekosistem mendapatkan manfaat.

Mastercard dan mitranya mencapai hampir tiga miliar konsumen dan pemegang kartu perusahaan. Salah satu elemen kunci dari komitmen baru ini adalah memberdayakan mereka untuk bertindak. Kemitraan seperti antara  Mastercard dan Doconomy  membantu orang untuk membuat berbagai pilihan ramah iklim, membuatnya secara sederhana, cepat dan mudah untuk berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim.

Memberdayakan Konsumen & Korporasi
Perusahaan yang berpartisipasi akan terus menerapkan strategi berkelanjutan mereka sendiri, serta berkolaborasi di seluruh Koalisi untuk kampanye bersama. Melalui sebuah inisiatif awal, Koalisi mendorong konsumen untuk menggunakan transportasi massal, memberi penghargaan kepada pengendara angkutan umum untuk melakukan perjalanan dengan menanam pohon. Kampanye ini akan diluncurkan di kota-kota mitra di seluruh dunia, termasuk London, New York, Stockholm, Helsinki, Ankara, Barcelona, dan kota-kota lainnya.

Secara paralel, pemegang kartu korporat Mastercard akan dapat berkontribusi dalam inisiatif penghijauan Koalisi di seluruh dunia kapan pun dan di mana pun karyawan mereka menggunakan kartu mereka saat melakukan  perjalanan, serta membeli barang dan layanan. Hal ini melengkapi tujuan berkelanjutan lingkungan bisnis ini sendiri dan memungkinkan karyawan mereka untuk secara aktif mendukung komitmen ini melalui pembelian bisnis yang mereka lakukan. Citi Treasury dan Trade Solutions akan menjadi mitra penerbit pertama kami dalam mempromosikan inisiatif ini dengan nasabah korporat mereka, dengan IHS Markit, penyedia informasi global yang berbasis di London, sebagai perusahaan pertama yang berpartisipasi.

Lembaga keuangan, pedagang, konsumen, dan mitra digital dari seluruh dunia yang tertarik, diundang untuk bergabung dalam upaya ini, dan melibatkan konsumen dan karyawan untuk berkontribusi dalam program penanaman pohon. Infrastruktur pembayaran global Mastercard menyediakan cara-cara tambahan bagi pemegang kartu untuk berkontribusi, seperti kampanye 'round-up' di berbagai pengecer terkemuka, yang memungkinkan konsumen untuk menambahkan sumbangan penanaman pohon di titik penjualan.

Gerakan Menanam Pohon
Pohon adalah salah satu jaringan kritis di mana bumi berjalan. Tingkat emisi karbon saat ini, penggunaan sumber daya alam, dan polusi melebihi batas yang ramah lingkungan atau aman. Pada gilirannya, orang-orang di seluruh dunia melihat dan merasakan kenyataan ini mempengaruhi komunitas mereka saat ini dan berpotensi untuk generasi mendatang.

Diakui bahwa solusi iklim alami dan khususnya program penanaman pohon adalah mekanisme yang efektif untuk menanggapi perubahan iklim. Menurut Panel Antar pemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC) Perserikatan Bangsa-Bangsa, membatasi kenaikan suhu rata-rata ke target kritis 1,5C pada tahun 2030 membutuhkan tambahan satu miliar hektar pohon.[1]

Program reboisasi skala besar perlu dijalankan dengan hati-hati, dengan pertimbangan diberikan kepada sejumlah faktor termasuk iklim lokal, dampak keanekaragaman hayati yang merugikan, praktik pengelolaan hutan yang lemah atau buruk, deforestasi di masa depan yang tidak diinginkan, risiko pembalikan, dan dampak sosial yang tidak diinginkan. Mastercard telah memilih organisasi lingkungan, Global Conservation International dan World Resources Institute (WRI) untuk memimpin upaya penanaman pohon. Organisasi dipilih berdasarkan pendekatan sains dan holistik untuk reboisasi dan rekam jejak yang berhasil.

Bekerja sama dengan komunitas lokal dan pedalaman, Conservation International telah melindungi atau memulihkan lebih dari 6 juta kilometer persegi daratan dan lautan di lebih dari 70 negara. Dengan para ahli dan staf di 29 negara dan 2.000 mitra di seluruh dunia, Conservation International akan menerapkan dan memastikan keberhasilan jangka panjang dari proyek ini. WRI akan membawa ilmu pengetahuan, praktik pemantauan dan pendekatan lanskap yang kuat. WRI akan memanfaatkan jaringan global mitra keuangan, teknis dan pemerintah melalui platform seperti AFR100 dan Inisiatif 20x20 dan akan berkolaborasi dengan One Tree Planted untuk mengarahkan sumber daya di lapangan ke setiap tahap proses penanaman dan menyediakan laporan proyek dan cerita berkualitas.

Ketika iklim terus berubah, mekanisme remediasi mungkin juga perlu diubah dan kemajuan dalam ilmu pengetahuan dapat menghadirkan peluang baru. Untuk memastikan bahwa upaya Mastercard tersampaikan dan tetap sesuai, perusahaan menunjuk Komite Penasihat. Para ahli ini akan menginformasikan dan memandu program, membawa manfaat dari data ilmiah dan wawasan terbaru.

“Kami percaya bisnis harus memainkan peran penting dalam membantu planet ini berkembang, karena pertumbuhan ekonomi tidak dapat mengorbankan planet ini. Mastercard peduli dengan planet ini, seperti halnya mitra, konsumen, dan karyawan kami, jadi kami berkomitmen untuk menggunakan kekuatan jaringan kami untuk memungkinkan ekonomi yang berkelanjutan dan sejahtera,” kata Kristina Kloberdanz, Chief Sustainability Officer, Mastercard.

Membangun Rekam Jejak yang Terbukti
Pada 2013, Mastercard mendirikan Center for Inclusive Growth untuk memajukan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan merata serta inklusi keuangan di seluruh dunia. Penelitian dan program Center telah menggarisbawahi bukti independen bahwa dampak perubahan iklim dirasakan terutama oleh yang paling rentan, menjadikan perjuangan melawan perubahan iklim menjadi bagian penting dari pertumbuhan inklusif dan, oleh karena itu, merupakan bagian penting dari misi kami “doing well by doing good”.


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved