August
24
2021
     16:51

Fesyen Muslim Terus Diminati Selama Pandemi, Tokopedia Gelar Kampanye Muslim Fash Forward

Fesyen Muslim Terus Diminati Selama Pandemi, Tokopedia Gelar Kampanye Muslim Fash Forward
Publisher

Jakarta, 24 Agustus 2021 - Industri fesyen muslim lokal terus menemukan momentum bahkan di tengah pandemi. “Kategori Fashion di Tokopedia, yang terdiri dari berbagai produk fesyen muslim lokal, menjadi salah satu kategori dengan peningkatan transaksi paling pesat selama Q2 2021 dibanding Q2 2020,” ujar Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, Falah Fakhriyah.

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap kebutuhan fesyen muslim lokal mendorong Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk para pegiat UMKM lokal, dalam menghadirkan kampanye Muslim Fash Forward selama 24 Agustus hingga 10 September 2021.

Inisiatif ini disambut baik oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, Nia Niscaya. “Penyelenggaraan Muslim Fash Forward oleh Tokopedia diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi pertumbuhan industri fesyen muslim, memberikan peluang bagi para pelaku dunia usaha industri fesyen muslim serta lebih jauh lagi bisa menjadikan Indonesia sebagai kiblat dunia untuk produk muslim dan produk halal. Sekaligus mengangkat branding Indonesia sebagai destinasi wisata yang muslim-friendly baik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara,” paparnya.

Gelaran Tokopedia Muslim Fash Forward ini menghadirkan beragam pilihan produk fesyen muslim dari ratusan pegiat usaha dalam negeri, diantaranya Ederra Indonesia, ViviZubedi dan NRHxNabilia. Kampanye tersebut juga menggandeng sejumlah UMKM binaan Kemenparekraf RI.

“Pandemi mendorong kami memanfaatkan platform digital, seperti Tokopedia, untuk memasarkan produk. Kini jumlah transaksi toko kami di Tokopedia meningkat 9x lipat selama Q2 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada dua tahun lalu,” ungkap Pemilik Usaha Ederra Indonesia, Indah W. Wardani asal Yogyakarta, yang kini sukses menjangkau pasar nasional.

Pemilik Usaha VIVIZUBEDI, Vivi Mar’i Zubedi, mengatakan, “Pemanfaatan teknologi menjadi hal penting yang sangat bagi setiap pegiat usaha untuk bisa beradaptasi di tengah pandemi. Dengan memaksimalkan penjualan ViviZubedi lewat Tokopedia, kini masyarakat dari Papua pun bisa mendapatkan produk kami dengan mudah. Bahkan omzet kami meningkat 3x lipat sejak bergabung di Tokopedia pada Mei 2021.”

Di sisi lain, Influencer sekaligus Pemilik Usaha NRHxNabilia, Nabila Hatifa, mengatakan bahwa pandemi menyebabkan omzet usahanya turun hingga 60%. “Kondisi ini justru mendorong kami agar cepat beradaptasi lewat teknologi. Ternyata langkah tersebut disambut dengan sangat baik oleh pembeli. Penjualan kami meningkat 10x lipat selama Q2 2021 dibanding awal kami bergabung di Tokopedia pada awal 2019,” ujar Nabila.

Selama kampanye Muslim Fash Forward berlangsung, berbagai merek fesyen muslim ternama memberikan banyak promo mulai dari diskon hingga 90%, flash sale mulai dari Rp15.000, Rilisan Spesial (produk eksklusif yang hanya bisa didapatkan melalui Tokopedia) dan masih banyak lainnya.

Ada juga program ‘Bersatu dalam Kebaikan’ dimana 10% dari hasil penjualan akan didonasikan melalui Tokopedia Salam untuk mendukung pengembangan bisnis UMKM lokal.

Sebelumnya, Tokopedia telah mengadakan berbagai kampanye untuk mendukung para pegiat usaha fesyen muslim lokal mendapatkan panggung seluas-luasnya. Misalnya pada Ramadan 2021, Tokopedia menggandeng Kemenperin RI dan sejumlah UMKM fesyen muslim lokal untuk menggelar kampanye Ramadan in Style. Kampanye tersebut disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh masyarakat.

“Deretan inisiatif Tokopedia bersama para mitra strategis menjadi salah satu upaya bersama untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mendukung keberlangsungan para pegiat usaha, khususnya UMKM fesyen muslim lokal, agar dapat terus memajukan pertumbuhan ekonomi nasional,” tambah Falah.

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

 PROFIL
Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, Falah Fakhriyah

?    Falah bertanggung jawab menghadirkan dan mengembangkan sederet inovasi pada kategori Fashion di Tokopedia.
?    Falah bersama lebih dari 60 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) yang dipimpinnya, konsisten menjalin kolaborasi dengan berbagai mitra strategis di industri fesyen demi membantu masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan secara daring.

Pemilik ViviZubedi, Vivi Mar’i Zubedi

?    ViviZubedi bergabung dengan Tokopedia sejak 2021.
?    Vivi Mar’i Zubedi berhasil mengenalkan tren modest fashion di industri fesyen global melalui event fashion internasional New York Fashion Week di tahun 2017.
?    Saat ini Vivi Mar’i Zubedi adalah ketua Yayasan ViviZubedi Indonesia yang memiliki visi untuk menjalankan program sosial untuk membantu masyarakat Indonesia, khususnya kaum dhuafa.

Pemilik Ederra Indonesia, Indah Wahyu

?    Ederra merupakan label fesyen muslim asal Yogyakarta yang didirikan sejak 2013.
?    Dengan tagline Forever Made-Well, Ederra menyediakan fesyen muslim untuk aktivitas sehari-hari yang chic dan elegan.
?    Sejak bergabung di Tokopedia di tahun 2018, Ederra mendapat banyak pelanggan baru yang berasal dari seluruh Indonesia.

Pemilik NRHxNabilia, Nabila Hatifa

?    Awalnya NRHxNabilia didirikan pada tahun 2011 dengan nama Nabilia, dan melakukan re-branding pada 2017 menjadi NRHxNabilia.
?    Selama 10 tahun NRHxNabilia rutin mengikuti berbagai gelaran pekan mode. Baru pada tahun 2019 mulai bergabung di Tokopedia.
?    NRHxNabilia telah meluncurkan koleksi eksklusif Ramadan di Tokopedia dan menuai antusiasme tinggi dari masyarakat.

 

 

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved