December
03
2017
     21:02

CSAP Ekspansi Mitra10 di Cikarang

CSAP Ekspansi Mitra10 di Cikarang

Jakarta, 3 Desember 2017, PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (Kode BEI: CSAP) pemilik jaringan toko Ritel Moderen Home Improvement dan bahan bangunan (Mitra10) dan Home Furnishing (Atria) telah meresmikan outlet Mitra10 Cikarang. Superstore Mitra10 ini merupakan outlet keempat dari empat outlet baru Mitra10 yang direncanakan akan dibuka pada 2017. Dengan demikian CSAP telah merampung target pembukaan empat outlet baru Mitra10 di 2017.

Superstore Mitra10 Cikarang tersebut diresmikan pada Kamis 30 November 2017 dan tercatat sebagai Mitra10 ke-26 yang dimiliki Perseroan. Dimana outlet baru ini menggantikan outlet lama yang berlokasi tidak jauh dari lokasi yang baru dengan outlet baru yang lebih luas dan nyaman.

“Outlet Mitra10 Cikarang merupakan Superstore yang menempati lahan seluas 8,725 m2, luas bangunan 13.000 m2, dengan Selling Space seluas 6.700 m2. Ini merupakan outlet Mitra10 ke-26 atau outlet ke-empat yang kami resmikan tahun ini dari target pembukaan 4 outlet baru di 2017,” papar Idrus Widjajakusuma, Corporate Secretary PT. Catur Sentosa Adiprana Tbk.

Ditambahkan, CSAP juga meresmikan outlet Atria ke-11 yang berada di Mitra10 Cikarang, pemilihan lokasi tersebut tidak lepas dari besarnya potensi segmen properti khususnya para pemilik rumah yang berencana untuk melakukan renovasi, ekspansi ataupun pembangunan rumah tinggal.

Mitra10 menyerap tenaga kerja sebanyak lebih kurang 130 orang yang sebagian besar berasal dari daerah Bekasi dan sekitarnya. Perseroan optimis pembukaan gerai yang menelan biaya investasi sekitar Rp80 Miliar akan membantu penjualan segmen ritel modern yang tahun 2017 minimal Rp. 2 juta/m2/bulan. Pemilihan lokasi Mitra10 Cikarang tidak lepas dari potensi kota Cikarang yang tumbuh pesat baik sebagai kota industri yang berdampak pada tumbuhnya pemukiman di sekitar wilayah tersebut. Termasuk rencana pengembangan kawasan hunian di Cikarang, Meikarta, Grand Wisata, Bekasi dan Delta Mas, Cikarang.

“Kehadiran kami di Cikarang akan mempermudah para pemilik rumah sebagai target utama pemasaran Mitra10 dalam melakukan re-modelling ataupun renovasi atas hunian mereka, sehingga mereka dapat memilih aneka ragam kebutuhan tersebut dalam satu tempat dengan harga yang kompetitif dan tidak jauh dari tempat tinggal mereka.” Idrus Widjajakusuma menjelaskan.

Mitra10 menawarkan konsep “One Stop Shopping & Solution” dengan kondisi berbelanja yang nyaman. Sehingga para pengunjung dapat secara leluasa memilih produk lebih dari 50,000 SKU yang ditawarkan berupa bahan bangunan mulai dari lantai hingga atap bangunan dan perkakas rumah, tentu dengan harga yang sangat kompetitif.“Selain menawarkan suasana belanja yang nyaman, keunggulan lain sebagai ritel modern adalah memberikan Price Integrity atau kepastian harga kepada konsumen yang didukung oleh layanan after sales termasuk pengiriman barang dalam radius 10km tanpa tambahan biaya bagi para konsumen yang telah bergabung dalam keanggotaan pelanggan MItra10.” Jelas Idrus Widjajakusuma

“Bahkan 80% barang yang ditawarkan Mitra10 merupakan produk dalam negeri. Dengan demikian Mitra10 juga membantu perekonomian nasional dengan memasarkan produk-produk lokal seperti keramik, cat dan bahan bangunan lain.” Idrus Widjajakusuma menambahkan.

Ekspansi Agresif di Ritel Bahan Bangunan

Manajemen menekankan pada Ekspansi Strategi Yang Agresif Mitra10 untuk menangkap/memperkuat pangsa pasar. Dimasa mendatang lokasi toko akan dikonsentrasikan di Jabotabek, Jawa tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi.“CSAP akan terus meningkatkan pertumbuhan dengan memperkuat kinerja segmen Ritel Modern Mitra10 seiring dengan tingginya akan kebutuhan akan bahan bangunan untuk renovasi/peremajaan rumah/tempat tinggal, dipercaya industri properti tempat hunian juga akan meningkat. Selain kinerja CSAP yang berkesinambungan dari waktu ke waktu, meningkatkan efisiensi modal keseluruhan dan produktivitas, sehingga menciptakan nilai yang lebih baik bagi semua pemangku kepentingan.” Jelas Idrus Widjajakusuma.

Di tahun 2017 Perseroan menargetkan membuka 4 outlet baru. Dimana pada 9M2017 CSAP telah meresmikan Mitra10 di Pantai Indah Kapuk (Jakarta), Sidoarjo (Jawa Timur), dan Harapan Indah (Bekasi) (untuk merelokasi Mitra10 Cakung).“Rencana pembukaan selanjutnya berlokasi di Cibarusah-Cikarang (Bekasi) (untuk merelokasi Mitra10 Cikarang), dengan demikian tahun ini akan memiliki total 26 outlet Mitra10. Untuk mendukung rencana tersebut, Perseroan telah menganggarkan belanja modal (capex) senilai Rp. 250 miliar dengan rincian Capex segmen Ritel Modern sebesar Rp. 150 milyar, sedangkan Capex segmen Distribusi sebesar Rp. 100 milyar.” Papar Idrus Widjajakusuma.

Performa CSAP 9M2017

Financial Highlights:

2015

2016

9M2016

9M2017

Sales (Rp. Milyar)

7.285

7.968

5.777     

6.956

Gross Profit Margin

13,4%

13,8%

14,1%    

14,2%

Operating Margin 

2,1%

2,5%

2,3%

2,3%

EBITDA  

2,9%

3,3%

3,1%

3,0%

Laba Bersih (Rp. Milyar)

40

72

40

57

NPM

0,6%

0,9%

0,7%

0,8%

EPS

14

21

12

14

Current Ratio         

1,1x

1,3x

1,3x

1,2x

Interest Bearing Debt           

1,2x

0,65x

0,8x

0,9x

 

Pada 9M2017, CSAP membukukan Penjualan Rp 6,9 triliun atau tumbuh 20% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 5,8 triliun. Segmen Distribusi memberikan kontribusi 70% dari total penjualan konsolidasi, sedangkan untuk segmen Ritel Moderen berkontribusi 30%. Sejalan dengan proses membaiknya permintaan bahan bangunan saat ini dan produk yang inovatif memberikan dampak pertumbuhan Penjualan CSAP termasuk perbaikan Gross Profit Margin dari 14,1% di 9M2016 menjadi 14.2% pada periode 9M2017 yang pada akhirnya juga mendorong pertumbuhan Laba Bersih sebesar 42% pada periode 9M2017 menjadi sebesar Rp 57 milyar dari Rp 40 miliar di periode 9M2016.

CSAP akan terus meningkatkan pertumbuhan dengan memperkuat kinerja segmen Distribusi khususnya di bahan bangunan dan Consumer Goods/FMCG serta Ritel Moderen Mitra10 seiring dengan tingginya akan kebutuhan akan bahan bangunan untuk renovasi/peremajaan rumah/tempat tinggal, dipercaya industri properti tempat hunian juga akan meningkat. Selain kinerja CSAP yang berkesinambungan dari waktu ke waktu, meningkatkan efisiensi modal keseluruhan dan produktivitas, sehingga menciptakan nilai yang lebih baik bagi semua pemangku kepentingan.Manajemen menekankan pada Ekspansi Strategi Yang Agresif Mitra10 untuk menangkap/memperkuat pangsa pasar.

Tiga Pemegang saham utama CSAP yaitu PT. Buanatata Adisentosa, NT Asian Discovery Master Fund, dan Albizia ASEAN Opportunities Fund memberikan dukungan yang kuat pada CSAP untuk berkembang dan tumbuh khususnya untuk periode jangka panjang.

 

Pemegang Saham

%

PT. Buanatata Adisentosa

NT Asian Discovery Master Fund

Albizia ASEAN Opportunities Fund

Management

Public

35,21%

21,00%

14,61%

4,01%

25,17%

Sekilas Mengenai PT. Catur Sentosa Adiprana Tbk. (Kode: CSAP)

Berawal dari sebuah toko cat “Sentosa” sebesar 40m2 di Jakarta pad tahun 1966, di umur yang ke-50 ini CSAP sudah menjadi perusahaan Distribusi dan Ritel Moderen terbesar dan independen di bahan bangunan di Indonesia. Selain bahan bangunan CSAP juga mendistribusikan Bahan Kimia dan Consumer Goods (FMCG). Saat ini CSAP memiliki 41 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 40 kota besar, 4 Cabang Distribusi Kimia, 36 Area Distribusi FMCG, 26 outlet “Mitra10” ritel moderen Bahan Bangunan & Home Improvement dan 10 Showrooms “Atria” Home Furnishing.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved