August
29
2019
     10:18

Direktur Keuangan BNI Syariah Raih Indonesia Best CFO Award 2019

Direktur Keuangan BNI Syariah Raih Indonesia Best CFO Award 2019

Jakarta, 28 Agustus 2019. BNI Syariah meraih penghargaan Indonesia Best Chief Financial Officer (CFO) Award 2019 oleh Majalah Swa. Penghargaan Chief Financial Officer (CFO) ini merupakan kali pertama diperoleh BNI Syariah.

Hadir menerima penghargaan Pemimpin Divisi Keuangan BNI Syariah, Friyandana Wijaya. Penghargaan ini berlangsung di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (28/8).

Wahyu Avianto mengatakan dalam tiga tahun terakhir, BNI Syariah mampu menunjukkan kinerja yang positif. Sampai kuartal 2 2019 membukukan aset sebesar Rp42,49 triliun dan laba bersih sebesar Rp315,27 miliar. Selain itu pembiayaan BNI Syariah sampai kuartal 2 2019 sebesar Rp31,66 triliun, tumbuh 26,03% secara tahunan atau year on year (yoy).

“Untuk mengoptimalkan kinerja, kami telah menjalankan lima strategi utama,” kata Wahyu.

Lima strategi ini adalah pengelolaan portofolio pembiayaan yang memastikan optimalisasi tingkat return dan kesehatan permodalan; pengelolaan portofolio dana pihak ketiga (DPK) untuk mengoptimalkan profitabilitas dengan menjaga likuiditas; menjaga kualitas pembiayaan untuk menekan beban cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN); meningkatkan pendapatan recovery dan melakukan efisiensi beban operasional.

Selain lima strategi ini, BNI Syariah juga melakukan respon untuk menghadapi era digital 4.0 diantaranya adalah pengembangan IT dan kapabilitas digital; penyiapan SDM; dan penguatan modal.

Menurut Wahyu, peran direktur keuangan adalah mencapai Quality Earning & Sustainability perusahaan melalui stakeholder management. Artinya, kinerja perusahaan harus mampu memberikan value pada segenap stake-holder secara seimbang, yakni kepada pemegang saham, masyarakat, pegawai dan lingkungan.

Dengan prinsip tersebut, BNI Syariah bisa mencetak kinerja yang berkualitas, di mana CAGR (Compund Annual Growth Rate) beberapa indikator kinerja dalam 6 tahun terakhir (2013-2018) lebih baik dibanding industri perbankan syariah.

Indonesia Best Chief Financial Officer (CFO) Award 2019 merupakan apresiasi yang diberikan kepada para direktur keuangan untuk mendukung pengembangan para profesional di bidang keuangan dalam peran strategis mengembangkan perusahaan di Indonesia menjadi lebih kokoh, besar dan kompetitif.

Penghargaan ini diikuti oleh sejumlah direktur keuangan dari perusahaan di Indonesia maupun multinasional. Ada empat kriteria yang menjadi penilaian diantaranya kejelasan direktur keuangan dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi perusahaan; strategi dan terobosan direktur keuangan untuk mencapai sasaran perusahaan; hasil yang dicapai dan kecakapan dalam presentasi.

Tentang BNI Syariah
BNI Syariah bermula sebagai Unit Bisnis Strategis bagian dari BNI yang mulai beroperasi sejak 29 April 2000. Pada 19 Juni 2010 status BNI Syariah meningkat menjadi Bank Umum Syariah (BUS). Komposisi kepemilikan saham BNI Syariah adalah 99,94% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan sisanya dimiliki oleh PT BNI Life. BNI Syariah senantiasa mendapatkan dukungan teknologi informasi dan penggunaan jaringan saluran distribusi infrastruktur BNI Induk diantaranya layanan lebih dari 16.000 ATM BNI, ditambah ribuan jaringan ATM Bersama, ATM Link Himbara serta ATM berlogo Maestro dan Cirrus di seluruh dunia, fasilitas 24 jam BNI Call (021-1500046), SMS Banking, dan BNI Internet Banking. Saat ini BNI Syariah telah didukung oleh jaringan yang cukup luas di seluruh Indonesia yaitu 349 outlet syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, serta didukung oleh lebih dari 1.746 Outlet BNI yang melayani pembukaan rekening syariah. ***

Campaign #Pilihcarabaiknya
Saat ini BNI Syariah menggunakan campaign #pilihcarabaiknya sebagai komitmen untuk terus memberikan kebaikan bagi stakeholdersnya, dimana dalam hidupnya manusia dihadapkan dengan berbagai #pilihcarabaiknya sejak membuka mata di pagi hari hingga kemudian beristirahat di malam hari, sepanjang hidupnya manusia harus menentukan pilihan yang terbaik bagi hidup mereka. Melalui #pilihcarabaiknya, BNI Syariah ingin memperluas cakupan pasar dan menjangkau masyarakat yang lebih umum terutama milenial. Diharapkan bahasa komunikasi ini lebih mudah dimengerti dan langsung berkorelasi dengan target, salah satunya segmen milenial. Disini, BNI Syariah memberikan pandangan bahwa dari dua atau lebih pilihan yang baik, apapun pilihannya, cara baiknya bersama dengan BNI Syariah. Tidak hanya memilih produknya melainkan #pilihcarabaiknya untuk senantiasa berHasanah dalam kebaikan dunia dan akhirat.

Tentang Hasanah
Hasanah merupakan corporate campaign BNI Syariah yang memiliki makna “segala kebaikan” bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan Negara baik di dunia maupun di akhirat (QS. Al Baqarah 201). Hasanah merupakan sebuah nilai yang disarikan dari Al – Quran dan menjadi identitas BNI Syariah dalam menebarkan kebaikan melalui insan hasanah dan produk / layanannya. Cita – cita mulia yang ingin disampaikan melalui nilai Hasanah adalah kehadiran BNI Syariah dapat membawa kebaikan bagi seluruh pihak serta menjadi Rahmatan Lil’ Alamin. Hasanah didasari oleh Maqoshid Syariah yang berarti tujuan dari ditetapkannya syariah (hukum agama) yaitu untuk melindungi keyakinan, keberlangsungan hidup, dan hak asasi manusia terdiri dari lima hal yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta.

Dewan Pengawas Syariah: Ketua: K.H. Ma’ruf Amin; Anggota: DR. Hasanudin M. AG.
Dewan Komisaris: Komisaris utama: Fero Poerbonegoro; Komisaris: Imam Budi Sarjito; Komisaris Independen: Max Niode; Komaruddin Hidayat*
Direksi: Direktur Utama: Abdullah Firman Wibowo; Direktur Bisnis: Dhias Widhiyati; Direktur Kepatuhan dan Risiko: Tribuana Tunggadewi; Direktur Keuangan dan Operasional: Wahyu Avianto; SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan: Iwan Abdi.
*) belum efektif, masih dalam proses fit & proper test

 

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2025 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved