Kantongi Sertifikasi ISO 27001, XL Axiata Tingkatkan Keamanan Data Pelanggan
Siaran Pers
Kantongi
Sertifikasi ISO 27001
XL Axiata Tingkatkan Keamanan Data Pelanggan
Jakarta, 16 November 2017. PT XL Axiata Tbk (XL
Axiata) berhasil meraih Sertifikasi ISO 27001 sebagai standar baku penerapan Information
Security Management System (ISMS). Sertifikasi ini diberikan kepada suatu
perusahaan atas kemampuannya dalam merencanakan, mengelola, mereview, dan
melakukan peningkatan lebih lanjut atas upaya mengamankan informasi di
perusahaan, yang dalam hal ini ruang lingkup yg disertifikasi oleh XL Axiata berkaitan dengan data
pelanggan. Dengan meraih Sertifikat ISO 27001, maka XL Axiata telah memenuhi
sejumlah ketentuan pemerintah yang ditujukan kepada pelaku industri vital dan strategis seperti
telekomunikasi.
Yessie D Yosetya, Direktur/Chief
Service Management Officer XL Axiata mengatakan, “XL Axiata berkomitmen untuk terus meningkatkan
kenyamanan dan rasa aman bagi masyarakat/pelanggan dengan menerapkan standar
internasional ISO 27001 dalam menjaga keamanan data pelanggan. Kami sebenarnya juga sudah mendapatkan
Sertifikasi ISO 27001 sejak tahun 2016 lalu, namun masih dalam ruang lingkup
yang terbatas pada unit bisnis yang berhubungan dengan produk enterprise.
Kemudian pada tahun ini kami perluas lagi ruang lingkupnya hingga mencakup
layanan end-to-end proteksi data pelanggan, baik ada yang ada di sisi
layanan telekomunikasi maupun sisi Teknologi Informasi. Bukan hal yang mudah
untuk memperoleh Sertifikasi ISO 27001 ini karena selain harus lolos audit dari
badan sertifikasi ISO, juga harus mampu secara konsisten menjalankan sistem
keamanan yang sesuai standar tinggi ini secara ketat di mana secara berkala
juga dilakukan audit setiap tahun.”
Yessie menandaskan, dengan berbekal
Sertifikasi ISO 27001 dari British Standard Institute (BSI) tersebut, kini XL
Axiata telah memiliki kemampuan yang sebanding dengan perusahaan-perusahaan
kelas dunia dalam memproteksi data pelanggan. Pencapaian atas kemampuan ini
menjadi modal sangat berharga bagi XL Axiata guna meningkatkan kepercayaan
pelanggan dan masyarakat luas untuk menggunakan layanan atau solusi XL Axiata.
BSI sendiri selain sebagai badan sertifikasi ISO juga merupakan lembaga yang
menjadi rujukan standarisasi di Inggris.
Sementara itu, beberapa peraturan yang menjadi acuan untuk
pemenuhan jaminan keamanan data pelanggan antara lain adalah Peraturan Menteri
Komunikasi dan Informatika No. 12 / 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa
Telekomunikasi (beserta perubahan-perubahannya) dan Peraturan Menteri Komunikasi
dan Informatika No. 20 / 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem
Elektronik.
Terkait kewajiban pelanggan untuk melakukan registrasi kartu
prabayar yang prosesnya masih terus berlangsung saat ini, dengan diraihnya
Sertifikasi ISO 27001 ini XL Axiata juga berharap kepercayaan pelanggan
terhadap XL Axiata sebagai operator juga semakin meningkat, terutama dalam
penanganan data-data pelanggan. Hal ini juga sesuai dengan ketentuan dalam regulasi
di atas.
Nilai strategis lainnya yang bisa XL Axiata peroleh setelah meraih
Sertifikasi ISO 27001 adalah bahwa metode dan eksekusi yang selama ini
dijalankan untuk mengamankan data pelanggan sudah mengacu sesuai dengan standar
baku global. Selain itu, kini XL Axiata juga telah merealisasikan amanat Undang
Undang dalam melakukan perlindungan terhadap pengelolaan data pelanggan.
Selanjutnya, sertifikasi ini juga mendorong transformasi kultur
perusahaan untuk memprioritaskan aspek keamanan informasi sebagai bagian dari
model bisnis digital.
Setelah memiliki Sertifikat ISO 27001, XL Axiata juga akan semakin
percaya diri untuk mengembangkan layanan, terutama solusi yang berbasis enterprise
dengan pelanggan dari kalangan perusahaan. untuk solusi-solusi bisnis tersebut
aspek pengamanan informasi dan data sangat krusial. Selain itu, XL Axiata juga
bisa mengembangkan solusi berbasis layanan keuangan, seperti misalnya XL tunai,
yang juga mengharuskan adanya jaminan keamanan informasi dan data secara ketat,
sesuai dengan yang disyaratkan oleh regulator.
Tentang XL Axiata
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu
perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan
layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat
serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara
komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan
bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas
di seluruh Indonesia. Sejak Desember 2014, XL Axiata telah mengimplementasikan
jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala
nasional pada bulan Juli 2015. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata
Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh),
Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore).