November
24
2020
     12:22

BNI Syariah Raih Tiga Penghargaan Environmental, Social and Governance (ESG) Awards 2020

BNI Syariah Raih Tiga Penghargaan Environmental, Social and Governance (ESG) Awards 2020

Jakarta, 23 November 2020. BNI Syariah meraih tiga penghargaan Environmental, Social and Governance (ESG) Awards 2020 dari BeritaSatu Media Group.

Tiga penghargaan yang diterima BNI Syariah adalah kategori pengungkapan sosial bank BUKU III terbaik tahun 2019; kategori pengungkapan environmental bank BUKU III terbaik tahun 2019; dan kategori pengungkapan ESG bank BUKU III terbaik tahun 2019

Penghargaan ini dilatarbelakangi pandemi COVID-19 yang tidak hanya mempengaruhi aktivitas ekonomi, namun juga aspek Environmental, Social and Governance (ESG). Beberapa aspek yang terpengaruh diantaranya adalah kesehatan, keselamatan, produktivitas tenaga kerja, dan pengawasan serta gangguan operasional.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengucapkan terima kasih kepada BeritaSatu Media Group atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan. “BNI Syariah senantiasa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan hidup ditunjukkan dengan aktifnya BNI Syariah dalam kegiatan CSR yang mengedepankan nilai-nilai hasanah yang merupakan kunci keberlanjutan dan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat, pemangku kepentingan dan lingkungan hidup,” kata Abdullah Firman Wibowo.

Dukungan terhadap pembangunan berkelanjutan diwujudkan BNI Syariah dalam menjalankan usaha, yang berorientasi pada masa depan. Semangat ini menjiwai seluruh aspek kerja perusahaan, baik aspek ekonomi, lingkungan maupun sosial.

Pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan di bidang sosial dan kemasyarakatan dilakukan melalui sinergi antara Yayasan Hasanah Titik (YHT) dengan BNI Syariah. YHT dan BNI Syariah telah menjalankan program pengembangan sosial berkelanjutan sesuai dengan pilar program pengembangan sosial yang telah ditetapkan.

Dalam menyusun dan menjalankan program kerjanya, Yayasan Hasanah Titik berlandaskan pada 5 prinsip utama, yaitu Maqosid Syariah, Pengelolaan Zakat, Creating Shared Value, Sustainable Livelihood dan Sustainable Development Goal’s. Agar lebih fokus dalam menjalankan kegiatannya, Yayasan Hasanah Titik bersama BNI Syariah telah menetapkan program pemberdayan masyarakat dalam kerangka 5 (lima) bidang, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial Kemanusiaan dan Dakwah.

Dari sisi Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance), BNI Syariah terus berkomitmen untuk menerapkan GCG dalam menjalankan usaha. Komitmen itu diambil karena BNI Syariah meyakini bahwa tata kelola perusahaan yang baik memegang peranan yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Melalui penerapan GCG, BNI Syariah akan mempunyai kekuatan dan kemampuan dalam menciptakan pertumbuhan dan meningkatkan kinerja untuk mewujudkan target bisnis yang telah ditetapkan. Dengan semakin sempurnanya penerapan prinsip GCG, maka kinerja BNI Syariah niscaya semakin baik, mampu menjawab tantangan zaman, serta akan terus berkembang dan berkelanjutan.

Sampai Oktober 2020 total penyaluran dana zakat perusahaan BNI Syariah sebesar Rp9,6 miliar dengan mayoritas 63% disalurkan untuk bidang sosial kemanusiaan dan 12% untuk bidang kesehatan dan lingkungan.

Dalam penilaiannya, BeritaSatu Media Group bekerjasama dengan Bumi Global Karbon yang merupakan anggota dari Global Reporting Initiative (GRI) menggunakan metodologi gabungan 33 faktor berdasarkan faktor ESG diantaranya pasar modal terkemuka, studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan yang juga telah melalui proses assurance oleh Tuv Rheinland. Evaluasi terhadap pengungkapan ESG dilakukan untuk mengukur sejauh mana transparansi ESG telah dicapai perusahaan dan langkah apa yang dapat dipraktikkan untuk meningkatkan pencapaian pengungkapan ESG.

Tentang BNI Syariah

BNI Syariah bermula sebagai Unit Bisnis Strategis bagian dari BNI yang mulai beroperasi sejak 29 April 2000. Pada 19 Juni 2010 status BNI Syariah meningkat menjadi Bank Umum Syariah (BUS).Komposisi kepemilikan saham BNI Syariah adalah 99,94% dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan sisanya dimiliki oleh PT BNI Life. BNI Syariah senantiasa mendapatkan dukungan teknologi informasi dan penggunaan jaringan saluran distribusi infrastruktur BNI Induk diantaranya layanan lebih dari 16.000 ATM BNI, ditambah ribuan jaringan ATM Bersama, ATM Link Himbara serta ATM berlogo Maestro dan Cirrus di seluruh dunia, fasilitas 24 jam BNI Call (021-1500046), SMS Banking, dan BNI Internet Banking. Saat ini BNI Syariah telah didukung oleh jaringan yang cukup luas di seluruh Indonesia yaitu lebih dari 375 outlet syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, serta didukung oleh lebih dari 1.746 Outlet BNI yang melayani pembukaan rekening syariah. ***

Tentang Hasanah

Hasanah merupakan corporate campaign BNI Syariah yang memiliki makna “segala kebaikan” bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan Negara baik di dunia maupun di akhirat (QS. Al Baqarah 201). Hasanah merupakan sebuah nilai yang disarikan dari Al – Quran dan menjadi identitas BNI Syariah dalam menebarkan kebaikan melalui insan hasanah dan produk / layanannya. Cita – cita mulia yang ingin disampaikan melalui nilai Hasanah adalah kehadiran BNI Syariah dapat membawa kebaikan bagi seluruh pihak serta menjadi Rahmatan Lil’ Alamin. Hasanah didasari oleh Maqoshid Syariah yang berarti tujuan dari ditetapkannya syariah (hukum agama) yaitu untuk melindungi keyakinan, keberlangsungan hidup, dan hak asasi manusia terdiri dari lima hal yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta.

Tentang Hasanah Banking Partner

BNI Syariah sebagai mitra bisnis yang memberikan layanan terbaik sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga bisnis yang dijalankan tidak hanya berorientasi terhadap keuntungan semata tetapi juga memperhatikan faktor keberkahan dengan nilai kebaikan. BNI Syariah berkomitmen untuk menjadi partner pada setiap tahapan kehidupan.

Dewan Pengawas Syariah: Ketua: Dr. Hasanudin, M.Ag; Anggota: Ah.Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H.*

Dewan Komisaris: Komisaris utama: Fero Poerbonegoro; Komisaris: Imam Budi Sarjito; Komisaris Independen: Max Niode;  Komaruddin Hidayat**

Direksi: Direktur Utama: Abdullah Firman Wibowo; Direktur Bisnis: Dhias Widhiyati; Direktur Kepatuhan dan Risiko: Tribuana Tunggadewi; Direktur Keuangan dan Operasional: Wahyu Avianto; SEVP Bisnis Ritel dan Jaringan: Iwan Abdi.

*) belum  efektif, masih proses persetujuan OJK

**) belum efektif, masih dalam proses fit & proper test

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved