September
18
2019
     19:47

DBS Raih Dow Jones Sustainability Index (Asia Pasifik) Selama Dua Tahun Berturut

DBS Raih Dow Jones Sustainability Index (Asia Pasifik) Selama Dua Tahun Berturut
Publisher

SINGAPURA, 18 September 2019 - DBS merupakan satu-satunya bank di Asia Tenggara dan satu dari lima perusahaan terdaftar di bursa Singapura yang masuk ke dalam Dow Jones Sustainability Index (DJSI) Asia Pacific 2019 untuk tahun kedua secara berturut-turut. Didesain untuk mengukur performa perusahaan terkemuka di kawasan Asia Pasifik dalam segi ekonomi, lingkungan, dan sosial, DJSI Asia Pasific berfungsi sebagai tolok ukur yang handal dan kredibel bagi investor yang mengintegrasikan pertimbangan keberlanjutan ke dalam portofolio mereka.

Pada bulan Juli, DBS juga dinobatkan sebagai FTSE4Good Global Index selama tiga tahun berjalan, setelah menjadi bank Singapura pertama yang diikutsertakan sebagai konstituen indeks FTSE4Good Global Index pada tahun 2017. Indeks tersebut didesain untuk mengidentifikasi perusahaan yang menjalankan praktik bisnis yang baik terhadap lingkungan, sosial dan pemerintah sesuai dengan standar yang diakui secara global.

Mikkel Larsen, Chief Sustainability Officer DBS mengatakan, “Keberlanjutan meresap ke dalam seluruh praktik bisnis kami di DBS. Baik itu melalui bisnis perbankan, operasional maupun DBS Foundation, sejalan dengan tujuan kami sebagai bank terkemuka di Asia untuk menciptakan nilai ekonomi, sosial dan lingkungan jangka panjang. Dinobatkan dengan dua indeks yang diakui secara global - DJSI Asia Pacific dan FTSE4Good Global Index - merupakan kehormatan besar dan mencerminkan keinginan kami untuk membangun dunia yang lebih berkelanjutan dan inklusif untuk generasi mendatang.

Manjit Jus, Head of ESG Ratings, RobecoSAM mengatakan, “Kami mengucapkan selamat kepada DBS yang masuk ke dalam DJSI Asia Pacific. SAM Corporate Sustainability Assessment (SAM CSA) kembali menaikkan standar dalam mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang paling mampu dalam menghadapi peluang dan tantangan berkelanjutan di masa depan. Tahun ini -- yang merupakan perayaan 20 tahunnya DJSI -- mencatat ketertarikan korporasi dalam SAM CSA mencerminkan relevansi yang berkelanjutan bagi DJSI untuk mengukur dan memajukan praktik LST."

Selama bertahun-tahun, DBS fokus dalam memajukan agenda keberlanjutan dengan pendekatan yang didasari tiga pilar: perbankan yang bertanggung jawab, praktik bisnis yang bertanggung jawab, dan menciptakan dampak sosial.

Dalam bidang pembiayaan berkelanjutan, DBS menyediakan pembiayaan yang berkelanjutan yang terdiri dari green loans, pembiayaan performance-linked yang berkelanjutan dan pembiayaan energi terbarukan yang bernilai lebih dari SGD 2,4 miliarpada tahun 2018. Tahun ini, tonggak baru pembiayaan sustainability-linked dijalankan di seluruh wilayah:

Memberikan pembiayaan usaha ramah lingkungan pertama di Singapura kepada UKM, yaitu Chew's Agriculture sebagai produsen telur.

Menandatangani SDG Innovation Loan yang pertama dengan City Developments Limited untuk mempercepat solusi inovatif yang berdampak positif pada SDGs.

Menandatangani sustainability-linked loan pertama di Taiwan dengan AU Optronics. Pembiayaan ini merupakan yang pertama dari jenisnya untuk perusahaan IT di Asia Pasifik.

Praktik perbankan yang bertanggung jawab mencakup komitmen bank dengan mempertimbangkan lingkungan dan masyarakat dalam kegiatan bisnis sehari-hari. Hal ini mencakup praktik-praktik meminimalkan dampak negatif pada lingkungannya, serta mendukung karyawan dengan merangkul keragaman gender dan memberikan kesempatan yang setara.

Di bidang dampak sosial, DBS baru-baru ini meluncurkan musim kedua dari mini-seri Sparks yang telah mendapat banyak penghargaan, untuk memaparkan permasalah sosial dan lingkungan yang paling mendesak saat ini. Episode-episode yang ditayangkan terinspirasi dari kisah-kisah wirausaha sosial yang didukung oleh DBS Foundation, yang telah membina lebih dari 300 wirausaha sosial dan mendanai lebih dari 100 wirausaha sosial di Asia dengan nilai total lebih dari SGD 4,7 juta dana hibah.

Tahun ini, DBS dan Singapore Management University (SMU) mendirikan DBS-SMU Sustainability Initiative, yaitu kemitraan tiga tahun untuk mempromosikan keberlanjutan di kawasan ini. Kemitraan ini termasuk pengenalan jurusan keberlanjutan pertama di Singapura, beasiswa, dan kesempatan magang di perusahaan sosial yang didukung oleh DBS Foundation. Baru-baru ini, bank juga meluncurkan DBS Foundation Social Impact Prize untuk kali pertama, yang merupakan kategori baru dalam kompetisi dua tahunan Lee Kuan Yew’s Global Business Plan Competition. Kompetisi ini bertujuan untuk mengidentifikasi solusi bisnis yang berkelanjutan, terukur, dan dapat diterapkan dalam perusahaan dari seluruh dunia demi membantu mengatasi masalah sosial yang krusial dan menjadikan kota-kota masa depan lebih inklusif, lebih sehat, dan lebih hijau.

Tentang DBS

DBS adalah grup jasa keuangan terkemuka di Asia, dengan kehadiran di 18 pasar. Berkantor pusat dan terdaftar di Singapura, DBS memiliki pertumbuhan dalam tiga sumbu pertumbuhan utama Asia: Cina, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Peringkat kredit "AA-" dan "Aa1" bank termasuk yang tertinggi di dunia.

Dikenal dengan kepemimpinan globalnya, DBS telah dinobatkan sebagai “Best Bank in The World” oleh Euromoney, “Global Bank of the Year” oleh The Banker dan "Best Bank in the World" oleh Global Finance. Bank ini berada di garis terdepan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membentuk masa depan perbankan, diberi nama "World’s Best Digital Bank" oleh Euromoney. Selain itu, DBS telah diberikan penghargaan “Safest Bank in Asia” oleh Global Finance selama sepuluh tahun berturut-turut dari tahun 2009 hingga 2018.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, SME dan juga perbankan perusahaan. Sebagai bank yang lahir dan dibesarkan di Asia, DBS memahami seluk-beluk berbisnis di pasar paling dinamis di kawasan ini. DBS berkomitmen untuk membangun hubungan yang langgeng dengan nasabah, dan berdampak positif terhadap masyarakat melalui dukungan perusahaan sosial dengan cara bank-bank Asia. DBS juga telah mendirikan yayasan dengan total dana senilai SGD 50 juta untuk memperkuat upaya tanggung jawab sosial perusahaan di Singapura dan di seluruh Asia.

Dengan jaringan operasional yang ekstensif di Asia dan menitikberatkan pada pada keterlibatan dan pemberdayaan stafnya, DBS menyajikan peluang karir yang menarik. Bank ini mengakui gairah, komitmen, dan semangat dari 27.000 karyawan kami, yang mewakili lebih dari 40 kebangsaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.dbs.com.

 


Contact Information 1:
Christina Novalita

christina@praxis.co.id
+6221 29449018

Release Terkini

Terpopuler