March
24
2020
     15:45

Cashlez Siap Bantu Cegah PenularanVirus Corona lewat Transaksi Non Tunai

Cashlez Siap Bantu Cegah PenularanVirus Corona lewat Transaksi Non Tunai

Jakarta, 24 Maret 2020 - PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (“Cashlez” atau “Perseroan”), sebagai perusahaan Financial Technology (FinTech) yang bergerak di bidang Payment Gateway ikut berpartisipasi dalam hal pencegahan penularan virus corona. Hal ini sejalan dengan himbauan dari Bank Indonesia, agar masyarakat lebih banyak menggunakan transaksi non tunai untuk menekan penularan virus corona.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)1 , uang tunai dapat berkontribusi dalam penyebaran virus COVID-19. WHO mengatakan bahwa virus tersebut memiliki kemampuan untuk bertahan hidup pada permukaan uang tunai selama berhari-hari. Hal ini juga didukung oleh pernyataan dari spesialis penyakit menular di salah satu negara maju. Pasalnya, seorang warga negara yang dimaksud, dinyatakan positif virus corona setelah melakukan transaksi dengan uang tunai.

Cashlez, yang telah hadir sejak tahun 2015 dalam mengedepankan kemudahan dan keamanan bertransaksi secara non tunai, kini ikut berpartisipasi bersama Bank Indonesia untuk mencegah penyebaran virus corona melalui transaksi non tunai. Cashlez positif bahwa gerakan non tunai ini akan berhasil dan dapat memudahkan transaksi saat ini. Sebab, tren penggunaan transaksi non tunai sudah meningkat secara signifikan sejak Januari tahun ini.

“Dua bulan terakhir ini dari bulan Januari hingga Februari 2020, kami mengalami peningkatan transaksi yang cukup pesat, dimana pertumbuhan jumlah transaksi non tunai mencapai lebih dari 3x lipat diikuti dengan pertumbuhan average growth GTV (Gross Transaction Value - IDR)sebesar 194,3% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019. Pembayaran non tunai menggunakan dompet elektronik mencatat pertumbuhan jumlah transaksi tertinggi sebesar hampir 400% diikuti dengan pembayaran menggunakan kartu dan Cashlez-Link. Sampai dengan saat ini, produk dan layanan kami sudah membantu lebih dari 7.000 pelaku usaha di seluruh Indonesia.” ujar Chief Revenue Officer Cashlez, Tan Leny Yonathan.

Penggunaan transaksi non tunai dipastikan akan semakin meningkat di tahun ini. “Hal ini dikarenakan semakin banyak masyarakat yang dihimbau pemerintah untuk melakukan social distancing dan work from home. Sehingga kegiatan transaksi yang sebelumnya dilakukan dengan kontak langsung menggunakan uang tunai, kini dilakukan secara non tunai demi mencegah penularan virus corona,” tutupnya.

Sekilas Tentang Perseroan:

Berdiri sejak 2015, PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (“Perseroan”) dengan merek Cashlez merupakan perusahaan teknologi finansial pembayaran yang memberikan solusi untuk merchant dan menawarkan nilai lebih agar pemilik usaha dapat mengatur dan menumbuhkan bisnisnya.

Cashlez menciptakan sistem mPOS (mobile point of sale) yang dilengkapi dengan penerimaan pembayaran menggunakan kartu, baik kartu kredit atau kartu debit berbasis aplikasi pada smartphone (Android dan iOS) yang dihubungkan dengan card reader melalui bluetooth.

Selain dapat menerima kartu, merchant dapat menerima metode pembayaran digital lainnya seperti pembayaran kode QR (LinkAja, OVO, GoPay, ShopeePay, Kredivo), Cashlez-Link untuk pembayaran ecommerce dan pembayaran Virtual Account. Cashlez mengembangkan fitur POS & back-office reporting kepada merchant, sebagai komitmen Cashlez untuk mempermudah merchant dalam mengatur dan meningkatkan bisnisnya. Dalam hal ini, sistem dapat memonitor semua transaksi penjualan merchant secara real time.

Untuk diketahui, Cashlez telah menerima penghargaan Rekor Dunia MURI sebagai “The First Payment Aggregator in Indonesia with Point-of-Sale Platform and Payment Options of Multi-Acquiring Bank in One App”. Pada tahun 2019, Cashlez juga membuka Service Center di kota-kota besar di Indonesia yaitu Bali, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Medan dan Makassar. Kemudian, pada Mei 2019, Cashlez mendapatkan izin resmi sebagai Payment Gateway dari Bank Indonesia.


Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved