July
16
2021
     16:58

Lolos Penjurian GDI Tahap II, 20 Produk GDI Best Bersaing Perebutkan G-Mark ke Jepang

Lolos Penjurian GDI Tahap II, 20 Produk GDI Best Bersaing Perebutkan G-Mark ke Jepang

Jakarta, 16 Juli 2021 – Kementerian Perdagangan bersama tim juri Good Design Indonesia (GDI) menetapkan 20 produk yang ikut serta dalam ajang penghargaan GDI sebagai peraih predikat GDI Best. Ke-20 peraih predikat tersebut sekaligus menjadi nominasi untuk memperebutkan predikat puncak yaitu GDI of The Year, yang pemenangnya akan diumumkan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam Penganugerahan GDI 2021 yang dijadwalkan pada November 2021. Para peraih predikat GDI Best ini juga akan difasilitasi untuk mengikuti 2nd screening pada ajang Good Design Award di Jepang untuk bersaing memperebutkan predikat G-Mark.

Penetapan tersebut merupakan hasil seleksi penjurian tahap II yang berlangsung pada 7—10 Juni 2021 secara hibrida. Selain menetapkan 20 produk peraih predikat GDI of The Year, penjurian sekaligus menetapkan 32 produk yang berhak mendapatkan predikat GDI. Keputusan tersebut ditetapkan Kemendag melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) bersama tim juri dari kalangan profesional. Penghargaan GDI sendiri terbagi menjadi 3 predikat pemenang, yaitu GDI, GDI Best, dan GDI of The Year.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi menyebut GDI sebagai salah satu upaya untuk mendorong peningkatan ekspor di Indonesia. Pemenang ajang penghargaan GDI akan mendapatkan fasilitas berupa peluang bisnis, pasar ekspor, informasi, serta kesempatan berpromosi dan membangun kerja sama dagang dengan sejumlah pembeli lokal maupun global.

“Sebagai bentuk apresiasi, para pemenang GDI of The Year, GDI Best, dan GDI akan diikutsertakan dalam beberapa pameran dan kegiatan penjajakan bisnis (business matching) dengan mitra dagang luar negeri melalui perwakilan dagang Indonesia di luar negeri,” ungkap Didi.

Pada tahap II penjurian, sebanyak 296 produk dari 19 kategori mengikuti proses penjurian dengan metode berbasis data digital yang bertempat di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) Kemendag. Pada tahun kelima pelaksanaannya ini, GDI diikuti 427 produk untuk 20 kategori. Jumlah ini naik 70 persen dari tahun sebelumnya yang diikuti 251 produk.

Penilaian produk dilakukan tim juri dari berbagai bidang. Tim juri di ajang GDI tahun ini diketuai Sekretaris Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) yang juga pemilik Mira & Associates Mira Prihatini. Sementara anggota dewan juri terdiri atas Plt. Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan; Presiden International Small Business Council (ISBC) Indonesia dan Wakil Ketua Mark Plus Inc. Jacob Silas Mussry; Desainer Industri Barang Elektronik dan Konsumen Dino Fabriant; Pemimpin Redaksi Femina dan Direktur Editorial Prana Group Petty S Fatimah; Direktur DNB Design Works Pradipto Sugondo; Direktur Kreatif PT Parama Bayu Kreasi Paramapandu Soewastomo Soeprapto; konsultan pemasaran digital sekaligus penasihat internal Upnormal Pingfans Tuhu Nugraha Dewanto; serta Co-Founder Arcadia Architect & M Bloc Space Jacob Gatot S.

Penjurian tahap II juga dihadiri juri yang direkomendasikan Japan Institute of Design Promotion (JDP) yang juga merupakan CEO Makoto Hashikura Design, yaitu Makoto Hashikura. Turut hadir juri tamu penasihat KADIN Indonesia Business Service Desk Catharina Widjaja.

Didi berharap ajang ini dapat meningkatkan daya saing produk Indonesia secara kualitas, baik dari fungsi, bentuk desain, manfaat, serta narasi produk.

“Terdapat dua tujuan utama dalam peningkatan kualitas produk Indonesia, yaitu menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan merambah pasar global. Selain negara tradisional tujuan ekspor Indonesia, kami juga menyasar negara-negara nontradisional dengan menempatkan produk yang berkualitas baik. Ajang GDI ini diharapkan bisa berkorelasi dengan kemampuan daya saing produk kita di luar negeri,” tutup Didi.

 


Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved