May
24
2021
     15:22

Catur Sentosa Adiprana Optimis Kinerja 2021 Tumbuh Lebih Kuat

Catur Sentosa Adiprana Optimis Kinerja 2021 Tumbuh Lebih Kuat

Jakarta, Senin 24 Mei 2021 – PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (BEI: “CSAP”) perusahaan Distribusi terbesar & terkemuka untuk Bahan Bangunan, Kimia dan Consumer Goods/FMCG, dan pemilik jaringan gerai ritel modern terbesar Bahan Bangunan & Home Improvement Mitra10 dan Home Furnishing Atria optimis pertumbuhan kinerja lebih kuat di 2021.

Pemilik 42 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 40 kota besar, 4 cabang distribusi Kimia, 39 area distribusi consumer goods (FMCG), 38 gerai “Mitra10” Ritel Modern Bahan Bangunan & Home Improvement serta 12 gerai “Atria” ritel modern Home Furnishing - tersebut meyakini pertumbuhan kinerja tersebut ditopang oleh pendapatan di kedua segmen utama yakni distribusi dan ritel modern.

Pada akhir 2020 lalu, pendapatan konsol mencapai Rp12,7 triliun tumbuh 4,8% dibanding periode 2019. Segmen distribusi tumbuh positif 3,8% menjadi Rp8,33 triliun dan segmen ritel modern tumbuh 7,2% menjadi Rp4,52 triliun.

Gross profit perseroan juga mengalami peningkatan dari 14,9% pada periode 2019 menjadi 15,6% di periode 2020 atau tumbuh 9,4%.

Begitu pertumbuhan signifikan terjadi pada Net Profit perseroan menjadi Rp90 milyar pada periode 2020 yang mana sebelumnya hanya Rp46 milyar pada periode 2019 atau tumbuh sebesar 97%.
Pertumbuhan segmen distribusi ditopang oleh tumbuhnya pendapatan distribusi bahan bangunan yang tersebar di 40 kota besar dan segmen retail modern yang bersumber dari entitas anak, Mitra10 dan Atria yang tumbuh positif berkat ekspansi agresif pembukaan toko baru.

Pencapaian di tahun 2020 tersebut merupakan pencapaian yang sangat positif mengingat perekonomian global termasuk Indonesia terimpit pandemi COVID-19, sehingga menurut BPS terjadi kontraksi pertumbuhan ekonomi sebesar 2,07%.

Sepanjang 2020, meski tertekan isu pandemi, segmen distribusi dan ritel yang didominasi oleh bahan bangunan tetap menunjukkan pertumbuhan pendapatan positif. Hal ini mengingat tingginya kebutuhan/demand masyarakat atas kebutuhan primer yakni papan/rumah/tempat tinggal. Baik itu guna renovasi tempat tinggal ataupun membangun hunian baru.

CSAP juga menetapkan strategi fokus pada private/house brand untuk meningkatkan profitabilitas selain itu juga terus memonitor strategi cost management. Keefektifan pelaksanaan strategi tersebut juga tercermin dari penjualan berdasarkan segmen geografis. Dimana optimalisasi jaringan distribusi, supply chain yang efektif dan efisien, plus ekspansi ritel modern yang dilakukan sepanjang 2020 membuahkan hasil positif.

Dapat diinformasikan kembali, pada 2019, Perseroan meresmikan 5 superstore Mitra10 baru di kota Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan Solo. Sepanjang 2020 lalu CSAP membuka 4 superstore Mitra10 yang berlokasi di Lombok, Bekasi, Balikpapan dan Malang.

Adapun di tahun 2021, guna melanjutkan strategi ekspansi agresif, Perseroan menargetkan membuka 4 superstore baru Mitra10 dan merelokasi 1 Mitra10 di Kalimalang (Bekasi). Adapun kota yang menjadi target ekspansi tahun ini adalah Banjarmasin (Kalsel), Palembang (Sulsel), Tegal dan Semarang (Jateng).

Terkait target pengembangan jaringan Mitra10, Perseroan menargetkan untuk memiliki 50 gerai di tahun 2022-23. Dengan demikian pada akhir tahun 2021 mendatang, Mitra10 akan memiliki 42 jaringan toko di seluruh Indonesia. Adapun 8 toko baru akan dirampungkan pada tahun-tahun selanjutnya yang sempat tertunda karena isu pandemi.

Untuk mendukung rencana tersebut, CSAP pada tahun 2021 telah menyiapkan belanja modal (CAPEX) sebesar Rp500 miliar dimana 80% dari capex dialokasikan untuk membiayai ekspansi ritel modern Mitra10 dan Atria.

Pertumbuhan gerai Mitra10 dan Atria juga dibarengi dengan peningkatan strategi peningkatan sistem supply chain dan logistik yang lebih baik. Sehingga dari sisi segmen distribusi juga akan meningkat pendapatannya dan terintegrasi dengan ekspansi segmen ritel modern.

Selain pengembangan agresif di segmen ritel modern, kontribusi private brand juga menjadi penting karena dapat meningkatkan margin yang lebih baik yang ujung-ujungnya meningkatkan profitabilitas. Kontribusi private brand di segmen ritel sudah mencapai 26% sedangkan di segmen distribusi lebih kurang mencapai 22%. Private brand yang dimiliki di Mitra10 : Tidy, Sincere, Zehn, dll., sedangkan di distribusi antara lain : Happy House, Volk, Renovo, dll.

Pertumbuhan angka penjualan dan membaiknya marjin akan membuat pertumbuhan laba Perseroan semakin solid dimasa mendatang. Sehingga tumbuh berkelanjutan dan memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan terutama para pemegang saham.

Tahun 2021 Catur Sentosa Grup menargetkan pertumbuhan konsolidasi sebesar 10%, segmen distribusi ditargetkan tumbuh sebesar 6% sedangkan segmen retail ditargetkan tumbuh sebesar 15%.
Manajemen yakin dengan masih tingginya kebutuhan akan rumah tinggal dan renovasi akan tetap mendorong tumbuhnya pendapatan perseroan.

Selain itu, membaiknya penanganan COVID-19 termasuk program vaksinasi dipercaya akan menjadi salah-satu katalis positif bagi masyarakat dan dunia usaha untuk secara bertahap bersama-sama memulihkan perekonomian nasional.

Laporan keuangan Year to Date (YTD) Maret 2021 masih dalam tahap penyelesaian. Pada 1Q2021 pertumbuhan konsol diprediksi sebesar 13%.  (end)

Sekilas Mengenai PT. Catur Sentosa Adiprana Tbk. (BEI: “CSAP”)

Berawal dari sebuah toko cat “Sentosa” sebesar 40m2 di Jakarta pada tahun 1966, memasuki umur ke-54 ini CSAP sudah menjadi perusahaan independen di Distribusi dan Ritel Modern Bahan Bangunan yang terbesar di Indonesia. Selain Bahan Bangunan CSAP juga mendistribusikan Bahan Kimia dan Consumer Goods (FMCG).

Saat ini CSAP memiliki 42 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 40 kota besar, 4 Cabang Distribusi Kimia, 38 Area Distribusi FMCG, 39 outlet Mitra10 Ritel Moderen Bahan Bangunan & Home Improvement dan 12 gerai “Atria” Ritel Moderen Home Furnishing.

 

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved