Bukalapak dan Microsoft Luncurkan Pelatihan Digital bagi UMKM demi Tingkatkan Literasi Digital dan Bangun Dampak Berkela

Jakarta, 12 Maret 2021 - Bukalapak dan Microsoft bekerja sama untuk meningkatkan literasi digital dan meningkatkan kapabilitas pemanfaatan teknologi di kalangan pelaku UMKM melalui program pelatihan digital bertajuk “Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft”. Inisiatif ini juga bertujuan untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah meraih lebih banyak kesempatan dan berkontribusi pada terbangunnya dampak sosial dan ekonomi yang berkelanjutan di tanah air.
Sebagai salah satu penyokong ekonomi Indonesia, UMKM memiliki peran yang penting dalam mendorong jalannya roda perekonomian. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah mencatat setidaknya terdapat lebih dari 64 juta unit UMKM yang berkontribusi 97 persen terhadap total tenaga kerja dan 60 persen PDB nasional.
Oleh karena itu, membekali pelaku UMKM dengan kemampuan digital adalah suatu langkah yang krusial guna mendorong perkembangan dan kapasitas bisnis sektor usaha ini.
Melalui program ini, para pelapak dan Mitra Bukalapak yang terdiri dari pemilik warung serta agen individual di seluruh Indonesia berkesempatan untuk mengikuti pelatihan digital yang meliputi topik-topik dari mulai menggunakan komputer, berkomunikasi lewat online, hingga membuat konten digital, berkolaborasi dengan mengelola konten secara digital, serta menggunakan teknologi secara aman dan bertanggung jawab.
“Pada tahun 2020, kami menghadirkan berbagai program dan inisiatif yang telah membawa dampak bagi perkembangan lebih dari 6.5 juta pelapak dan 7 juta Mitra Bukalapak. Kami berkomitmen untuk terus mengajak seluruh pelapak, mitra, serta seluruh bagian dari ekosistem Bukalapak untuk senantiasa berkembang bersama dan menciptakan dampak yang lebih besar melalui kerjasama dengan Microsoft di kegiatan pelatihan digital ini.
Kami percaya transformasi teknologi merupakan salah satu kunci untuk membuka berbagai kesempatan bagi seluruh orang dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk para pelaku UMKM, serta faktor penting terciptanya inklusi ekonomi,” ujar Rachmat Kaimuddin, CEO Bukalapak.
Hal ini didukung oleh pernyataan dari Haris Izmee, President Director Microsoft Indonesia yang disampaikan di acara peluncuran virtual Berkembang Bersama: Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft (8/3).
“Bukalapak telah memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi masyarakat Indonesia melalui inovasi marketplace yang berkelanjutan. Bukalapak telah menciptakan berjuta peluang baru bagi pelapak, mitra, dan pengguna Bukalapak. Oleh karena itu, Microsoft berkomitmen untuk mendukung Bukalapak dengan teknologi komputasi awan yang terpercaya, yang memungkinkan peningkatkan kepuasan pengguna dan memungkinkan karyawan Bukalapak untuk berkolaborasi serta berinovasi secara maksimal dalam mendukung pelapak, mitra beserta keluarga untuk mendapatkan manfaat yang nyata dari kemitraan ini”, ujar Haris.
Platform “Belajar Digital Bareng Bukalapak | Microsoft” akan segera diluncurkan secara resmi pada bulan Maret tahun ini.
Tentang Bukalapak
Kami adalah perusahaan teknologi unicorn berbasis di Indonesia yang lahir pada 2010 dengan fokus untuk membantu menciptakan kesetaraan perekonomian bagi seluruh masyarakat. Melalui platform perdagangan, baik di online maupun offline, kami ingin memberikan pilihan dan kesempatan untuk semua orang agar dapat hidup dengan lebih baik.
Melayani lebih dari 6,5 juta Pelapak (online sellers), 7 juta Mitra Bukalapak beserta 100 juta pengguna, kami juga terus melengkapi layanan kami dengan meluncurkan lini bisnis B2B e-procurement melalui BukaPengadaan Indonesia (BPI) di 2019 serta Buka Investasi Bersama (BIB), sebuah APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana) berbasis digital.
Pencapaian kami lainnya di antaranya Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Pemerintah Indonesia pada tahun 2016 untuk Co-Founder kami, Achmad Zaky di 2016 dan Fajrin Rasyid di 2019, perusahaan dengan tingkat pertumbuhan tertinggi ke-14 di Asia Pasifik, selain itu kami juga mendapatkan penghargaan Best Companies to Work For berturut-turut di tahun 2019 dan 2020 serta The Most Caring Company di 2020 dari HR Asia, serta The Best Contact Center Indonesia tahun 2018 dan 2019 oleh Indonesia Center Association (ICCA).