April
16
2020
     18:02

Kalbe Dukung Pemerintah dalam Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Covid 19

Kalbe Dukung Pemerintah dalam Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Covid 19

Jakarta, 16 April 2020 – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usaha Laboratorium Klinik KalGen Innolab siap menyediakan layanan pemeriksaan COVID-19 dengan metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang merupakan gold standard untuk pemeriksaan Covid 19 dengan mendeteksi RNA virus SARS-COV2, sebagaimana menjadi standard baku Pemerintah Indonesia dan dunia. Saat ini KalGen Innolab telah memiliki fasilitas dengan Biosafety Level (BSL) 2+, alat pemeriksaan dan sumber daya manusia terlatih sesuai syarat yang ditetapkan Kementerian Kesehatan melalui surat edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/Menkes/234/2020 tentang Pedoman Pemeriksaan uji RT-PCR bagi Laboratorium yang melakukan pemeriksaan COVID-19.   KalGen Innolab hanya akan menerima sampel rujukan dari rumah sakit dan tidak melayani pasien perorangan secara langsung. Pengambilan sampel dari swab/usapan hidung dan tenggorokan bisa dilakukan di rumah sakit yang menyediakan layanan tersebut.

“Kalbe akan terus mendukung pemerintah mengatasi pandemi COVID-19 dan menjadi laboratorium swasta pertama yang mampu menyiapkan fasilitas laboratorium dengan Biosafety Level 2+, alat pemeriksaan dan sumber daya manusia yang terlatih untuk melakukan pemeriksaan COVID-19,” kata Sie Djohan, Direktur PT Kalbe Farma Tbk, “Saat ini kapasitas awal pemeriksaan sejumlah 140 test per hari atau sekitar 4000 tes sebulan, namun demikian KalGen Innolab sedang dalam proses peningkatkan kapasitas pemeriksaannya menuju ke 8000 test per bulan,” katanya lagi.

Sie Djohan menambahkan, hasil pemeriksaan dengan metode RT PCR ini dapat diketahui hasilnya dalam waktu 2 hari kerja setelah sampel diterima dari rumah sakit atau fasilitas kesehatan.  Seluruh pemeriksaan COVID-19 ini mengikuti Pedoman Pemeriksaan Uji Real Time-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan.

KalGen Innolab sendiri saat ini memiliki layanan laboratorium klinik untuk pemeriksaan patologi klinik, patologi anatomi, biomolekuler dan mikrobiologi.  

Sekilas tentang Laboratorium Klinik KalGen Innolab

Laboratorium Klinik KalGen Innolab adalah laboratorium klinik milik PT Innolab Sains Internasional, perusahaan Joint Venture antara PT Kalbio Global Medika (anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk) dengan Toyota Tsusho Corporation (TTC) dan Health Sciences Research Institute, Inc. (HSRI) Jepang.  PT Innolab Sains Internasional (ISI) adalah perusahaan patungan Indonesia – Jepang pertama di bidang Laboratorium Klinik yang telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sesuai Peraturan Menteri Kesehatan nomor 411/MENKES/PER/III/2010 tentang Laboratorium Klinik. KalGen Innolab memiliki visi untuk menjadi Laboratorium Klinik Rujukan unggulan di Indonesia dengan menawarkan layanan laboratorium yang komprehensif dan responsif dengan kualitas terbaik, didukung oleh teknologi mutakhir dan sistem manajemen yang unggul.

Sekilas tentang Kalbe

PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbuka terbesar di Asia Tenggara. Kalbe memiliki empat divisi utama yang menangani portofolio merek yang handal dan beragam; divisi obat resep (Cefspan, Hemapo, Broadced, dll); divisi produk kesehatan yang menangani obat bebas (Promag, Mixagrip, Komix, Fatigon, dll) serta minuman energi dan siap saji (Extra Joss, Hydro Coco), divisi nutrisi (ChilKid, Prenagen, Diabetasol, dll); dan divisi distribusi. Kalbe kini memiliki sekitar 40 anak perusahaan and 12 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 17.000 karyawan, yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX: KLBF).

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved